Taylor Swift (Sumber Foto: Instagram/@taylorswift)

Makna lagu Taylor Swift Back to December, Ungkapan Maaf untuk Mantan Kekasih

02 December 2023   |   19:34 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Back To December menjadi salah satu lagu hits Taylor Swift yang populer di seluruh dunia. Memasuki awal Desember, lagu dari penyanyi kelahiran 1989 tersebut kembali menjadi sorotan. Seperti yang kita ketahui, Back To December memiliki makna yang mendalam di baliknya.

Taylor Swift dikenal sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu berbakat yang telah merilis banyak album sepanjang kariernya. Back to December sendiri merupakan single dari album ketiganya Speak Now yang dirilis pada 2010 lalu. 

Baca juga: Film Taylor Swift: The Eras Tour Tayang di Platform Streaming Desember 2023, Ada 3 Lagu Tambahan

Mengutip dari People, banyak yang berasumsi bahwa lirik lagunya menceritakan kisah cinta Taylor Swift dan Taylor Lautner yang berakhir di bulan Desember. Adapun mereka berdua pertama kali bertemu di lokasi syuting film Valentine's Day pada 2009 lalu.

Taylor Swift dan Taylor Lautner berperan sebagai sepasang kekasih di sekolah menengah. Tak butuh waktu lama hubungan mereka akhirnya berlanjut di kehidupan nyata. Sayangnya hubungan tersebut tak berlangsung lama, mereka berpisah setelah 3 bulan.

Melaui lagu Back To December, Taylor Swift mengungkapkan penyesalan terdalamnya karena harus mengakhiri hubungan. Dalam wawancaranya bersama Comcast menjelang perilisan album Speak Now kala itu dia mengatakan bahwa meskipun lagu-lagu yang ditulisnya selama ini kerap mengkritik mantan pacarnya, tapi ini adalah yang pertama kalinya dia meminta maaf lewat lagu.

"Ini tentang seseorang yang luar biasa bagi saya, sempurna dalam suatu hubungan, dan saya benar-benar ceroboh bersamanya. Jadi, ini adalah lagu yang penuh dengan kata-kata yang ingin saya katakan padanya bahwa dia pantas untuk didengar." ujarnya.

Ungkapan tersebut ditujukan pada refrain lagu Back to December yang berbunyi So, this is me swallowing my pride / Standin' in front of you sayin', "I'm sorry for that night" / And I go back to December all the time / It turns out freedom ain't nothing but missin' you / Wishin' I'd realized what I had when you were mine.

Adapun Back to December sendiri merupakan lagu berdurasi 4 menit 55 detik. Lagu bergenre power ballad yang menggabungkan country dan pop tersebut masuk dalam album studio ketiganya, yakni Speak Now (2010).

Big Machine Records selaku label rekaman Taylor Swift merilis lagu tersebut untuk diunduh ke iTunes Store pada 12 Oktober 2010 dan mengirimkannya ke radio country AS sebagai single kedua album pada 15 November 2010.

Tak lama sejak perilisannya, lagu ini langsung menempati peringkat enam di Billboard Hot 100 AS dan nomor tiga di tangga lagu Hot Country Songs, serta disertifikasi Double Platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA) saat itu. 

Baca juga: Taylor Swift Kini Berstatus Miliarder, Begini Cara Mbak Tay Gunakan Uangnya

Versi rekaman ulangnya yang berjudul Back to December (Taylor's Version) dirilis sebagai bagian dari album rekaman ulang ketiga Swift, Speak Now (Taylor's Version) pada 7 Juli 2023. Lagu ini langsung masuk Hot 100 di nomor 16 dan Tangga lagu Hot Country Songs di nomor 5. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Mindset Penting Bagi Investor Muda Ala Theo Derick & Ellen May

BERIKUTNYA

Lineup dan Harga Tiket Solo 1st Popcorn Soft K-Pop Concert Project, Ada Viviz dan BILLIE

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: