Ilustrasi menggunakan headset yang ditempatkan langsung pada bagian dalam telinga dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan bakteri pada bagian dalam telinga. (Sumber gambar: Onur Binay/Unsplash)

Awas, Ada 6 Risiko Mendengarkan Musik dengan Headset Terlalu Lama

21 November 2023   |   11:48 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Mendengarkan musik merupakan salah satu hal menyenangkan saat menikmati waktu luang. Selain itu, musik juga dapat menghadirkan ketenangan bagi sebagian orang. Biasanya, salah satu cara mendengarkan musik adalah dengan menggunakan headset atau earphone.

Selain untuk mendengarkan musik, headset juga digunakan saat ingin menelepon atau sedang bermain game. Namun, di balik kemudahannya dalam membantu aktivitas sehari-hari, nyatanya menggunakan alat pendengar musik secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai permasalahan.

Baca juga: Kenali 5 Risiko Kesehatan Mental yang Sering Terjadi pada Pekerja

Lantas apa saja dampak buruk dari penggunaan headset  secara berlebihan? Yulia Christina S. Parera, dokter umum di Puskesmas Lekebai, Kabupaten Sikka menjelaskan beberapa dampak buruk penggunaan headset terhadap kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Berikut beberapa risiko yang harus diwaspadai.
 

1. Gangguan Pendengaran

Tentu saat mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone dalam waktu yang lama dan menggunakan volume yang besar dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Yulia menjelaskan gangguan pada alat pendengaran manusia disebabkan oleh musik yang dikeluarkan menyebabkan kebisingan (NIHL). Selain itu, menggunakan headset tanpa batas waktu juga dapat menyebabkan pendengaran menjadi tuli permanen.
 

2. Tinnitus

Tinnitus merupakan gangguan pendengaran ketika telinga akan berdengung dalam waktu yang relatif lebih lama. Dalam beberapa kasus, menggunakan headset dengan volume besar dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang satu ini, meskipun tanpa adanya stimulus atau suara dari luar telinga.
 

3. Hiperakusis

Salah satu masalah kesehatan akibat menggunakan headset adalah tingginya risiko hiperakusis. Gangguan kesehatan telinga yang satu ini dapat menyebabkan seseorang tidak dapat mengontrol suara yang didengar. Hal ini, akan menyebabkan suara yang diterima telinga terasa lebih keras dan akan menyebabkan tingginya kepekaan sistem pendengaran terhadap suara dari luar. 


4. Pusing

Genhype, jika kalian sering merasakan pusing setelah mendengarkan musik dengan menggunakan headset dalam waktu lama, hal itu disebabkan oleh peningkatan tekanan yang disebabkan suara keras yang didengar. Jadi tidak heran pada beberapa kasus saat mendengarkan musik menggunakan headset juga dapat menyebabkan vertigo atau kondisi kepala menjadi sangat pusing dan keadaan sekitar seakan berputar-putar.


5. Penumpukan Kotoran Telinga

Menggunakan headset dalam kurun waktu lama juga dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan bakteri pada area dalam telinga. Hal ini disebabkan penggunaan headset yang langsung ditempatkan pada bagian dalam telinga.

Keadaan headset yang kurang bersih juga dapat menunjang pertumbuhan bakteri sehingga bisa menimbulkan infeksi pada alat pendengaran. Selain itu, menggunakan headset dengan ukuran yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan sakit pada telinga bagian dalam.


6. Efek pada Otak

Salah satu bahaya dari penggunaan headset secara berlebihan ialah adanya gangguan pada otak. Hal ini disebabkan oleh penerimaan gelombang elektromagnetik yang dihasilkan handphone secara berlebihan. Volume suara yang diterima secara berlebihan otomatis akan bergerak menuju otak, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf otak. 

Baca juga: Hati-Hati, Risiko Kesehatan Ini Mengintai Kamu yang Kebanyakan Duduk

Demikianlah enam imbas buruk menggunakan headset secara berlebihan. Lebih lanjut Yulia juga menegaskan agar menghindari penggunaan headset saat tertidur. Hal ini agar waktu istirahat lebih efektif dan tidak menimbulkan pusing saat terbangun. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simak Sejarah Hari Ikan Nasional, Diperingati Setiap 21 November

BERIKUTNYA

5 Tip Memilih Outfit Stylish dan Nyaman Untuk Menonton Konser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: