Penumpang akan naik kereta cepat (Sumber gambar: KCIC)

4 Hal yang Perlu Diketahui soal Tarif Promo Tiket Kereta Cepat Desember 2023

26 November 2023   |   20:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menjual tiket Kereta Cepat Whoosh dengan tarif promo untuk perjalanan Desember 2023. Artinya, pelancong yang hendak menggunakannya dapat membayar hanya Rp200.000 – Rp250.000 untuk setiap orang. 

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, penerapan tarif promo dan penambahan perjalanan pada Desember 2023 ini untuk memberikan banyak kesempatan kepada masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Whoosh.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Banyak Peminat, Begini Cara Pesan Tiket Rombongan

Menurutnya, manajemen berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen yang hendak menggunakan Kereta Cepat Whoosh. Penerapan tarif promo ini juga menjadi salah satu di antaranya. "Kereta Cepat Whoosh adalah layanan kereta komersial sehingga penetapan tarifnya akan menggunakan strategy dynamic pricing dan mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season," katanya, dikutip Minggu (26/11/2023).

Pendekatan responsif ini memungkinkan perusahaan mengoptimalkan layanan, mengelola kapasitas secara efektif, dan mempertahankan standar layanan yang tinggi bagi penumpang.

Dia menambahkan bahwa pada Desember 2023 akan terdapat 40 perjalanan per hari dari Senin hingga Kamis dan 48 perjalanan per hari pada akhir pekan yakni Jumat - Minggu.

Secara keseluruhan, Kereta Cepat Whoosh telah melayani penumpang sebanyak 491 ribu orang sejak beroperasi pada 17 Oktober - 22 November 2023. Rata-rata penumpang tertinggi mencapai 21 ribu per hari pada saat weekend dan 18 ribu per hari pada saat weekday.

Adapun okupansi kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam itu rata-rata mencapai 80 hingga 99 persen pada setiap rangkaian yang dioperasikan.

Dwiyana menjelaskan, peningkatan volume penumpang dan okupansi yang tinggi pada setiap perjalanan kereta menunjukan bahwa tingkat kepercayaan dan minat masyarakat sangat positif untuk menjadikan kereta cepat Whoosh transportasi pilihan.

Nah, bagi kamu yang ingin menaiki Kereta Cepat Whoosh dengan menggunakan tarif promo, berikut sejumlah fakta yang perlu diketahui.


1. Waktu tertentu

Tarif promo sebesar Rp200.000 dan Rp250.000 untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh itu untuk waktu tertentu. PT KCIC menyebutkan bahwa tarif sebesar Rp200.000 adalah untuk kelas premium ekonomi dari Senin sampai Kamis atau hari kerja. Sementara itu, penumpang yang hendak menaiki Kereta Cepat Whoosh pada Jumat – Minggu harus mengeluarkan uang sebesar Rp250.000 per orang.


2. Satu kali perjalanan

Fakta lain yang perlu diketahui oleh Genhype ketika hendak menggunakan Kereta Cepat Whoosh dengan tarif promo pada Desember 2023 sebesar Rp200.000 atau Rp250.000 itu adalah tiket berlaku untuk satu kali perjalanan. Jadi, Genhype perlu membeli tiket moda transportasi berbasis rel itu lagi ketika hendak melakukan perjalanan sebaliknya dengan Kereta Cepat Whoosh. 


3. Sudah bundling dengan kereta api feeder

Fakta lain tentang tiket kereta cepat promo untuk perjalanan Desember 2023 itu adalah sudah termasuk tiket kereta api lainnya atau bundling dengan kereta api feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung dan sebaliknya.

Jadi, Genhype yang hendak ke Bandung dengan menggunakan kereta feeder menuju Stasiun Bandung atau akan menaiki Kereta Cepat Whoosh dan harus naik kereta pengumpan itu tidak perlu membayar lagi alias gratis.


4. Pemesanan tiket

Fakta lainnya tentang tarif tiket promo untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh adalah terkait dengan pemesanannya. Genhype yang ingin menaiki kereta dengan kecepatan 350 km/ jam itu dapat dibeli melalui berbagai macam saluran. .

Selain dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh, tiket kereta cepat juga dapat dibeli lewat saluran web ticket.kcic.co.id, loket, dan Ticket Vending Machine. Kemudian, terdapat juga sejumlah mitra resmi KCIC untuk pemesanan tiket Whoosh melalui aplikasi seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, dan BRImo.

Tidak hanya itu, tiket juga sudah mulai dipesan oleh Genhype meskipun baru akan menaiki kereta tersebut pada Desember 2023. 

Baca juga: Teknologi Kereta Cepat Whoosh Punya Sistem Keamanan saat Musim Hujan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Racikan Es Teh Solo

BERIKUTNYA

Hypereport: Menata Jakarta Sebagai Kota Pariwisata Jelang Perpindahan IKN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: