Personel dari band Neck Deep (Sumber gambar: Instagram @neckdeepuk)

Makna Lagu December dari Neck Deep, Kisah Patah Hati pada Bulan Penuh Kebersamaan

04 December 2023   |   17:41 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
December merupakan salah satu lagu hit dari band pop-punk Neck Deep yang populer di seluruh dunia. Grup musik yang berbasis di Wrexham, Wales, Inggris Raya ini dibentuk oleh Ben Barlow dan Lloyd Roberts lebih dari 1 dekade yang lalu, tepatnya pada 2012.

"December" dalam karya lagu Neck Deep yang ditulis oleh vokalisnya Ben Barlow, menggambarkan tentang situasi patah hati yang dialami seseorang setelah hubungan dengan kekasihnya berakhir tepat pada bulan tersebut. 

“A heartbreak in mid-December,” demikian sepenggal bait yang ditulis oleh Ben Barlow dalam lagu "December".

Selain mengisahkan tentang situasi patah hati, di lagu tersebut, Barlow menceritakan sosok dalam lagu tersebut yang juga merindukan mantan kekasihnya. Dia ingin mengungkapnya apa yang dirasa setelah ditinggalkan oleh sang pujaan hati. 

“I miss your face, you're in my head, There's so many things that I should've said,” sambung Ben Barlow dalam lagu ciptaannya.  

Baca juga: 5 Lagu Bertema Desember yang Cocok Masuk Playlist, Neck Deep hingga Taylor Swift

Walaupun Desember sering dikaitkan dengan kehangatan Natal dan kebersamaan, tapi bulan itu dalam karya lagu Neck Deep jadi simbol kehilangan dan kerinduan. 

Hal tersebut menunjukkan, waktu tertentu di setiap tahunnya bisa memiliki konotasi yang sangat berbeda bagi orang-orang, terutama untuk mereka yang merasa sendirian atau kecewa.

Dikutip dari Alternative Press, majalah musik yang berbasis di Ohio, Amerika Serikat, Ben Barlow mengatakan bahwa lagu December diciptakan berdasarkan pengalaman pribadinya. "Lagu 'December' didasarkan pada kejadian yang saya alami beberapa tahun yang lalu,” katanya. 

Barlow menjelaskan lebih lanjut, bahwa lagu tersebut merupakan perwujudan dari patah hatinya. Vokalis dari band pop-punk Neck Deep berusaha mengutarakan apa yang dirasakannya lewat karya lagu "December". 

“Lagu itu pada dasarnya adalah sebuah cerita tentang hubungan itu, pandangan apatis secara mental tentang bagaimana semua itu terjadi," sambungnya. 
 

Grup musik yang berformasikan Ben Barlow (vokalis), Matt West (gitaris), Sam Bowden (gitaris & vokal latar), dan Sebastian Barlow (bas & vokal latar) merilis lagu "December" pada 2015. Lagu tersebut merupakan bagian dari album yang bertajuk Life's Not Out To Get You. Dalam proses penggarapannya, lagu itu diproduksi oleh Hopeless Records.

Lagu "December" terdiri dari dua versi, yang pertama dirilis bersamaan dengan album Life's Not Out To Get You. Sementara versi kedua berjudul "December (again)" diluncurkan setahun setelahnya, tepatnya pada 2016.

Dalam versi pertamanya, lagu tersebut dibuat dengan aransemen akustik. Ben Barlow dan Chris Carrabba menggarap lagu "December" dengan mellow sehingga terkesan begitu menghayati dalam menyanyikannya.

Sementara itu, pada versi keduanya, lagu itu dibuat dengan aransemen khas Neck Deep yaitu pop-punk. Dalam versi ini, Barlow tidak sendirian menyanyikannya, tapi ditemani oleh vokasi Blink 182 yakni Mark Hoppus. Nuansa pop-punk semakin kental berkat suara khas mereka berdua.

Awal mula berdiri, formasi band Neck Deep terdiri dari Ben Barlow (vokalis), Lloyd Roberts (gitaris), Matt West (gitaris), Dani Washington (drummer) dan Fil Thorpe-Evans (bassis). Formasi awal ini telah merilis debut album mini yang bertajuk Rain in July pada 11 September 2012 yang dilanjutkan dengan album A History of Bad Decisions pada 19 Februari 2013.

Pada tahun yang sama band pop-punk tersebut menandatangi kontrak dengan label Hopeless Records tepatnya pada Agustus 2013, yang kemudian dilanjutkan dengan merilis debut album studio yang bertajuk Wishful Thinking pada Januari 2014.

Memasuki bulan terakhir penanggalan Masehi, lagu "December" yang memiliki arti dan makna mendalam ini cocok untuk masuk playlist lagu kalian. Selamat mendengarkan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sejarah dan Tujuan Dicanangkan Hari Bank Internasional Setiap 4 Desember

BERIKUTNYA

Call Of Duty Modern Warfare III Rilis Roadmap Season 1, Cek Tanggal Peluncurannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: