Kereta di Stasiun Gambir (Sumber gambar: PT KAI)

Sudah Bisa Dipesan, Tiket Libur Nataru yang Terjual Lebih dari 100.000

23 November 2023   |   16:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang hendak melakukan liburan pada masa Natal 2023 & Tahun Baru 2024 dengan kereta api, tiket moda transportasi berbasis rel itu sudah dapat dibeli. Per hari ini, Kamis, 23 November 2023, tiket yang sudah terjual mencapai lebih dari 100.000 untuk keberangkatan dari 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024. 

Kahumas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendri Wintoko menuturkan bahwa pelancong bisa mulai melakukan pembelian tiket pada  hari ini, Kamis, 23 November 2023 untuk keberangkatan 21 Desember 2023 - 7 Januari 2024 lantaran perusahaan melakukan kebijakan pembelian tiket H-45 khusus liburan Natal & Tahun Baru. 

Baca juga: TIket Kereta Api untuk Liburan Natal & Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dipesan

"Dengan kebijakan pemesanan H-45 tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih leluasa merencanakan perjalanan pada moment Perayaan Natal dan Tahun Baru," ujarnya. 

Dia menuturkan bahwa data Kamis, 23 November 2023, menunjukkan jumlah tiket yang sudah terjual untuk keberangkatan masa angkutan Natal dan Tahun Baru dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada periode 21 Desember 2023 - 7 Januari 2024 mencapai 146.000. 

Dari jumlah tiket terjual, mayoritas pelancong memesan pada tanggal favorit, yakni pada 22 - 23 Desember 2023. 

Sementara itu, tingkat okupansi atau keterisian moda transportasi berbasis rel pada periode tersebut tercatat berkisar antara 20 persen - 74 persen. Dari keseluruhan waktu, volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada  22 Desember 2023 dengan tingkat okupansi telah mencapai 74 persen dari tempat duduk yang tersedia setiap harinya, yaitu 35.615 tempat duduk.

"Data-data tersebut masih terus dapat berubah, mengingat penjualan tiket secara online masih terus berlangsung," katanya. 

Dia menambahkan bahwa  sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit para traveller pada masa Natal 2023 & Tahun Baru 2024 adalah Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung. 

Untuk diketahui, masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 adalah dari  21 Desember (H-5) hingga 7 Januari 2024 (H+6) Tahun Baru 2024. PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 641 ribu tiket Kereta Api Jarak Jauh dengan 1.116 perjalanan KA, sehingga rata-rata terdapat 62 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen setiap harinya. 

"Kereta-kereta tersebut belum termasuk KA lokal dan KA tambahan," katanya. 

Sementara itu, perusahaan melakukan berbagai kesiapan baik sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia dalam rangka menghadapi angkutan Natal dan Tahun Baru ini. 

Kemudian, manajemen juga telah menjalani inspeksi keselamatan dan penerapan standar pelayanan minimum. Perusahaan juga telah menyiapkan para petugas agar dapat memberikan layanan KA yang selamat, aman, nyaman dan sehat.

Sebelumnya, VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan bahwa tiket kereta pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru dapat dibeli di berbagai saluran resmi. Salah satu di antaranya adalah aplikasi Access by KAI yang diluncurkan pada 10 Agustus 2023 sebagai peningkatan kinerja aplikasi pemesanan tiket KA yang sebelumnya bernama KAI Access. 

"Access by KAI kami hadirkan untuk semakin mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan digital yang lebih andal. Sehingga memudahkan pelanggan dalam memesan tiket khususnya pada peak season seperti Angkutan Natal dan Tahun Baru,” katanya. 

Dia mengklaim bawa cara pembelian tiket kereta api melalui Access by KAI sangat mudah. Pelanggan terlebih dahulu mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store. Dalam satu kali transaksi, pelanggan juga dapat memesan maksimal 10 tiket dalam 1 kode booking di luar tiket infant. 

Berikut tahapan pembelian tiket melalui Access by KAI:
1. Login dengan nomor ponsel atau akun Google.
2. Pilih jenis kereta yang ingin Anda beli tiketnya. Terdapat pilihan Antar Kota, Lokal, Commuter Line, LRT Jabodebek, KA Bandara, serta Kereta Cepat Whoosh.
3. Pilih tujuan keberangkatan dan kedatangan.
4. Pilih tanggal keberangkatan. Anda juga bisa membeli tiket pergi pulang dengan mengaktifkan tombolnya di samping tanggal keberangkatan, lalu masukkan tanggal pulang di bagian bawahnya.
5. Masukkan jumlah penumpang.
6. Tekan tombol Cari Tiket Antar Kota.
7. Pilih kereta yang Anda inginkan. Sebagai catatan, Anda dapat juga memilih tanggal lain selain yang dipilih sebelumnya dengan menekan baris tanggal di bagian atas layar.
8. Isi data penumpang.
9. Pilih kursi yang diinginkan.
10. Pastikan data penumpang dan pembayaran telah terisi dengan benar.
11. Lanjutkan dengan membayar tiket yang ingin dipesan.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Banyak Peminat, Begini Cara Pesan Tiket Rombongan


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

5 Anime Yang Akan Rilis pada Winter 2024, Ada Ao No Exorcist S3 sampai Kingdom S5!

BERIKUTNYA

Diputar Perdana di JAFF 2023, Cek Sinopsis Film Ali Topan Besutan Sutradara Sidharta Tata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: