Bank memiliki peran penting dalam mencapai SDGs (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Sejarah dan Tujuan Dicanangkan Hari Bank Internasional Setiap 4 Desember

04 December 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai lembaga keuangan terbesar, perbankan memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah negara, termasuk pembangunan ekonomi hingga pengentasan kemiskinan. Kondisi ini membuat Perserikatan Bangsa Bangsa menetapkan 4 Desember sebagai peringakatan Hari Bank Internasional.

Dikutip dari laman Perserikatan Bangsa Bangsa, Hari Bank Internasional ditetapkan pada 4 Desember setelah Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi 74/245 pada 19 Desember 2019. Penetapan ini merupakan langkah organisasi dalam mengakui potensi siginfikan bank pembangunan multilateral dan pembangunan internasional lain dalam membiayai pembangunan berkelanjutan dan memberikan pengetahuan tentangnya.

“Penetapan ini juga sebagai pengakuan atas peran vital sistem perbankan di negara-negara anggota dalam berkontribusi pada peningkatan standar hidup,” tulis PBB dalam situs resminya.

Baca juga: Daftar Hari Libur Nasional & Cuti Bersama 2024, Ada 27 Tanggal Merah

Pada September 2015, Majelis Umum PBB mengadopsi serangkaian target dan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) guna memberantas kemiskinan dalam berbagai bentuk dan dimensi.

Untuk mencapai pembangunan berkelanjutan – khususnya memberantas kemiskinan, mengurangi ketidaksetaraan, dan memerangi perubahan iklim – membutuhkan perspektif jangka panjang. Seluruh pihak, seperti pemerintah, sektor swasta, dan mayarakat sipil harus bekerja sama guna mengatasi tantangan tersebut.

Di sisi lain, ketidakpastian di dunia membuat banyak pihak mendukung perilaku jangka pendek. Jadi, pelaku usaha swasta yang menghadapi berbagai insentif jangka pendek memiliki keragu-raguan untuk menanamkan modal dalam proyek investasi jangka panjang.

Selama periode ketidakpastian, rumah tangga sering fokus terhadap kebutuhan mendesak. Sementara itu, pembuat kebijakan sering dipandu oleh siklus politik jangka pendek. Jadi, perlu upaya di semua tingkatan untuk memastikan bahwa tindakan kolektif yang kian kuat dapat membantu mengurangi ketidakpastian global.

Kemudian, inovasi keuangan juga dapat menghasilkan kemajuan yang signifikan di seluruh agenda 2030.
PBB menuliskan bahwa bank pembangunan nasional yang dikelola dengan baik dapat membantu negara-negara mengembangkan opsi pembiayaan untuk investasi terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Bank-bank tersebut harus selaras dengan SDGs secara holistik dan dipertimbangkan dalam kerangka pembiayaan nasional yang terintegrasi. Kolaborasi antara bank pembangunan nasional dan bank multilateral dapat meningkatkan pembiayaan terkait SDGs melalui saling melengkapi sumber daya internasional dan pengetahuan pasar lokal. Keduanya dapat meningkatkan pembiayaan SDGs melalui pengaturan pembiayaan bersama atau pemberian pinjaman.

Dikutip dari laman National Today, bank adalah lembaga keuangan yang menjalankan fungsi intermediasi yang menampung simpanan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan, giro dan deposito. Kemudian, bank meminjamkan uang tersebut ke masyarakat yang membutuhkan dan dapat dijadikan jaminan.

Konsep perbankan dimulai dengan penerapan sistem transaksi secara sederhana dengan sistem barter menggunakan agunan. Selama masa Renaisans, kalangan keluarga kaya Italia mendirikan banyak lembaga yang menjadi basis perbankan modern, hingga tersebar di seluruh Eropa.

Sebelum uang kertas ada, para pedagang akan menyimpan emas mereka kepada para bankir sampai bank semakin mengakar dalam keuangan komunitas mereka. Saat ini, bank menjalankan banyak fungsi atas nama kliennya.

Sementara itu, bank pembangunan tidak menerima simpanan dari masyarakat. Mereka memberikan pinjaman dan cenderung mengarahkan investasi pemerintah dengan menawarkan dukungan keuangan kepada lembaga swasta dan publik.

Tujuan utama bank ini guna melayani kepentingan masyarakat secara keseluruhan. Mereka tidak mencari keuntungan, sehingga PBB menetapkan Hari Bank Internasional.

Baca juga: Diperingati Tiap 3 Desember, Begini Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Secara umum, Hari Bank Internasional ini jadi momen penting bagi industri perbankan secara keseluruhan. Adapun upaya untuk memaksimalkan peran bank pembangunan dalam mendukung perekonomian perlu terus dioptimalkan, bersama-sama dengan bank umum lainnya guna menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Refleksi Mitologi & Sejarah Perupa Kei Imazu dalam Pameran Unearth

BERIKUTNYA

Makna Lagu December dari Neck Deep, Kisah Patah Hati pada Bulan Penuh Kebersamaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: