Film Ali Topan Anak Jalanan (Sumber gambar: IMDb)

Sinopsis & Daftar Pemain Film Ali Topan Anak Jalanan 1977

13 February 2024   |   19:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi para pencinta film Indonesia lawas, judul Ali Topan Anak Jalanan mungkin sudah tidak asing lagi. Film yang pertama kali rilis pada 1977 itu diarahkan oleh sutradara Ishaq Iskandar dengan penulis naskah skenario Teguh Esha. Karya ini menjadi salah satu karya terbaik pada eranya. 

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), tokoh bernama Ali Topan pertama kali ada dalam cerita bersambung karya Teguh Esha dalam majalah Stop pada 1972.

Setelah itu, Teguh melakukan ekranisasi dalam bentuk film berjudul Ali Topan Anak Jalanan pada 1977. Dari film, sang penulis membuat novel berjudul Ali Topan Anak Jalanan Kesandung Cinta, terbit pada tahun yang sama. 

Baca juga: Film Ali Topan Tayang 14 Februari 2024, Angkat Kisah Romansa Pasangan Rebel yang Unik

Film Ali Topan Anak Jalanan yang rilis pada 1977 diperankan oleh aktor Junaedi Salat dan Yati Octavia sebagai pemeran utamanya. Junaedi memerankan karakter Ali Topan. Sementara itu, Yati menjadi Anna Karenina.

Dilansir dari laman Indonesian Film Center, film ini menceritakan tentang dua tokoh utama tersebut. Pada suatu waktu, Ali mengganggu Anna yang kebetulan sedang lewat bersama sang ibu.

Pada pertemuan tersebut, Ali digambarkan sebagai individu yang besar di jalanan lantaran kurang kasih sayang dari orang tua. Sementara itu, Anna adalah karakter yang selalu mendapatkan perhatian orang tua. Ayah dan ibu selalu berusaha melindunginya.

Setelah pertemuan pertama, Anna yang pindah sekolah bertemu dengan Ali di sekolah barunya. Mereka berdua satu kelas. Tidak hanya itu, dia juga mengetahui jika Ali adalah anak terpandai di dalam kelas. Suatu saat, Ali membela Anna ketika dijahili oleh teman-temannya.

Langkah Ali itu lambat laun membuat Anna membuka hatinya. Rasa simpati tumbuh hingga akhirnya mereka menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih. Namun, hubungan itu mendapatkan pertentangan dari orang tua Anna. 

Tidak terima hubungannya ditolak, sang wanita memutuskan untuk memberontak kepada orang tuanya. Dia menghubungi Ali agar diantar ke rumah sang kakak yang memutuskan kawin lari dengan pacarnya dan hidup di suatu desa. 

Kedua orang tua Anna yang tahu sang anak pergi bersama Ali melapor ke polisi. Mereka hendak menangkap sang pria. Anna yang melihat kejadian itu berusaha mencegah dengan memberikan ancaman bunuh diri. Langkah itu terbukti efektif. Kedua orang tuanya memilih untuk mengalah dan membebaskan Ali dari segala bentuk tuduhan. 

Selain Yati Octavia dan Junaedi Salat, film ini juga dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris papan atas Indonesia pada saat itu. Mereka adalah Titiek Sandhora, Mieke Wijaya, Ruth Pelupessy, Aedy Moward, Muchsin Alatas, Aminah Cendrakasih, Connie Sutedja, S. Bono, Eddy Wardy, Masito Sitorus, dan masih banyak lagi. 

Film drama berdurasi 109 menit itu berhasil meraih penghargaan pada ajang Festival Film Indonesia (FFI) 1978 untuk kategori Tata Musik Terbaik. 

Berlanjut ke masa kini, Visinema Pictures, Legacy Pictures, dan Kebon Studio kembali mengangkat kisah Ali Topan ke layar lebar. Kali ini, peran karakter ikonik itu diberikan kepada Jefri Nichol dan tokoh Anna diperankan oleh Lutesha. 

Baca juga: Angkat Kisah Romansa Ali Topan, Band Morfem Rilis Video Klip Single Kuning

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Gokil, Film Agak Laen Tembus 4 Juta Penonton dalam 12 Hari

BERIKUTNYA

Cek Keunikan Aplikasi VAA Kawula17 Untuk Milenial dan Gen Z di Pemilu 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: