Karakter Darsiyah dan Soeraja dalam serial Gadis Kretek (Sumber gambar: Netflix)

Begini Cara Penulis Buku Gadis Kretek Menciptakan Karakter Soeraja

07 December 2023   |   19:41 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain Dasiyah, karakter utama dalam serial Gadis Kretek adalah Seoraja, yakni pria yang menjadi kekasih wanita yang juga disapa Jeng Yah itu. Keberadaan tokoh yang diperankan oleh Ario Bayu dan menjadi salah satu kunci dalam film yang diciptakan secara sederhana itu.

Penulis Buku Gadis Kretek mengungkapkan bahwa inspirasi karakter Seoraja pada awalnya adalah karena rasa ingin membuat tokoh dengan nama Raya menggunakan ejaan lama, sehingga menjadi Raja (dibaca Raya).

Untuk bisa mendapatkan feel nama jadul, dia menambahkan kata Su pada akhirna seperti nama dahulu laki-laki di Indonesia. “Seperti itu, enggak muluk-muluk,” katanya di Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Dia menuturkan ingin karakter Seoraja yang ada di dalam cerita Gadis Kretek adalah karakter yang memulai dari nol sampai menjadi individu yang luar biasa, termasuk dalam karier. Namun, Ratih menginginkan tokoh itu memilliki sesuatu yang  tidak bisa dicapai, yakni cinta.

Adapuni dalam serial terssebut  sang karakter adalah individu yang terusir dari sebuah daerah dan mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan ketika berada di daerah Dasiyah tinggal.

Baca juga: 5 Fakta Kebaya Janggan yang Dikenakan Dasiyah dalam Serial Gadis Kretek

Sang ayah Dasiyah yang bernama Idroes membawa Seoraja ke rumah karena kebaikan hati dan rasa kasihannya. Dia pun mendapatkan pekerjaan di pabrik rokok kretek yang dimiliki Idroes dan berkomunikasi secara langsung dengan Darsiyah yang bertindak sebagai kepala pabrik.

Pertemuan yang terjadi terus menerus dan komunikasi yang kerap terjalin membuat keduanya memiliki rasa. Seoraja juga berhasil mendatangkan tembakau dengan kualitas baik untuk mengatasi kecurangan pemasok tembakau perusahaan yang dipimpin oleh Dasiyah.

Suatu ketika, Idroes dibawa oleh tentara akibat perisitiwa 1960an lantaran masuk dalam daftar. Seoraja yang datang dan melihat kejadian itu diminta Dasiyah untuk melarikan diri.

Dasiyah dan sang ayah harus masuk tahanan dan berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sementara itu, Seoraja yang mendapatkan perawatan dari Purwati menikah, sehingga memiliki anak. Tidak hanya itu, dia juga menjalani usaha rokok kretek Soedjagad yang merupakan ayah Purwanti.

Dalam catatan Hypeabis.id, Ario mengaku tidak mengalami kesulitan dalam proses membangun chemistry sebagai Soeraja dengan Dian Sastrowardoyo yang memerankan karakter Dasiyah atau Jeng Yah.

Dia menuturkan bahwa kondisi itu dapat terjadi lantaran Dian adalah individu yang sangat detail, termasuk membuat jurnal yang komprehensif tentang perjalanan Dasiyah. Aryo pun mengamati semua laku yang dilakukan oleh sang aktris guna membangun chemistry.

“Sangat mudah bagi saya untuk memainkan Soeraja yang jatuh hati pada Dasiyah. Setiap hari [ketika syuting] saya cukup melihat Dian dan menimbang-nimbang ingin jatuh cinta di sisi dia yang mana,” katanya.

Selain Ario Bayu dan Dian Sastrowardoyo, sejumlah aktor dan aktris ternama Indonesia juga membintangi serial Gadis Kretek. Mereka seperti Sha Ine Febriyanti, Rukman Rosadi, Verdi Solaiman, Tutie Kirana, dan sebagainya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Dewan Juri Lomba Foto Cari Representasi Terbaik Terkait Tema Solidaritas Merawat Kebhinekaan

BERIKUTNYA

Interkoneksi Museum Diperlukan untuk Memberi Pengalaman Baru Bagi Pengunjung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: