Teh memiliki sejumlah manfaat baik bagi tubuh (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Ahmed Aqtai)

Resep Racikan Es Teh Solo

26 November 2023   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Es teh menjadi salah satu minuman wajib yang kerap mendampingi masyarakat Indonesia ketika menyantap makanan. Tanpanya, kegiatan tersebut berasa ada yang kurang. Bagi kalian yang pernah melancong ke Solo, Jawa Tengah, pasti pernah merasakan teh yang memiliki rasa berbeda dari tempat lainnya.

Es teh manis yang tersedia di sejumlah angkringan di Solo menjadi viral beberapa waktu belakangan. Warna yang pekat, wanginya yang lebih menyegarkan, dan rasanya yang lebih nikmat di lidah banyak orang menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga: Cuaca Lagi Panas-panasnya, Coba Yuk 2 Resep Es Teh Ini Biar Seger

Rasa dan warna es teh manis yang viral itu dapat terjadi lantaran banyak faktor. Salah satu di antaranya disebut-sebut adalah penggunaan merek teh lokal yang mungkin jarang ditemukan di Jakarta atau kota besar lainnya.

Tidak hanya itu, produk-produk yang mungkin jarang ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta dan sebagainya itu juga kerap dicampur antara satu dengan yang lain. Pencampuran ini menghasilkan wangi dan rasa yang khas lantaran setiap produk memiliki rasa dan aroma yang berbeda.

Teh lokal itu menjadi kekuatan para pelaku usaha di daerah Solo untuk memberikan sajian minuman yang akan memanjakan para pelancong yang datang. Rasanya yang khas membuat para traveller akan merindukan kota ini untuk datang kembali dan menikmati sajian es teh manis yang khas.

Minuman es teh sebenarnya dapat ditemukan di banyak daerah di Indonesia. Tidak hanya Solo, derah-derah lainnya juga kerap menyediakanya.

Selain rasanya yang nikmat, Kementerian Kesehatan menuliskan bahwa teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu di antaranya adalah melawan radikal bebas lantaran mengandung antioksidan.

Nah, kita bisa membuat mencoba es teh manis Solo yang tengah viral itu. Terlebih, saat ini, produk-produk itu kemungkinan dapat diraih melalui e-commerce. Jika tidak, kalian juga dapat mencoba menggunakan beberapa merek teh dan memadukannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut resep membuat es teh manis Solo yang tengah viral di rumah sendiri.


Bahan

  1. Beberapa merek teh tubruk
  2. Air
  3. Gula pasir/ gula batu/ simple sirup
  4. Es batu


Cara membuat

  1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan menyiapkan sejumlah teh tubruk yang hendak dicampurkan menjadi satu.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan panci yang akan digunakan merebus air. Isi air dan letakkan di atas kompor. Jangan lupa untuk menyalakannya.
  3. Setelah itu, didihkan air.
  4. Masukkan teh ke dalam air yang sudah mendidih. Lalu, tunggu sampai berubah warna.
  5. Jika sudah berubah warna, matikan kompor. Kalian perlu menunggu sampai dingin.
  6. Masukkan air teh ke dalam wadah, bisa teko atau langsung ke dalam gelas.
  7. Letakan es batu yang telah disiapkan.
  8. Masukkan gula pasir/ gula batu/ simple sirup ke dalam es the
  9. Teh dapat dinikmati ketika dingin.

Baca juga: 3 Brand Es Teh Kekinian Paling Digemari Masyarakat Indonesia, Favorit Kalian Nomor Berapa?

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Damsel yang Akan Tayang di Netflix 2024

BERIKUTNYA

4 Hal yang Perlu Diketahui soal Tarif Promo Tiket Kereta Cepat Desember 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: