Olahan mi menjadi salah satu menu paling laris di GoFood (Sumber gambar: Pexels/Cats Coming)

Olahan Mi & Varian Teh Jadi 2 Menu Baru yang Laris Manis di GoFood

28 November 2023   |   17:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

GoFood mencatat terdapat enam menu paling laris yang dipesan oleh warga Indonesia dari 1 Januari sampai 31 Oktober 2023. Olahan mi dan varian teh menjadi dua menu baru yang paling laris dalam catatan perusahaan. Sementara sisanya masih sama dengan tahun lalu. 

Head of Food Marketing Gojek Ignatius Satrio mengatakan bahwa sebagian besar jenis makanan paling laris yang tercatat sampai sekarang masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini terjadi lantaran orang Indonesia cukup loyal dengan apa yang mereka sukai. 

"Ayam geprek dan persambelan selalu di puncak," katanya di Jakarta pada Selasa, 28 November 2023.

Baca juga: Cocok buat yang lagi Diet, Perhatikan 10 Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh 

Pada tahun ini, salah satu makanan yang paling laris dan berbeda dibandingkan tahun lalu adalah olahan mi. Makanan ini laris manis lantaran sudah jadi menu 'tradisi' orang Indonesia. Selain itu, pesanan lainnya yang banyak dibeli pada periode sama adalah varian teh. 

"Olahan mi dan varian teh jadi juara baru di tren kuliner [tahun ini]," katanya. 

Founder & CEO Teguk Indonesia & USA, Maulana Hakim, mengatakan bahwa varian teh yang menjadi salah satu menu paling laris GoFood sejalan dengan survei yang juga pernah dilakukan oleh perusahaan.

"Sebetulnya sama. Kami juga sudah melakukan banyak survei. Indonesia tidak akan keluar dari tiga kategori, yakni teh, kopi, dan coklat," katanya.

Dalam survei yang pernah dilakukan oleh perusahaan dari 2018 sampai 2020, teh masih memegang peran sebagai minuman yang paling banyak diminati. Diikuti dengan kopi dan cokelat. 

Varian teh yang menjadi pilihan masyarakat pada saat ini juga kian banyak. Jika pada 2018-2019 publik banyak mengenal Thai Tea, saat ini masyarakat suka dengan teh rasa buah atau tradisional. Tak hanya berhenti pada tahun ini, variasi minuman teh juga diyakini akan terus berkembang pada tahun depan. 

Dia menuturkan bahwa varian teh menjadi salah satu minuman yang diminati oleh masyarakat karena dalam sejarahnya minuman yang satu ini sudah dikenal sejak zaman Belanda. Pada saat itu, Belanda secara besar-besaran mendatangkan teh dari China untuk dikembangkan di Indonesia.

Sementara itu, GM Marketing PT Eka Bogainti (Hokben) Francisca Lucky mengungkapkan bahwa olahan mi berupa ramen di Hoka Hoka Bento (HokBen) menjadi salah satu menu yang cukup tinggi peminat. Makanan itu kerap menjadi pilihan bagi konsumen yang hendak mengganti asupan karbohidrat nasinya. 

Baca juga: Rekomendasi 6 Olahan Mie dari Berbagai Negara, yang Mana Favorit Genhype?

Makanan & Menu Hemat Paling Laris 

Dalam kesempatan yang sama, Satria Situmorang mengungkapkan bahwa makanan paling laris di GoFood pada periode 1 Januari-31 Oktober 2023 di kategori umum adalah olahan mi, varian roti, dan kopi susu. “Orang Indonesia suka kopi, tetapi juga suka yang manis,” katanya.

Sementara itu, kategori menu hemat yang paling laris di GoFood pada periode yang sama adalah nasi ayam, berbagai macam varian teh, dan gorengan. Dia menuturkan, gorengan menjadi salah satu menu hemat paling laris karena budaya Indonesia yang suka kumpul bareng teman.

Selain itu, perusahaan juga menemukan bahwa ada dua macam konsumen di Indonesia, yakni functional eater yang lebih mementingkan kebutuhan dan societal eater yang mengasosiasikan makanan dan kebersamaan. Konsumen functional eater akan lebih peka terhadap harga, sementara societal eater punya intensi untuk melakukan spending sedikit lebih banyak

Baca juga: Fashion dan Elektronik Tetap Paling Laris di E-commerce, Bisa Jadi Ide Berjualan Online

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Nintendo Switch Online Bagi-Bagi Freebies Ikon Karakter Bertema Natal

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Pemenang Gotham Awards 2023, Ada Past Lives Sampai Anatomy of a Fall

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: