Penumpang hendak naik kereta api (Sumber gambar: PT KAI)

11 Langkah Beli Tiket KA Jarak Jauh Untuk Liburan Natal & Tahun Baru 2024

13 November 2023   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tiket kereta api pada masa angkutan libur Tahun Baru dan Natal sudah bisa dipesan. Para traveller yang ingin melakukan liburan dengan moda transportasi berbasis rel itu dapat membeli tiket dari berbagai saluran. Salah satu di antaranya adalah aplikasi Access by KAI.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia Joni Martinus mengatakan bahwa perusahaan telah meluncurkan aplikasi Access by KAI pada 10 Agustus 2023 sebagai bentuk peningkata kinerja aplikasi yang sebelumnya bernama KAI Access tersebut.

Baca juga: 6 Rekomendasi Negara untuk Rayakan Momen Pergantian Tahun 2023

“Access by KAI kami hadirkan untuk makin mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan digital yang lebih andal. Sehingga memudahkan pelanggan dalam memesan tiket khususnya pada peak season seperti Angkutan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Dia mengeklaim aplikasi Access by KAI adalah salah satu saluran penjualan tiket yang kerap menjadi favorit bagi para traveller. Untuk membeli tiket melalui aplikasi ini, pelancong dapat mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

Saat ini, pelanggan dapat memesan tiket kereta api jarak jauh mulai H-45 sampai 1 jam sebelum keberangkatan. Kemudian, dalam satu kali transaksi, traveller dapat memesan maksimal 10 tiket dalam satu kode booking.

Sejauh ini, KAI mencatat bahwa tiket kereta api pada periode libur Natal dan Tahun Baru masih tersedia. Pada periode 21 – 28 Desember 2023, sebanyak 174.063 tiket kereta api jarak jauh atau 16 persen tiket yang tersedia sudah terjual.

Jumlah tersebut masih akan terus mengalami penambahan lantaran penjualan masih berlangsung. “KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” ujarnya.

Dia menambahkan, kereta api yang menjadi pilihan masyarakat pada masa angkutan tahun baru dan natal adalah KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp; KA Jayabaya relasi Pasarsenen – Malang pp; KA Serayu relasi Pasarsenen – Purwokerto pp; KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar pp; dan lainnya.

Untuk diketahui, perusahaan menyediakan 3.888 perjalanan kereta api jarak jauh reguler dengan 2,2 juta tempat duduk pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

Sedangkan untuk kereta api lokal reguler, KAI menyiapkan 1.296 perjalanan kereta api dengan sekitar 521.000 tempat duduk. Adapun, perusahaan akan menginformasikan lebih lanjut mengenai pengoperasian kereta api tambahan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

Nah, bagi Genhype yang akan berlibur pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru, berikut cara melakukan pembelian melalui aplikasi Access by KAI:
  1. Login dengan nomor ponsel atau akun Google.
  2. Pilih jenis kereta yang ingin Anda beli tiketnya. Terdapat pilihan Antar Kota, Lokal, Commuter Line, LRT Jabodebek, KA Bandara, serta Kereta Cepat Whoosh.
  3. Pilih tujuan keberangkatan dan kedatangan.
  4. Pilih tanggal keberangkatan. Genhype juga bisa membeli tiket pergi pulang dengan mengaktifkan tombolnya di samping tanggal keberangkatan. Lalu, masukkan tanggal pulang di bagian bawahnya.
  5. Masukkan jumlah penumpang.
  6. Tekan tombol cari tiket antarkota.
  7. Pilih kereta yang diinginkan. Sebagai catatan, Genhype dapat juga memilih tanggal lain selain yang dipilih sebelumnya dengan menekan baris tanggal di bagian atas layar.
  8. Isi data penumpang.
  9. Pilih kursi yang diinginkan.
  10. Pastikan data penumpang dan pembayaran telah terisi dengan benar.
  11. Lanjutkan dengan membayar tiket yang ingin dipesan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rundown Konser Coldplay pada 15 November 2023, Cek Info Pentingnya

BERIKUTNYA

Netflix Merilis Trailer Pertama Serial Live-Action Avatar: The Last Airbender

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: