Ilustrasi buah dan daun mengkudu (Sumber foto: Unsplash/Localize)

Resep Urap Daun Mengkudu

27 November 2023   |   07:09 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Mengkudu banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya. Buah, daun, dan akarnya telah digunakan untuk berbagai tujuan kesehatan, karena kandungan fitokimianya yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Meski begitu, daun ini juga bisa loh dijadikan menu masakan berupa urap. 

Urap merupakan menu yang kerap ditemui dalam beberapa masakan daerah. Seperti halnya soto.Jika didefinisikan, maka urap adalah hidangan salad tradisional Indonesia yang terbuat dari sayuran direbus dan dicampur dengan bumbu kelapa parut yang dibumbui. Urap diyakini merupakan makanan khas Jawa yang telah ada sejak abad ke-10, dan kini telah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga: 3 Resep Wedang Alang-alang yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Bahan-bahan utama urap biasanya sayuran yang direbus, seperti kangkung, bayam, tauge, dan kacang panjang. Untuk kali ini, sayur yang digunakan berupa daun mengkudu. Bumbu kelapa parut yang digunakan untuk urap biasanya terdiri dari bawang putih, cabai rawit, kencur, terasi, dan garam. Bumbu-bumbu ini dihaluskan dan ditumis hingga harum, kemudian dicampur dengan kelapa parut.

Soal rasa, urap daun mengkudu ini memang agak pahit, tetapi karena dicampur dengan bahan lain maka rasanya cukup ramah di lidah. Walau begitu, diperkirakan ada beragam manfaat Kesehatan dari daun mengkudu ini. Sama halnya buah mengkudu, daunnya juga memiliki beragam manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya, daun mengkudu diperkirakan memiliki aktivitas antituberkulosis dalam kultur Mycobacterium tuberkulosis. 

Selanjutnya, manfaat daun mengkudu berperan dalam menyembuhkan peradangan di dalam dan luar tubuh. Hal ini berkat kandungan antiinflamasi yang dimilikinya, membantu mempercepat penyembuhan luka, dan mengatasi nyeri. Di samping itu, daun mengkudu juga efektif dalam menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung, berkat kandungan polyphenols yang membantu mengurangi stres oksidatif. 

Namun, FDA AS, badan federal Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk melindungi kesehatan masyarakat, mengingatkan bahwa sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung soal manfaat kesehatan mengkudu. 
 

Resep Urap Daun Mengkudu

Berikut adalah resep sederhana Urap Daun Mengkudu yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat, dihimpun dari buku resep Betawi Punye Rase karya Chef Nchank Tamberang dan Utari Ninghadiyati: (untuk enam porsi)

Bahan:
  • 4 sdm minyak goreng
  • 2 buah kelapa agak muda, parut kasar
  • 400 g daun mengkudu muda, iris tipis-tipis
  • 120 g bunga mengkudu, iris tipis

Bumbu halus:
  • 12 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 10 butir bawang merah
  • 4 cm kencur
  • 2 sdt terasi
  • 120 g gula merah
  • 1 sdt garam

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak di atas api sedang, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan kelapa parut, aduk hingga kelapa mengering dan harum.
  3. Tambahkan daun dan bunga mengkudu, aduk hingga sayuran hampir layu. Angkat dan sajikan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

10 Sekolah Animasi di Indonesia dan Dunia, Pilihan Terbaik untuk Meniti Karier Animator

BERIKUTNYA

7 Film Tentang Keluarga yang Penuh Makna dan Menghangatkan Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: