Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu yang menjadi tokoh utama Gradis Kretek. (Sumber gambar : Netflix)

2 Episode Gadis Kretek Tayang Perdana di Busan International Film Festival ke-28

25 August 2023   |   00:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Serial Netflix Gadis Kretek cukup menyita perhatian khalayak bahkan sebelum jadwal penayangannya. Drama yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu ini rencananya akan diputar perdana pada perhelatan Busan International Film Festival ke-28 di Korea Selatan. 

Festival yang berlangsung mulai 4 Oktober hingga 13 Oktober 2023 itu akan memutar dua episode pertama serial yang disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah tersebut dalam Special Program in Focus: Renaissance of Indonesian Cinema dan On Screen. Adapun serial Gadis Kretek baru akan tayang perdana di Netflix pada 2 November 2023.

Special Program in Focus: Renaissance of Indonesian Cinema diketahui akan menghadirkan 7 film panjang dan 5 film pendek Indonesia, termasuk serial Gadis Kretek. Sementara itu, program On Screen akan menampilkan pilihan tayangan dari penyedia layanan streaming.

Gadis Kretek diketahui menjadi satu-satunya tayangan Indonesia yang diputar dalam program ini. Lima tayangan lainnya berasal dari Korea Selatan. “Saya bangga dapat membawa kisah Indonesia yang penuh makna ini ke Busan International Film Festival,” ujar Kamila Andini dikutip Hypeabis dalam siaran pers, Kamis (24/8/2023). 

Baca juga: Jadi Drakor Hit di Netflix, Simak 5 Fakta Seru Mask Girl

Meskipun berbahasa Indonesia, Andini percaya kekuatan cerita Gadis Kretek yang memadukan tema cinta dan sejarah akan dapat dinikmati oleh penonton di mana saja, tidak terkecuali para sineas dan penikmat film di Busan International Film Festival ke-28.

Diangkat dari novel karya Ratih Kumala, Gadis Kretek menceritakan kisah cinta dengan latar belakang industri kretek pada tahun 1960-an. Serial ini memiliki lima episode dan menghadirkan Dasiyah (Dian Sastrowardoyo), perempuan yang gemar meracik saus rokok kretek. Dia menjalin cinta dengan Soeraja (Ario Bayu), tapi kemudian terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia. 

Berpuluh-puluh tahun kemudian, perjumpaan anak Soeraja yang bernama Lebas (Arya Saloka) dengan Arum (Putri Marino) membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini dipendam. 

Serial Gadis Kretek juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris berbakat Tanah Air seperti Tissa Biani, Sha Ine Febriyanti, Rukman Rosadi, Sheila Dara Aisha, Winky Wiryawan, Ibnu Jamil, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Gadis Kretek diproduksi oleh Netflix bersama BASE Entertainment dengan showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Ratih Kumala dan Tanya Yuson bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K. Priyanti dan Ambaridzki Ramadhantyo.

Kemarin, Neflix merilis video teaser perdana dari serial Gadis Kretek dalam acara Content Asia Summit 2023 di Bangkok, Thailand. Acara ini dihadiri oleh sutradara Kamila Andini dan Netflix SEA Content Director Malobika Banerji.

Teaser perdana Gadis Kretek menampilkan sosok Dasiyah yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, tokoh sentral dalam serial ini. Klip berdurasi 1 menit 41 detik itu dibuka dengan tokoh Dasiyah yang sedang menghirup aroma tembakau dari rokok kretek.

Dari klip tersebut digambarkan Dasiyah merupakan seorang perempuan visioner yang memiliki impian untuk menciptakan kretek terbaik. Baginya, rahasia dari tiap kretek yang terbaik terletak pada saus kretek itu sendiri. 

Teaser juga menampilkan bagaimana Dasiyah sangat detail dalam memilih bahan-bahan terbaik untuk membuat saus kretek mulai dari cengkih, tembakau, hingga mawar kering. Lalu muncul sosok laki-laki, Soeraja yang diperankan oleh Ario Bayu. Dia menjadi sosok laki-laki yang akhirnya membuat Dasiyah luluh dan jatuh cinta.

Kendati demikian, semua romansa itu seketika berubah dengan cuplikan peristiwa mendebarkan yang ditampilkan dalam teaser. Soeraja tampak berlarian untuk menghindari kejaran aparat militer. Begitupun Dasiyah yang harus menghadapi tindakan represif dari militer, dan mengancam orang-orang disekitarnya. Teaser tersebut ditutup dengan adegan yang berteriak memanggil nama Dasiyah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Lima Model Alumni INTM Bikin Girlgroup D'Lima, Debut dengan Single Tak Ingin Sendiri

BERIKUTNYA

Hore, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF U-23 Melawan Vietnam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: