Kemangi berkhasiat menurunkan tensi darah. (Sumber gambar: Yakov Leonov/Unsplash)

10 Rempah Ini Dipercaya Berkhasiat Menurunkan Tensi Darah

05 December 2023   |   17:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Namun, penderita hipertensi bisa mengontrol tekanan darah melalui gaya hidup yang sehat, pengobatan medis, atau mengonsumsi obat darah tinggi alami. Ada beberapa rempah yang mudah ditemukan di rumah untuk membantu menurunkan tensi darah.

Menukil dari laman Healthline, hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika angka tekanan darah di atas 130/80 mmHg. Angka 130 berarti tekanan darah sistolik, sedangkan untuk 80 adalah tekanan darah diastolik.

Baca juga: 5 Rempah Termahal di Dunia, Harganya Sampai Puluhan Juta Rupiah per Kilogram


Sistolik adalah tekanan darah saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh, sementara diastolik adalah tekanan darah saat jantung beristirahat sebelum memompa darah kembali. Adapun, tekanan darah dianggap normal jika angkanya menunjukkan 120/80 mmHg.

Salah satu upaya untuk mengontrol tekanan darah yakni dengan mengonsumsi rempah atau obat herbal, yang terbukti ampuh untuk penderita hipertensi. Melansir dari Very Well Health, berikut adalah 10 rempah yang ampun untuk menurunkan tensi darah.


1. Kemangi

Daun kemangi kaya akan senyawa yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Kemangi mengandung antioksidan yang disebut eugenol, yang dapat bertindak seperti penghambat saluran kalsium alami . Khasiat ini membantu mengendurkan pembuluh darah dengan mencegah kalsium masuk ke tempat yang bukan tempatnya.


2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu sumber terkaya senyawa yang mengandung belerang termasuk allicin. Senyawa allicin dapat membantu mengendurkan pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi yang sehat. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa ekstrak bawang putih dapat mempengaruhi tekanan darah sama seperti obat-obatan tertentu. 
 

Kemangi berkhasiat menurunkan tensi darah. (Sumber gambar: Surya Prakash/Unsplash)

Bawang putih berkhasiat menurunkan tensi darah. (Sumber gambar: Surya Prakash/Unsplash)

3. Thyme

Thyme mengandung asam rosmarinic yang tinggi, untuk mendukung aliran darah, melemaskan pembuluh darah, serta melawan peradangan. Beberapa penelitian pada hewan bahkan menunjukkan kemampuan asam rosmarinic untuk memblokir enzim pengubah angiotensin, sehingga secara signifikan menurunkan tekanan darah.


4. Peterseli

Peterseli adalah sumber vitamin C dan karotenoid yang baik, juga antioksidan yang memberi warna pada tanaman. Antioksidan seperti ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol “jahat”, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.


5. Biji Seledri

Bertindak seperti penghambat saluran kalsium, biji seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian pada manusia menemukan bahwa biji seledri memiliki khasiat bagi penderita tekanan darah tinggi. Rempah satu ini juga kaya serat, nutrisi penting untuk kesehatan jantung, dan mendukung tingkat tekanan darah normal.
 

Kemangi berkhasiat menurunkan tensi darah. (Sumber gambar: Yakov Leonov/Unsplash)

Peterseli berkhasiat menurunkan tensi darah. (Sumber gambar: Hanna Stolt/Unsplash)

6. Jahe

Digunakan untuk berbagai macam penyakit, jahe juga dapat bertindak serupa dengan penghambat saluran kalsium dan penghambat angiotensin converting enzyme ACE dalam tubuh. Selain itu, rempah satu ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sehat.


7. Kayu Manis

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis membuka dan melemaskan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah. Penelitian pada manusia juga menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis secara konsisten dapat mendukung tekanan darah yang sehat bersamaan dengan terapi lainnya.


8. Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak khasiat penyembuhan, salah satunya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini lantaran  teh hijau mengandung senyawa seperti EGCG, polifenol, antioksidan, dan katekin.


9. Kapulaga

Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology (2008) melaporkan bahwa kapulaga dapat menurunkan tekanan darah dengan menghambat reaksi kalsium dalam tubuh. Rempah ini menimbulkan reaksi yang sama seperti kerja obat calcium-channel blocker untuk mencegah komplikasi hipertensi. Kalian dapat mengonsumsi bubuk kapulaga langsung sebagai obat alami hipertensi maupun mencampurkannya ke dalam masakan sehari-hari. 


10. Akar Kucing

Tanaman akar kucing atau juga dikenal dengan istilah catnip ini seringkali digunakan sebagai obat herbal, termasuk untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Akar kucing membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menghambat reaksi kalsium dalam sel-sel tubuh. Kalian pun bisa menemukan obat darah tinggi alami ini dalam bentuk suplemen di apotek.

Baca juga: Mengenal Rempah Kayu Manis Kualitas Terbaik Asal Indonesia

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Jalur Kereta Api Terdampak Longsor di Banyumas Sudah Bisa Dilalui

BERIKUTNYA

Cek Cara Nonton dan Link Live Streaming The Game Awards 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: