Suasana belajar animasi di Enspire School of Digital Art (ESDA). (Sumber gambar : Eusebio Chrysnamurti/Hypeabis)

10 Sekolah Animasi di Indonesia dan Dunia, Pilihan Terbaik untuk Meniti Karier Animator

27 November 2023   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki banyak talenta berkualitas dalam bidang animasi. Terlihat banyak animator asal Tanah Air yang bekerja di studio animasi ternama dan terlibat dalam berbagai proyek film Hollywood yang hampir semuanya masuk dalam kategori Box Office.

Bahkan, beberapa diantaranya berhasil mendapatkan penghargaan dari ajang bergengsi, seperti Academy Award (Oscar). Kesuksesan yang dibawa para animator asal Indonesia ini lantas menumbuhkan geliat generasi Z hingga Milenial untuk mempelajari animasi. Profesi untuk bekerja di industri ini pun dianggap menjanjikan seiring dengan perkembangan teknologi yang terus diperbaharui. 

Baca juga: Tantangan Industri Animasi di Indonesia, Kreator Si Juki Sebut Tak Punya Grand Design

Namun demikian, untuk menggeluti bidang ini dan berkarier seperti animator Hollywood, ada baiknya kamu memperdalam ilmu tentang  animasi. Saat ini sudah banyak kok sekolah animasi di Indonesia maupun yang sudah terkenal di dunia yang bisa kamu pilih. Buat yang tertarik, berikut daftar sekolah animasi di Indonesia dan dunia. 


Sekolah Animasi Ternama di Indonesia


1. Enspire School of Digital Art (ESDA)

Sekolah animasi yang menyediakan program belajar animasi untuk anak-anak hingga dewasa ini didirikan VFX artist Andre Surya. Dia pernah terlibat dalam pembuatan film internasional seperti Iron man, Transformers, dan Star Wars. ESDA menyediakan program mulai dari animasi 3D, game design, dan efek visual. Selain itu ESDA juga menyediakan program academy sebagai program ikatan kerja bagi para siswanya. 

2. International Design School (IDS)

Berdiri pada 1999, IDS menyediakan pendidikan bagi peserta yang ingin menyiapkan diri dan meningkatkan kompetensi untuk bekerja di industri komunikasi visual (desain grafis, animasi, dan film). Program animasi di IDS adalah Digital Animation & Games yang dirancang untuk mengajarkan kemampuan kreatif dan teknis dalam proses produksi animasi baik untuk film maupun televisi. 

3. SSR Jakarta 

Sekolah yang terhubung langsung dengan SSR London dan SSR Manchester ini menyediakan banyak program seperti Animation and Games Education, Film, dan Audio. Program D-3 bersertifikasi langsung dari Inggris. Rata – rata program yang paling diminati adalah program animasi 2D dan 3D. 

4. HelloMotion Academy

Sekolah animasi yang berdiri sejak  2004 ini menyediakan banyak program belajar animasi mulai dari Graphic Design & Digital Imaging, 2D Animation, Digital Comic & Illustration, Editing, 3D Animation, Professional Multimedia, Corporate Class, dan Motion Graphic. HelloMotion Academy menyediakan kemudahan peserta memilih belajar langsung atau melalui online. 

5. SAE Institute Jakarta

Sekolah yang berfokus pada industri media kreatif ini merupakan cabang dari SAE Institute yang berdiri di Sydney pada 1976. Sudah ada 27 cabang di beberapa negara, SAE menawarkan program diploma atau sarjana terapan seni dengan pilihan jurusan animasi, audio, film dan bisnis musik. SAE juga memberikan kesempatan untuk menempuh gelar double degree, yaitu gelar sarjana dari Middlesex University, Inggris tanpa harus belajar secara langsung di sana. Program kancah internasional lainnya dari SAE adalah pathway ke Australia, dengan belajar di Australia selama 16-20 bulan. 


Sekolah Animasi Ternama di Dunia


1. Vancouver Film School (VFS)

Sekolah seni hiburan swasta yang berlokasi di Vancouver, British Columbia, Kanada ini didirikan pada 1987 dan telah memperoleh akreditasi internasional. Program studi terkait animasi yang ditawarkan mulai dari Animasi 3D dan Efek Visual, Seni Konsep Animasi, Animasi Klasik, Desain Digital, Produksi Film, Desain dan Seni Visual Dasar, Desain Game, serta Pemrograman Game, Web, dan Mobile.

2. Gobelins, l'école de l'image (Gobelins, School of Images) 

Berdiri sejak 1964, GOBELINS menjadi sekolah animasi tertua di dunia. Di seluruh program yang ditawarkan, siswa akan belajar tata letak 3D, mekanika tubuh, animasi karakter, teknik penangkapan gerak, desain karakter dan latar belakang, penulisan naskah, arahan, desain suara, storyboard, alur 3D, dinamika gerakan, pengeditan, spesial efek, dan komposisi. Siswa di semua Program Animasi Gobelins memiliki kesempatan untuk memproduksi sejumlah film pendek dan demo reel profesional.

3.  MoPA School of Animation (MoPA)

Berdiri sejak 1988 dengan nama Supinfocom, ini menjadi institusi Prancis pertama yang khusus mempelajari CGI. Supinfocom menjadi Sekolah Animasi MoPA pada 2015. Pada 2022, MoPA menjadi anggota jaringan sekolah yang dikenal dengan BRASS ART Group yang menawarkan spesialisasi dalam Animasi 3D, Video Game, Audiovisual, serta Seni Grafis dan Desain.

3. California Institute of the Arts (CalArts) 

Perguruan tinggi seni yang terletak di Valencia, California, Amerika Serikat ini didirikan pada 1961 oleh Walt Disney. CalArts didesain untuk menjadi sebuah pusat pendidikan seni yang menawarkan pendekatan interdisipliner dan inovatif dalam pengajaran dan pembelajaran seni. Fokus utama CalArts adalah seni rupa, seni pertunjukan, dan animasi. Banyak animator terkenal seperti Tim Burton, John Lasseter, dan Pendleton Ward belajar di CalArts. Program animasi CalArts terkenal karena pendekatan uniknya yang menekankan pada eksperimen, kreativitas, dan kemandirian siswa.

4. Royal College of Art (RCA) 

Terletak di London, Inggris RCA terkenal sebagai salah satu sekolah seni terbaik di dunia, dengan fokus pada seni rupa, desain, animasi, dan seni media. Program animasi RCA sangat diakui karena fokusnya pada pengembangan kreativitas dan kemampuan teknis siswa. Para siswa belajar tentang seni dan teknologi animasi, termasuk pengembangan karakter, storyboard, animasi, desain suara, dan pengembangan gim.

5. Tokyo University of the Arts (TUA)

Sebelumnya dikenal sebagai Tokyo National University of Fine Arts and Music, universitas ini memiliki dua kampus di Tokyo dan terdiri dari empat fakultas yakni Seni Rupa, Seni dan Teknologi, Musik, dan Seni Pertunjukan. Program animasi di TUA terkenal karena fokusnya pada teknik animasi tradisional dan seni visual Jepang. Para siswa belajar berbagai teknik animasi, termasuk pengembangan karakter, storyboard, animasi, dan desain suara. Selain itu, program ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan teknis dan kreativitas siswa melalui kelas praktikum dan proyek.

Baca juga: Profil Ryan Adriandhy, Komika yang jadi Animator & Sutradara Film Animasi Jumbo

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tantangan Regenerasi Talenta Esports, Kebutuhan akan Turnamen Lokal yang Lebih Masif

BERIKUTNYA

Resep Urap Daun Mengkudu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: