Penumpang kereta api (Sumber gambar : PT KAI)

Cek Ketersediaan Kereta Api Buat Libur Natal dan Tahun Baru

29 November 2023   |   22:03 WIB

Ada kabar gembira bagi Genhype yang hendak melakukan perjalanan saat libur Natal dan Tahun Baru. Buat kalian yang mau pelesiran atau pulang kampung, PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan 34 kereta api tambahan pada periode angkutan selama musim liburan pergantian tahun tersebut.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan bahwa pengoperasian kereta api tambahan itu membuat manajemen menambah 311.856 tempat duduk kereta api jarak jauh pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

“KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Natal dan Tahun Baru,” katanya. 

Baca juga: 4 Destinasi Liburan Konsep Nostalgia di Indonesia

Dia menuturkan, kereta api tambahan yang dioperasikan oleh perusahaan itu akan berada di sejumlah relasi favorit seperti Jakarta – Solo pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Malang PP, Bandung – Solo pp, dan sebagainya.

Kemudian, contoh kereta api tambahan itu adalah KA Taksaka Tambahan (Gambir – Yogyakarta pp), KA Gajayana Tambahan (Gambir – Malang pp), KA Sembrani Tambahan (Gambir – Surabaya Pasarturi pp), dan sebagainya.

Sementara itu, pembelian tiket kereta api tambahan sudah dapat dimulai oleh para traveller pada Rabu, 29 November 2023. Genhype dapat melakukan pembelian melalui sejumlah saluran, yakni Aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan seluruh kanal penjualan daring resmi lainnya.

Selain itu, pembelian tiket juga dapat dilakukan di loket stasiun atau go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan moda transportasi berbasis rel tersebut.

Untuk diketahui, berdasarkan data pada Rabu, 29 November 2023, manajemen mencatat bahwa ada 549.612 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 24 persen dari tiket yang disediakan, yakni 2.334.340 tiket. “Untuk periode Angkutan Natal dan Tahun Baru, yakni pada 21 Desember 2023 - 7 Januari 2024,” katanya.

Jumah tiket terjual itu masih akan terus mengalami pertambahan lantaran penjualan masih berlangsung. Kemudian, kereta-kereta yang menjadi favorit adalah KA Bengawan relasi Pasarsenen – Purwosari pp.

KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp, KA Serayu relasi Pasarsenen – Purwokerto pp, KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar pp, KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Ketapang pp, dan lainnya.

Baca juga: 11 Langkah Beli Tiket KA Jarak Jauh Untuk Liburan Natal & Tahun Baru 2024

Berikut daftar KA-KA Tambahan untuk Periode Natal dan Tahun Baru dengan keberangkatan dari 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.
  • KA Manahan (Gambir – Solo Balapan pp)
  • KA Malioboro Ekspres (Purwokerto – Malang pp)
  • KA Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp)
  • KA Kaligung (Tegal – Semarang Poncol pp)
  • KA Taksaka Tambahan (Gambir – Yogyakarta pp)
  • KA Gajayana Tambahan (Gambir – Malang pp)
  • KA Sembrani Tambahan (Gambir – Surabaya Pasarturi pp)
  • KA Lodaya Tambahan (Bandung – Solo Balapan pp)
  • KA Brantas Tambahan (Pasar Senen – Blitar pp)
  • KA Kertajaya Tambahan (Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp)
  • KA Tambahan Kiaracondong – Surabaya Gubeng,
  • KA Tambahan Surabaya Gubeng – Kiaracondong,
  • KA Kutojaya Utara Tambahan (Pasarsenen – Kutoarjo pp). 

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Review Kieslect Lady Watch Lora 2, Tampilkan Rona Warna Feminin

BERIKUTNYA

5 Fakta dan Mitos Penyakit Jantung yang Tidak Hanya Menyerang Lansia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: