Malam tahun baru menjadi momen yang kerap ditunggu (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Anna Tarazevich)

5 Permainan Tradisional Seru untuk Mengisi Malam Tahun Baru

13 December 2023   |   08:16 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Malam pergantian tahun menjadi salah satu waktu yang banyak ditunggu oleh masyarakat untuk menghabiskan libur akhir tahun. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghabiskan momen tersebut, salah satunya adalah dengan bermain permainan tradisional Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat menunggu malam pergantian tahun, rasa kantuk kerap menghinggapi. Tidak jarang, berbagai kegiatan diadakan untuk mengatasi rasa ingin tertidur tersebut. Mulai dari bakar-bakaran, menonton film, sampai bernyanyi bersama.

Baca juga: Bikin Kangen dan Nostalgia, Ini daftar 5 Permainan Tradisional Tahun 90-an

Namun, di antara berbagai kegiatan yang ada, memainkan permainan tradisional dapat menjadi pilihan. Selain bernostalgia dengan masa lampau dan “membunuh” waktu untuk mencapai pergantian tahun, aktivitas ini juga bisa mempererat hubungan dengan orang-orang terkasih. 

Untuk rekomendasi Genhype, berikut ini adalah sejumlah permainan tradisional yang bisa jadi pilihan sembari menantikan momen pergantian tahun baru. 
 

1. Kompetisi congklak

Permainan pertama yang dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu malam tahun baru adalah kompetisi congklak. Permainan tradisional yang satu ini dimainkan oleh dua orang. Mereka akan berhadapan untuk memperoleh biji congklak paling banyak. 

Para pemain akan mengambil biji di dalam wadah dan berusaha untuk memasukkannya di wadah paling ujung. Siapa yang berhasil memasukkan biji paling banyak akan menjadi pemenangnya.

Strategi dan perhitungan yang matang menjadi kunci untuk memenangkan permainan ini. Genhype bisa menerapkan sistem kompetisi babak penyisihan, semifinal, dan final untuk keseruan menikmati kompetisi ini. 
 

2. Bermain engklek

Permainan tradisional lain yang dapat menjadi pilihan ketika malam tahun baru adalah bermain engklek. Permainan ini dijalankan di atas sejumlah bidang kotak yang harus dilalui oleh para pesertanya.

Agar permainan kian seru dan panjang, kalian bisa membuat kotak dengan jumlah yang banyak. Dengan begitu, permainan ini bakal lebih menantang karena kotak-kotak itu akan menjadi milik salah satu pemain dan yang lainnya tidak boleh menginjaknya. 
 

3. Bentengan

Bentengan merupakan permainan tradisional lain yang dapat dimainkan saat malam tahun baru tiba bersama dengan keluarga, kawan, atau kerabat dekat. Genhype dapat membagi dua kelompok yang memiliki markas untuk dijaga.

Dalam permainan tradisional ini, setiap kelompok akan berusaha mengambil alih markas lawannya sambil menjaga agar benteng sendiri tidak direbut. Bentengan akan mengasah kemampuan untuk bekerja sama dan berstrategi serta keberanian. 
 

4. Egrang

Egrang menjadi permainan tradisional lainnya yang dapat menjadi pilihan guna menghabiskan malam pergantian tahun. Selain seru dan bisa menghabiskan waktu, egrang juga dapat melatih keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan.

Genhype dapat mengadakan kompetisi egrang untuk menghabiskan waktu saat malam tahun baru. Akan tetapi, saat menjalankan permainan tradisional ini, kalian perlu berhati-hati agar tidak mengalami cedera ketika bermain. 
 

5. Cublak-cublak suweng

Permainan lain yang dapat menjadi pilihan adalah cublak-cublak suweng. Biasanya, permainan ini dilakukan sambil bermain memindahkan kerikil dari satu pemain ke pemain lainnya yang ikut serta.

Selain bisa menghabiskan waktu dan rasa kantuk, permainan ini juga dapat melatih konsentrasi, kecepatan, dan kecerdasan yang cukup seru. Tidak hanya itu, agar kian ramai, Genhype juga dapat memberikan hukuman terhadap pemain yang kalah, seperti bernyanyi atau menempelkan bedak di wajah.

Baca juga: Wajib Coba, Ini 5 Permainan Video Game Lokal yang Mendunia 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tren Mobil Bekas, Tipe & Merek Ini yang Paling Dicari Sepanjang 2023

BERIKUTNYA

Transformasi Digital & Kolaborasi Jadi Kunci Majunya Pendidikan di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: