Ilustrasi seseorang yang mengalami sakit perut setelah mengonsumsi makanan expired. (Sumber gambar: Sora Shimazaki/Pexels)

5 Bahaya Mengonsumsi Makanan Expired bagi Kesehatan Tubuh

21 November 2023   |   16:39 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Hampir semua produk makanan memiliki masa berlaku tertentu yang perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan beberapa makanan bisa jadi mengandung senyawa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi pada saat kedaluwarsa atau sudah melebihi batas waktu yang dianjurkan. 
 
Makanan yang telah kedaluwarsa umumnya akan terkontaminasi dengan berbagai radikal bebas serta bakteri yang mengandung bibit penyakit. Lantas apa saja bahaya mengonsumsi makanan yang telah melewati masa expired

Baca juga: 7 Cara Mengenali Obat yang Sudah Kedaluwarsa Sesuai Jenisnya

Dokter Umum di Puskesmas Ladja, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, Anna Maria Wele atau yang akrab disapa Afril, mengatakan bahwa makanan yang telah lewat masa kedaluwarsanya sudah tidak baik untuk dikonsumsi. 

"Memang beberapa hari setelah melewati batas waktu, makanan terlihat masih biasa saja. Namun, nyatanya dalam beberapa produk telah terpapar berbagai bakteri yang berbahaya bagi tubuh,” kata Afril kepada Hypeabis.id, Selasa (21/11). 

Lebih lanjut, Afril menjelaskan beberapa ciri dari makanan expired. Ciri-cirinya antara lain rasa makanan yang berubah, menimbulkan bau tak sedap, adanya jamur pada makanan, mudah hancur, makanan jadi berlendir atau lengket, sampai adanya ulang atau belatung.

Adapun, berikut ini adalah beberapa bahaya mengonsumsi makanan expired bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk simak! 


1. Keracunan 

Mengonsumsi makanan kedaluwarsa berulang kali dapat menyebabkan keracunan. Hal ini dikarenakan reaksi kimia pada makanan expired dapat berubah menjadi racun.

Pada beberapa kasus, racun yang terdapat dalam makanan kedaluwarsa akan berdampak saat kalian terus mengonsumsinya. Biasanya, seseorang yang mengalami keracunan akan ditandai dengan muntah-muntah setelah mengonsumsi sebuah makanan. 


2. Iritasi pada lambung

Biasanya iritasi pada lambung cenderung terjadi pada anak usia dini yang mengonsumsi makanan kedaluwarsa secara terus menerus. Hal ini dikarenakan lambung yang terpapar oleh reaksi kimia dari berbagai macam pengawet. Jika tidak dihentikan,  hal itu akan menyebabkan diare berlebihan hingga lambung menjadi rusak. 


3. Diare

Makanan yang telah melampaui batas waktu akan menimbulkan bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, pada beberapa permasalahan, makanan expired juga menimbulkan pertumbuhan ulat atau belatung berukuran kecil dan tak kasat mata. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, tentu hal ini akan menyebabkan berbagai permasalahan pencernaaan termasuk diare. 
 

4. Sembelit

Makanan yang telah mengalami pembusukan dan dikonsumsi oleh manusia juga akan menyebabkan sembelit. Hal ini dikarenakan nutrisi dalam produk telah mengalami kerusakan akibat dari tumbuhnya bakteri jahat, perubahan rasa, bentuk, dan warna makanan. Makanan yang tidak cukup mengandung nutrisi dapat menyebabkan terhambatnya proses pencernaan manusia hingga menyebabkan sembelit.


5. Sakit perut

Jamur dan bakteri pada makanan yang sebenarnya sudah tidak layak untuk dikonsumsi dapat menimbulkan rasa sakit pada perut atau sistem pencernaan manusia.

Hal ini disebabkan oleh pembusukan pada enzim makanan oleh radikal bebas yang terdapat dalam makanan kedaluwarsa. Sehingga, makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri dan dikonsumsi oleh manusia secara terus menerus akan mengakibatkan sakit perut. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah  
 
 

SEBELUMNYA

Persiapan Syuting Ratu Sihir, Aktor Morgan Oey Malah Ogah Nonton Film Horor

BERIKUTNYA

Kata Asosiasi Promotor Musik Indonesia Soal Larangan Rokok dalam Kegiatan Kreatif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: