Mie ditemukan oleh bangsa China sekitar tahun 200 SM. Saat ini mie telah berevolusi sebagai kuliner dunia dengan bumbu-bumbuk khas setempat. (Sumber gambar Unsplash/Hanxiao)

Rekomendasi 6 Olahan Mie dari Berbagai Negara, yang Mana Favorit Genhype?

25 October 2022   |   16:58 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Siapa sih yang tidak kenal mie? Kuliner sejuta umat ini tentu sudah akrab di telinga dan menjadi kudapan yang dinikmati berbagai kalangan. Di berbagai wilayah Indonesia sajian ini juga dapat ditemukan dengan mudah saat perut keroncongan dengan citarasa khas setempat.

Sebut saja olahan mie yang biasa ditemukan di pinggir jalan, dari mie ayam, hingga mie goreng yang biasa dijajakan pedagang dengan gerobak mereka. Ada juga kuliner khas tiap daerah dengan menyesuaikan lidah lokal seperti Mie Aceh, Bakmi Jogja, atau Mie Lethek.

Dikutip dari nationalgeographic, mie ditemukan oleh bangsa China sekitar tahun 200 SM. Saat ini mie telah mengalami evolusi sebagai kuliner dunia dengan bumbu-bumbuk khas setempat. Ada banyak jenis mie di dunia dengan kekhasannya masing-masing.

Baca juga: Resep Mie Godog Jawa, Cocok disantap Saat Cuaca Dingin

Jika di Indonesia mie yang populer adalah Mie Ayam atau Bakmi Ayam, lantas seperti apa olahan mie dari negara-negara lain di dunia? Nah, biar enggak penasaran, yuk simak ulasan Hypeabis.id  dari berbagai sumber berikut.
 

1. Saimin, Hawaii

Walau mie identik dengan kuliner Asia tapi ternyata di Hawaii ada juga mie yang menjadi makanan sehari-hari penduduknya loh Genhype. Bernama Saimin, kuliner ini hampir mirip dengan Ramen dari Jepang tapi tentunya dengan citarasa lidah setempat.
 

Ilustrasi gambar (sumber Unsplash/Matthew Hamilton)

Ilustrasi gambar (sumber Unsplash/Matthew Hamilton)

Saimin biasanya berisi mie telur, dashi atau kaldu khas Jepang, bawang hijau, dan berbagai isian yang bisa dipilih oleh pembelinya. Karena populer, masyarakat Hawaii juga menjadikan mie ini sebagai makanan pokok, bahkan McDonalds di sana pun juga menyajikan Saimin ke menu hidangan mereka.


2. Pho, Vietnam

Kuliner khas Vietnam ini bahannya hampir mirip dengan kwetiaw yang dikenal di Indonesia. Dengan kuah bening yang kaya akan rempah, bumbu Pho biasanya diracik dari jahe, adas, daun bawang, cabai, mint, dan perasan jeruk nipis. Membayangkannya saja sudah bikin menelan ludah kan, Genhype?
 

Sumber gambar (Unsplah/Sharon Chen)

Sumber gambar (Unsplah/Sharon Chen)

Tak hanya itu, Pho juga dilengkapi dengan bahan-bahan tambahan seperti irisan daging sapi, tauge, atau bakso yang tentunya akan membuat lidah kalian bergoyang saat mencicipi rasanya yang tentu maknyus. Dijamin ketagihan deh.


3. Mie Shan, Myanmar

Mie Shan merupakan salah satu makanan pokok di Myanmar. Jenis mie ini memiliki tekstur lengket karena terbuat dari bahan dasar beras ketan. Meski kurang begitu populer, mie ini sebenarnya memiliki rasa yang tak kalah lezat dari mie di negara lain.

Kudapan ini biasanya dihidangkan bersama sayuran dengan potongan daging ayam atau babi. Layaknya mie pada umumnya, kuliner ini juga bisa disajikan dengan cara kering atau berkuah. Keunikan dari Mie Shan adalah tomat ulek sebagai tambahan bumbunya. 


4. Laksa, Malaysia

 

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/Amanda Lim)

Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/Amanda Lim)

Negeri Jiran juga memiliki hidangan mie khas setempat yang bernama Laksa. Terbuat dari bahan dasar beras, kuliner ini biasanya disajikan dengan kuah kari yang memiliki tekstur kental kekuningan. Laksa juga disajikan dengan udang, tahu, telur, dan sayuran hijau untuk menambah kesegarannya.

Kuliner Laksa sebenarnya juga menyebar di berbagai kawasan Asia Tenggara, tapi setiap negara memiliki citarasa khas masing-masing. Selain Malaysia, Laksa juga dibuat oleh orang Thailand dan juga Indonesia.


5. Ramen, Jepang

Olahan mie asal Negeri Matahari Terbit tentunya juga sudah tidak asing lagi dengan lidah Genhype. Pasalnya, sudah banyak restoran-restoran besar di Indonesia yang menyediakan ramen dengan berbagai pilihan. Bahkan ada juga ramen instan yang saat ini ditemui di berbagai minimarket.
 

Ilusrasi sumber gambar (Unsplash/Diego Lozano)

Ilusrasi sumber gambar (Unsplash/Diego Lozano)

Namun jika kalian mencicipi ramen langsung dari negara asalnya, Genhype akan disajikan dengan 4 macam pilihan kuahnya yang khas. Yakni kuah shio (garam), miso (pasta kacang fermentasi), shoyu (kecap), dan tonkotsu (daging babi dengan kaldu).


6. Buko Pancit, Filipina

Pancit atau pansit adalah sebutan untuk mie di negara Filipina. Kudapan ini bisa dari bihun, mie kuning atau jenis mie lainnya. Tapi untuk Buko Pancit biasanya mie yang dimasak berbentuk lebih tebal dari mie pada umumnya.

Sajian Buko Pancit biasanya dimasak dengan campuran berbagai sayuran hijau dan daging. Untuk menambah rasa, kudapan ini juga disajikan dengan saus udang, dan ditaburi daun bawang hingga telur rebus. Saat ini Buko Pancit juga memiliki banyak variasi rasa dan tambahan toping.

Baca juga: 8 Makanan Unik di Indonesia, Kalian Berani Coba?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Tip Menyiapkan Bekal untuk Si Kecil

BERIKUTNYA

Upgrade Sistem Operasi Bikin Down, Cek Daftar Smartphone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: