Beberapa film horor Indonesia yang akan rilis pada Desember 2023. (Sumber gambar: StarvisionPlus/Dee Company/MD Pictures)

Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Desember 2023

22 November 2023   |   18:16 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Bicara soal Industri perfilman Indonesia, tidak lengkap rasanya kalau tak menyebutkan film genre horor. Film horor Indonesia memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penonton dalam negeri, karena mampu menghadirkan sensasi maupun suasana seram dan menegangkan.

Setiap bulannya, industri film Indonesia memang selalu menghadirkan ragam genre dan cerita yang menarik untuk ditonton. Khususnya untuk film yang bergenre horor, pada periode penghujung tahun ini ada beberapa film horor Indonesia yang akan tayang di bioskop. Salah satu yang mungkin sangat dinantikan adalah Siksa Neraka

Baca juga: IDN Pictures Janjikan Film Horor Premium Ratu Sihir, Apa Istimewanya?

Tidak perlu berlama-lama, yuk simak beberapa daftar film horor Indonesia yang tayang di bioskop Desember 2023. Berikut list lengkapnya. 
 

1. Malam Para Jahannam (7 Desember 2023)


Film Malam Para Jahanam mengisahkan sebuah desa yang dilanda dendam dari ratusan teror roh jahat yang akan terjadi setiap tahunnya selama tiga malam. Waktu tersebut diyakini sebagai malam paling berbahaya. 

Kisahnya berangkat dari Rendi (diperankan oleh Harris Virza), Martin (Zoul Pandjoul), dan Siska (Amel Carla) yang pergi ke sebuah desa untuk mengantar jenazah kakeknya, tanpa diketahui bahwa ketiganya terjebak dalam teror dendam. 

Mereka kemudian ditolong oleh seorang wanita bernama Marni (Djenar Maesa Ayu) dan Dira (Aghniny Haque). Mereka bercerita tentang sebuah konflik berdarah yang terjadi antara dua kubu yaitu kelompok pemuda rakyat berhaluan komunis, dengan kelompok santri pimpinan dari Kyai Malik (Teddy Syach) di tahun 1965. 

Film ini disutradarai oleh Indra Gunawan, yang juga menulis naskah skenarionya bersama dengan Sugeng Wahyudi. Film didistribusikan oleh rumah produksi StarvisionPlus. 

Adapun, para pemainnya adalah Harris Virza, Aghniny Haque, Djenar Maesa Ayu, Daffa Wardhana, Teddy Syach, Zoul Pandjoul, Amel Carla, Derry Oktami, Mang Saswi, Odilla Yohana, M.N. Qomaruddin, dan Ibnu Widodo. Film tersebut dijadwal akan tayang pada 7 Desember 2023. 
 

2. Siksa Neraka (14 Desember 2023)


Film Siksa Neraka merupakan hasil adaptasi komik jadul berjudul sama karya MB Rahimsyah. Film tersebut berkisah tentang orang-orang yang menghadapi hukuman di akhirat karena perbuatan buruk mereka selama hidup di dunia.

Neraka dalam film ini digambarkan sebagai tempat penyiksaan, di mana berbagai jenis hukuman diterapkan sesuai dengan sifat dan keburukan masing-masing manusia semasa hidupnya.

Cerita dimulai dengan kematian Arman (diperankan oleh Kiesha Alvaro) akibat kecelakaan. Setelah mati, Arman memasuki neraka dan menghadapi hukuman sesuai dengan dosa-dosanya. Film ini juga menampilkan adegan penyiksaan yang kejam dan mencekam, mencerminkan hukuman yang sesuai dengan perbuatan buruk di dunia nyata.

Film ini merupakan garapan sutradara Anggy Umbara dan rumah produksi Dee Company. Dibintangi oleh Kiesha Alvaro, Ratu Sofya, Astri Nurdin, Ariyo Wahab, Rizky Fachrel, Nayla D. Purnama, dan Slamet Raharjo. Film Siksa Neraka akan tayang pada 14 Desember 2023 di bioskop Indonesia. 
 

3. Munkar (21 Desember 2023)


Film Munkar terinspirasi dari kisah Herlina, sosok legenda urban sangat dikenal di Lamongan, Jawa Timur. Herlina merupakan salah seorang siswi di sebuah pesantren. Namun, dia kerap mendapatkan perundungan dari teman-temanya. Terlebih ketika mereka mengetahui Herlina memiliki kepribadian yang unik. Anehnya, setiap mendapat perlakukan tidak menyenangkan Herlina justru tertawa.

Suatu ketika, semua guru dan pengurus pesantren mengadakan pertemuan di kelas malam. Kala itu, Herlina justru mengambil cincin milik istri Kyai. Setelah tahu jika cincinnya hilang, semua tas siswi digeledah. Pengurus pesantren akhirnya menemukan cincin itu di tas Herlina.

Situasi semakin kacau, hingga membuat Herlina memilih kabur daripada menerima hukuman. Nahasnya, ketika berada di perjalanan, Herlina mengalami kecelakaan dan tewas. Arwah Herlina disebut-sebut pulang ke pesantren dan membuat berbagai kekacauan. 

Film ini merupakan garapan sutradara Anggy Umbara dan diproduksi oleh MD Pictures dan Pichouse film. Produk sinema itu turut dibintangi oleh Zara Adhisty, Saskia Chadwick, Aruma Khadijah, Kaneishia Yusuf, dan Safira Ratu Sofya. Film Munkar dijadwalkan akan tayang pada 21 Desember 2023. 
 

4. Kereta Berdarah (28 Desember 2023)


Film Kereta Berdarah bercerita tentang Purnama (Hana Malasan) yang mengajak adiknya, Kembang (Zara Leola), untuk berlibur ke resor alam yang baru dibuka bernama Sangkara, dalam rangka merayakan kesembuhannya dari kanker. Untuk menuju kesana, mereka menumpangi kereta wisata yang khusus melayani perjalanan ke resor. 

Bermaksud untuk menikmati liburan keluarga, mereka justru harus menghadapi serangkaian teror dan misteri setiap melewati terowongan. Satu per satu gerbong kereta itu hilang, serta gangguan demi gangguan makhluk halus dalam gerbong kereta menjadi mimpi buruk. Hidup dan mati para penumpang dan petugas kereta pun menjadi taruhan.

Karya sinema ini digarap oleh sutradara Rizal Mantovani dan diproduksi oleh MVP Pictures. Film horor ini diperankan oleh beberapa aktris dan aktor ternama hingga pendatang baru, seperti Emil Kusumo, Agnes Naomi Shivapriya, Yama Carlos, Putri Ayudya, Zara Leola, Ruth Marini, Sahira Anjani, Patty Angelica Sandya, Totos Rasiti, serta Fadly Faisal.

Adapun, film Kereta Berdarah dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia pada 28 Desember 2023.

Baca juga: Film Lembayung Tayang 2024, Angkat Kisah Thread Twitter Horor Viral 'Jin Poli Gigi'

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resensi Buku Bagaimana Media Sosial Menghancurkanmu, Menyingkap Pisau Bermata Dua Era Digital

BERIKUTNYA

Rekomendasi Game Terbaik di Steam Autumn Sale 2023, Diskon Gede-gedean 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: