Kondisi di stasiun Pasarsenen (Sumber gambar: PT KAI)

Kehabisan Tiket Balik dari Solo? KAI Operasikan KA Tambahan Menuju Pasarsenen Mulai 19 April 2024

18 April 2024   |   13:04 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menambah jumlah kereta di relasi Yogyakarta-Gambir pada arus balik, PT Kereta Api Indonesia kembali mengoperasikan kereta api tambahan bagi para pemudik yang hendak kembali dari kampung halaman di relasi Solo Balapan-Pasarsenen PP. Penambahan ini dapat dimanfaatkan oleh Genhype yang belum kebagian tiket moda transportasi berbasis rel tersebut.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa penambahan perjalanan kereta api ini guna mengakomodasi  masyarakat yang belum mendapatkan tiket kereta api pada arus balik Lebaran 2024 di relasi favorit Solo-Jakarta dan sebaliknya.

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan perjalanan KA Tambahan relasi Solo Balapan – Pasar Senen pp untuk arus balik Lebaran 2024," ujarnya dalam siaran pers yang dilihat Hypeabis.id pada Kamis, 18 April 2024. 

Baca Juga: Ada Promo Tiket Kereta Api Buat yang Mau Mudik Setelah Lebaran

Joni menuturkan, kereta api tambahan tersebut akan beroperasi pada 19-21 April 2024 di relasi Stasiun Solo Balapan-Pasarsenen. Sementara di relasi Pasarsenen-Solo Balapan, moda transportasi berbasis rel itu akan beroperasi pada 20-22 April 2024. 

Genhype yang hendak membeli tiket kereta api tambahan itu sudah bisa melakukannya melalui aplikasi Access by KAI dan seluruh saluran penjualan tiket kereta api lainnya. Adapun, kalian yang hendak membeli di loket yang berada di stasiun dapat melakukannya mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Dia menambahkan kereta api tambahan relasi Stasiun Solo Balapan-Pasarsenen dengan nomor KA 10565 akan berangkat pada pukul 23.50 WIB. Kemudian, tiba di Stasiun Pasarsenen pada pukul 08.30 WIB.

Adapun rangkaian kereta tambahan dengan nomor KA 10580 relasi Pasarsenen-Solo Balapan memiliki jadwal keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen pukul 12.45 WIB. Lalu, rangkaian kereta itu tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 21.25 WIB.

"Kelas pelayanan KA Tambahan Solo Balapan – Pasar Senen pp tersebut yaitu tersedia kelas eksekutif dan ekonomi. Stamformasi 1 rangkaiannya yaitu terdiri dari 5 kereta eksekutif stainless steel new generation dan 5 kereta ekonomi stainless steel new generation," ujarnya. 

Genhype yang ingin menggunakan kereta api tambahan kelas eksekutif di relasi Stasiun Solo Balapan-Pasarsenen atau sebaliknya perlu mengeluarkan uang mulai Rp590.000. Sementara itu, tarif kereta api kelas ekonomi di kedua relasi tersebut mulai Rp350.000.

Dia menuturkan bahwa Genhype dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kereta api tambahan Solo Balapan–Pasarsenen pp atau info terkait KAI lainnya.  

Untuk diketahui, penumpang kereta api pada masa angkutan Lebaran 2024 tercatat mencapai lebih dari 3 juta orang pada 31 Maret-16 April 2024. Jumlah ini tercatat lebih tinggi sampai 18 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama angkutan Lebaran pada tahun lalu.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo menuturkan bahwa berdasarkan data 17 April 2024 pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang moda transportasi berbasis rel dari 31 Maret sampai 16 April 2024 mencapai 3.360.139 orang.

“[Jumlah penumpang] Meningkat 18 persen dibandingkan dengan periode yang sama angkutan lebaran 2023,” ujarnya.

Dia menuturkan bahwa ada sejumlah faktor yang membuat para pemudik menggunakan kereta api pada masa angkutan lebaran pada tahun ini. Pertama adalah manajemen memiliki komitmen untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan baik.

Langkah perusahaan yang mampu menjaga kepercayaan itu diklaim membuat kereta api tetap menjadi pilihan untuk angkutan lebaran, natal dan tahun baru, atau pada momen lainnya.

“Di sisi keselamatan, KAI juga akan terus menjaga momentum kinerja keselamatan perjalanan kereta api yang baik selama angkutan Lebaran ini pada masa-masa yang akan datang,” kata ujarnya.

Baca Juga: Kehabisan Tiket Kembali ke Jakarta? KAI Sediakan Kereta Tambahan dari Yogyakarta

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Film Dokumenter The Beatles Let It Be Siap Tayang 8 Mei 2024

BERIKUTNYA

Smurf Merapat, Free Fire Hadirkan Patch Naga Terbaru & Mabar Bareng JKT 48

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: