Ilustrasi dealer mobil bekas. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Tren Mobil Bekas, Tipe & Merek Ini yang Paling Dicari Sepanjang 2023

12 December 2023   |   22:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pasar mobil bekas tak pernah peminat seiring hadirnya mobil baru dalam waktu yang relatif cepat. Harga yang lebih terjangkau tetapi mendapat spesifikasi dan fitur masih mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari, menjadi salah satu alasan mengapa mobil second ini menjadi pilihan. 
 
Jika dilihat dari tren, Direktur OLX Agung Iskandar mengatakan berdasarkan data internal yang diolah dari listing OLX (Otobarometer) ada sejumlah tipe mobil yang paling banyak dicari oleh konsumen sepanjang tahun ini. Per Oktober 2023, dari lebih 200.000 pilihan mobil bekas yang diiklankan di platform OLX, tiga tipe mobil yang paling banyak dicari konsumen adalah MPV, SUV dan Hatchback.

Baca juga: Waspada 5 Risiko Beli Mobil Bekas Berkilometer Tinggi
 
Mengutip Auto2000, Multi Purpose Vechile (MVP) merupakan kendaraan multi guna. Artinya, mobil ini bisa digunakan untuk membawa penumpang sekaligus mengangkut barang. Di Indonesia, mobil MVP dikenal sebagai mobil keluarga karena ukuran dan kapasitasnya yang besar.

Adapun SUV atau Sport Utility Vechile merupakan mobil yang dirancang agar bisa dikendarai di berbagai jenis medan. Jalan mulus, menanjak, menurun, dan bergelombang bisa dengan mudah dilewati SUV. Oleh karena itu, bodi mobil ini lebih tangguh dan gahar baik dari luar maupun dalam.

Sementara itu, hatchback merupakan istilah untuk mobil berbasis sedan. Hanya saja, bagian bagasinya terletak di belakang bangku penumpang. Umumnya mobil ini berbentuk mungil.

Agung menyebut, data OLX juga mencatat lima merek mobil teratas yang paling banyak diminati sepanjang tahun ini. Masih didominasi oleh beberapa merek populer, merek mobil tersebut diantaranya Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, Honda Brio, Honda Jazz, dan juga Toyota Fortuner. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan tren yang tidak jauh beda pada mobil baru. Toyota menjadi merek mobil paling laris di Indonesia pada Oktober 2023. Penjualan mobil lansiran Jepang itu di Tanah Air mencapai 27.438 unit. 

Posisi kedua ditempati Daihatsu dengan total 14.099 unit. Sementara posisi ketiga ditempati Honda dengan 11.938 unit pada Oktober 2023.

Untuk warna mobil yang paling banyak diminati, Agung menyebut tidak ada perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni hitam, putih, dan silver. “Untuk tren mobil bekas masih tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana harga dengan range Rp100 juta sampai dengan Rp200 jutaan paling banyak dicari,” tambahnya.
 
Agung menyampaikan pencarian mobil di iklan baris digital OLX masih sangat ramai. Sebagian besar pencari mobil masih berlokasi di Jabodetabek, diikuti oleh Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

"Pasar mobil bekas masih menjadi pilihan masyarakat hingga saat ini karena harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan mobil baru," tuturnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tutup Setelah 12 Tahun Beroperasi, Pegipegi Pastikan Pesanan Eksisting Masih Berlaku

BERIKUTNYA

5 Permainan Tradisional Seru untuk Mengisi Malam Tahun Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: