ilustrasi (sumber gambar : freestocks/ unsplash)

Fashion dan Elektronik Tetap Paling Laris di E-commerce, Bisa Jadi Ide Berjualan Online

31 August 2023   |   07:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Menjalankan bisnis online kini banyak dilakoni oleh masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi bisnis online ini bisa dijalankan dari mana saja dan oleh siapa saja dengan peluang yang masih sangat menggiurkan. Namun, ada salah satu permasalahan yang kerap dihadapi saat memulainya, yakni ide bisnis apa yang menjanjikan.

Nah, untuk itu Genhype enggak perlu khawatir, sebab Tokopedia melalui laporannya telah meluncurkan tren produk yang paling banyak dicari konsumen sehingga bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan bagi pelaku usaha, termasuk UMKM, yang ingin mulai jualan online di Tokopedia.

Baca juga: Penjualan Online Saat Ramadan Meningkat, Ini Kategori Produk Paling Laris

Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega menyampaikan, berdasarkan data internal Tokopedia terdapat beberapa kategori produk yang paling banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia sepanjang semester I 2023.
“Selama semester I 2023, Fashion, Olahraga dan Hobi serta Elektronik menjadi beberapa kategori produk yang paling dicari masyarakat melalui Tokopedia,” ujarnya.

1. Fashion  
Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) pada tahun 2023, ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 7,8 persen terhadap ekonomi nasional, dimana salah satu kontribusi terbesarnya berasal dari industri kreatif subsektor fesyen dan kriya.

Di Tokopedia sendiri, minat masyarakat terhadap berbagai produk fesyen termasuk dari brand lokal pun makin meningkat. UMKM dapat mengambil peluang bisnis yang menjanjikan tersebut sebagai ide jualan online.

“Tokopedia mencatat, sneakers, atasan seperti kaos, kemeja, dan jaket, serta jam tangan analog menjadi beberapa produk fesyen yang paling banyak dicari di semester I 2023,” ucapnya.

Menurutnya, penjual juga bisa pakai fitur Bundling Product untuk menggabungkan beberapa produk dalam satu paket jualan dengan harga lebih terjangkau sehingga mendorong pembeli untuk berbelanja lebih banyak.

“Teknologi machine learning dari Tokopedia juga dapat merekomendasikan produk mana yang cocok untuk digabungkan dengan fitur Bundling Product,” ujar Antonia.

2. Olahraga dan Hobi
Selain produk fesyen, sepanjang semester I 2023, berbagai produk yang berkaitan dengan onderdil sepeda menjadi yang paling dicari masyarakat. Selain itu, produk hobi juga makin digandrungi masyarakat. Hal ini terbukti dari produk hobi, seperti action figure, diecast mobil, permainan trading card dan mecha model, menjadi yang paling dicari masyarakat di kategori Olahraga dan Hobi di Tokopedia.

Pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, bisa ikut kampanye Tokopedia Sportacular Shopathon untuk mendapatkan exposure lebih terhadap produk olahraga yang dijual. Di sisi lain, untuk membantu pelaku usaha mendapatkan panggung lebih luas dalam menjual produk yang berkaitan dengan hobi, Tokopedia memiliki kampanye Tokopedia Funstation.

3. Elektronik
Perangkat mobile yang memudahkan masyarakat berkomunikasi dan mengakses informasi dari berbagai tempat menjadi beberapa produk yang paling banyak diminati di Tokopedia. Handphone Android, iOS, laptop, serta aksesoris pendukungnya menjadi beberapa produk yang paling banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia di semester I 2023.

“Pelaku usaha dari berbagai skala bisa memanfaatkan beragam kanal promosi yang ditawarkan oleh Tokopedia Marketing Solutions, misalnya fitur beriklan TopAds. Dengan TopAds, produk bisa tampil teratas di halaman pencarian, dengan modal mulai dari Rp250,” jelas Antonia.

Product Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah mengatakan teknologi machine learning di fitur Pencarian Tokopedia permudah produk yang relevan ditemukan masyarakat. Machine learning–bagian dari artificial intelligence atau AI–selalu diusung di setiap inisiatif Tokopedia, salah satunya untuk membantu masyarakat menemukan toko maupun produk yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Nah, itu dia tadi tiga kategori produk yang paling banyak dicari dan bisa menjadi inspirasi ide bisnis bagi kalian yang ingin memulai bisnis online.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Lebih Dekat dengan Kamera Canon EOS R100, Mirrorless yang Pas Buat Pemula?

BERIKUTNYA

Film Dokumenter IU Concert: The Golden Hour Bakal Tayang 28 & 30 September 2023, Cek Informasi Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: