Film Siksa Kubur (Sumber gambar: Instagram.com/jokoanwar)

Fakta-fakta Menarik Film Siksa Kubur Garapan Joko Anwar, Siap Tayang 2024

11 December 2023   |   20:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dua tahun setelah film Pengabdi Setan 2: Communion dirilis, sutradara Joko Anwar tengah bersiap mengeluarkan film horor terbarunya lagi tahun depan. Mengambil tajuk Siksa Kubur, film horor teranyarnya itu juga menandai periode penting dalam proses berkaryanya di dunia film. 

Siksa Kubur bakal menandai film panjang ke-10 dalam kariernya. Proses produksi film ini juga berbarengan dengan tonggak perjalanan karier penyutradaraannya yang tahun ini menyentuh usia dua dekade.

Baca juga: Ramuan Joko Anwar Bikin Film Pengabdi Setan 2: Communion Lebih Horor

Memulai debut di industri film Tanah Air pada 2003 dengan menjadi penulis film Arisan, Joko Anwar terus melanggengkan namanya di dunia sinema selama dua puluh tahun terakhir ini. Portofolio filmnya mencakup banyak genre, dari komedi, drama, science fiction, hingga horor.

Namun, genre terakhir memang cukup melekat dengan sosok sutradara kelahiran 1976 tersebut. Seluruh film horor garapannya selalu disambut baik oleh penonton Indonesia. Beberapa di antaranya juga mendapat apresiasi dari sejumlah festival.

Kini, kembali memeluk genre horor lagi, Siksa Kubur tentu bakal jadi film yang dinanti oleh penonton film Indonesia. Sambil menunggu film ini tayang tahun depan, yuk simak sejumlah fakta menarik terkait film Siksa Kubur.


1. Masih berkaitan dengan film pendek Grave Torture

Film Siksa Kubur memiliki hubungan erat dengan film pendek bertajuk Grave Torture yang dibuatnya pada 2012. Ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar, film pendek horor itu berhasil mendapatkan banyak penonton dan menjadi perbincangan hangat.

Waktu itu, Joko Anwar menyebut pembuatan film itu merupakan permintaan dari produser film Hollywood Justin Lin. Saat ini, film tersebut juga masih bisa ditonton di kanal YouTube Justin Lin dan Baron Davis.

“Cerita di film panjang Siksa Kubur akan berkaitan dengan cerita film pendeknya dan akan diperluas plot maupun karakternya,” kata Joko dalam keterangan pers dari Come and See Pictures.


2. Deretan aktor & aktris papan atas 

Sejak pertama kali diumumkan, film Siksa Kubur memang terus menjadi perbincangan hangat. Sebab, selain film ini akan disutradarai Joko Anwar, deretan pemain yang akan memainkan berbagai lakon juga mentereng.

Film ini akan dibintangi oleh peraih Piala Citra lima kali, Reza Rahadian. Kolaborasi ini juga menandai film horor pertamanya selama karier keaktorannya. Selain itu, legenda hidup aktor Indonesia Christine Hakim juga dikonfirmasi bergabung di film ini.

Tak hanya mereka, deretan nama besar lain seperti Happy Salma, Jajang C. Noer, Putri Ayudya, Niniek L Karim, Djenar Maesa Ayu, Muzakki Ramdhan, dan Widuri Putri juga bakal bermain di film ini. Sejumlah pendatang baru, seperti Rummy Rudiyanti dan Kania Atmaja juga tergabung dalam proyek tersebut. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar)


3. Sineas belakang layar ternama

Tidak hanya dukungan aktor hebat saja yang terlibat di film Siksa Kubur, Joko Anwar juga kembali menggandeng sejumlah sineas ternama. Film teranyarnya itu bakal diproduseri oleh Tia Hasibuan. Dia adalah peraih 2 Piala Citra sebagai produser.

Selain itu, Jaisal Tanjung juga akan kembali menjadi sinematografer. Pria yang karib disapa Ical Tanjung itu juga pernah terlibat dalam beberapa proyek dengan Joko Anwar seperti film Gundala sampai Perempuan Tanah Jahanam. Sementara itu, film ini akan diproduksi oleh Come And See Pictures.


4. Proses syuting yang dimajukan

Film Siksa Kubur dijadwalkan tayang pada 2024. Proses syuting pada awalnya juga direncanakan dilakukan pada tahun yang sama. Namun, pada 9 Agustus 2023, Joko Anwar mengumumkan bahwa proses syuting dimajukan pada tahun ini. 

Tak berselang lama, pada 25 September 2023, Joko Anwar juga membagikan foto dirinya yang sedang berada di lokasi syuting film Siksa Kubur. Berikutnya, pada 6 November 2023, sutradara film Janji Joni itu mengumumkan bahwa proses syuting telah rampung.


5. Proses reading yang dramatis

Melalui laman akun X resminya, Joko Anwar membagikan beberapa momen dramatis ketika para aktor mulai menjalani proses script reading. Dia mengaku bangga karena bisa bekerja sama dengan para aktor dan aktris terbaik di Indonesia yang tergabung ke dalam film terbarunya.

Dalam foto yang dibagikan, tampak sejumlah aktor menunjukkan ekspresi muka yang beragam. Aktor kawakan Slamet Rahardjo misalnya, tampak begitu mendalami peran dan cukup emosional. Sementara itu, Putri Ayudya juga menaruh tangan di dada, seperti merasakan sesuatu yang begitu dalam.

“Senang kalau ketika script reading, para pemain sudah bisa merasakan cerita dan karakter mereka. Siksa Kubur (Grave Torture) rilis 2024 di bioskop,” ungkap Joko Anwar di akun X resminya, dikutip Hypeabis.id

Baca juga: Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Desember 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Kasus Mycoplasma Pneumonia Mendera Anak di Indonesia, Orang Tua Diimbau Lengkapi Imunisasi

BERIKUTNYA

7 Masjid yang Jadi Destinasi Wisata Religi Favorit di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: