Poster Film Ali Topan. (sumber gambar Visinema Pictures)

Teaser Ali Topan Hadirkan Kisah Romantis & Pemberontakan Anak Muda 

03 January 2024   |   06:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Para penikmat sinema lokal sepertinya siap semringah awal tahun ini. Sebab, film Ali Topan besutan sutradara Sidharta Tata akan segera tayang di bioskop seluruh Tanah Air pada 14 Februari 2024, setelah tampil terbatas di beberapa festival film internasional.

Terbaru, film ini menghadirkan momen unik lewat teaser yang diunggah pada Selasa,(2/12/24). Dalam cuplikan video berdurasi 1 menit 21 detik itu tampak karakter Ali Topan (Jefri Nichol) yang tidak sengaja bertemu Anna Karenina (Lutesha), hingga akhirnya berkenalan.

Baca juga: Diputar Perdana di JAFF 2023, Cek Sinopsis Film Ali Topan Besutan Sutradara Sidharta Tata

Mengambil latar kota Jakarta, Ali Topan juga digambarkan sebagai sosok anak muda yang memilih menghabiskan waktu di jalanan Blok M dan Warung Seni bersama kelimun gengnya yang dicap sebagai berandalan. Termasuk dengan Dudung (Reza Hilman), Bobby (Omara Esteghlal) dan Gevaert (Bebeto Leutualy). 

Meski terlihat rebel, Ali Topan juga digambarkan sebagai karakter yang dekat dengan dunia kesenian, musik, dan berjiwa aktivis. Sosok pemberontaknya juga diperlihatkan saat dirinya terlibat aksi perkelahian menegangkan di sebuah rumah dengan konflik yang tidak dibocorkan di teaser.
 
 


Sutradara Sidharta Tata mengatakan, di film terbarunya ini memang ingin menghadirkan sesuatu yang baru. Termasuk memberi pembeda cerita dengan film Ali Topan sebelumnya, lewat visual dan semangat anak muda kekinian beserta ragam persoalan yang dihadapi.

Kendati begitu, karakteristik Ali Topan yang menemukan ruang bermainnya di jalanan, di Blok M, masih dijaga. Sebab, cerita Ali Topan menurutnya adalah representasi yang khas dari anak tongkrongan yang berkumpul dengan orang-orang tanpa memandang kelas sosial apapun.

"Ali Topan adalah sosok karakter yang bisa berinteraksi dengan semua orang, sehingga film ini bisa jadi inspirasi bagi anak muda masa kini, terutama Gen Z,” kata Sidharta Tata.

Setali tiga uang, Jefri Nichol yang memerankan karakter Ali Topan juga banyak mendapat pelajaran dari karakter dalam novel karya penulis Teguh Esha itu. Dipercaya menghidupkan karakter Ali Topan,  aktor berusia 24 tahun itu justru jadi mendapat inspirasi dari karakter yang dimainkannya.
 
“Aku jadi bisa belajar dari karakter Ali Topan. Walaupun dia datang dari kalangan kelas atas ya, tapi dia memilih untuk lebih turun, merakyat. Terus, meskipun dia rebel tapi dia punya alasan, aku suka banget,” paparnya.

Film Ali Topan diangkat dari novel karya penulis Teguh Esha dengan judul yang sama dan dibintangi aktor dan aktris papan atas Indonesia. Termasuk Ari Sihasale, Lutesha, Onadio Leonardo, Reza Hilman, Omara Esteghlal, Bebeto Leutualy dan Axel Matthew.

Sesuai judulnya film produksi Visinema Pictures ini akan mengisahkan percintaan antara Ali Topan dan Anna Karenina yang tidak disetujui oleh orang tua si gadis karena dia dianggap berandalan, hingga mereka berdua pergi dari rumah dan memilih hidup di jalanan.

Tak hanya itu, kekecewaan yang tak terbendung juga mendorong Ali dan Anna untuk pergi berpetualang bersama menembus jalanan lintas kota pulau Jawa. Namun dalam perjalanannya, banyak pihak berusaha melacak dan memburu mereka, termasuk Boy (Alex Matthew) yang tidak suka dengan kebersamaan Ali dan Anna. 

Arkian, Ali Topan pun dituduh menjadi dalang dari kerusuhan di Warung Seni dan melakukan penculikan terhadap Anna. Padahal, tempat tersebut merupakan lokasi favoritnya untuk nongkrong, khususnya saat bertemu Opung Brotpang, seorang seniman yang disegani anak-anak muda.  Lantas, apakah Ali Topan akan terus bersama Anna Karenina?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Daftar 5 Negara Teraman untuk Traveler 2024, Mayoritas Ada di Eropa

BERIKUTNYA

Cek Teknologi EV Terbaru Xiaomi SU7, Padukan Ekosistem Kendaraan dan Tempat Tinggal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: