Ilustrasi sakit saraf kejepit. (Sumber gambar : Freeepik/Lifestylememory)

Hati-Hati, Risiko Kesehatan Ini Mengintai Kamu yang Kebanyakan Duduk

28 October 2023   |   10:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan ragam masalah kesehatan loh, Genhype. Akan tetapi, aktivitas ini tampaknya menjadi kebiasaan bagi para pekerja kantoran, sopir bus atau truk, streamer gim, maupun influencer yang kerap melakukan siaran langsung di media sosial.  

Kebiasaan duduk terlalu lama mungkin tidak begitu terlihat membahayakan. Duduk, sering dianggap sebagai posisi istirahat dan rileks sehingga tak banyak orang yang berpikir akan pentingnya posisi duduk yang benar. 

Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD & Pekanbaru dr. Syafrudin mengatakan duduk dalam jangka waktu yang lama dapat membuat  masalah pada postur tubuh. Perubahan postur tubuh mungkin tidak terjadi dalam waktu semalam, tapi akan baru dirasakan efeknya setelah beberapa tahun. 

“Ini dikarenakan ketika duduk terlalu lama, otot fleksor pinggul Anda memendek, yang dapat menyebabkan masalah pada sendi pinggul,” ujarnya dikutip Hypeabis.id. 

Baca juga: Mau Cegah Depresi? Jangan Terlalu Banyak Duduk!

Terlalu lama duduk, katanya, dapat menyebabkan premature degeneration yang disebabkan oleh kompresi pada cakram di tulang belakang akibat posisi duduk yang tidak baik dan benar. Selain mengubah postur tubuh, kondisi ini juga dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung dan cukup mengganggu dalam beraktivitas. 

Duduk terlalu lama dengan posisi yang buruk tidak hanya berpengaruh dalam postur tubuh. Syafrudin menyebut ada peningkatan risiko untuk mengalami nyeri pinggang yang bisa disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya yaitu Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau lebih sering dikenal sebagai saraf kejepit.

Saraf terjepit terjadi karena saat duduk, lebih banyak kompresi pada tulang belakang. Saraf kejepit tentu akan mengganggu seluruh pergerakan tubuh karena selain menyebabkan rasa sakit yang dahsyat seperti terbakar, kondisi ini juga dapat melemahkan otot-otot dan membuat beberapa bagian tubuh menjadi mati rasa atau terasa kesemutan.
 

Ilustrasi nyeri akibat kelamaan duduk (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi nyeri akibat kelamaan duduk (Sumber gambar: Freepik)

Nah, jika mulai merasakan nyeri pada area punggung atau panggul setelah duduk terlalu lama, Syafrudin menyarankan segera merilekskan punggung dan kompresi dengan benda dingin. Nyeri punggung biasanya bisa sembuh dalam hitungan hari hingga minggu dengan beristirahat dan melakukan pengobatan dari rumah.

Apabila nyeri yang dirasakan tak kunjung hilang atau rasa sakitnya justru bertambah parah dan mulai muncul gejala lain seperti kesemutan dan mati rasa, dia menyarankan sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke dokter. Nyeri yang tak kunjung hilang bisa menandakan adanya masalah serius seperti saraf kejepit.

Risiko lain dari duduk terlalu lama antara lain obesitas, gangguan pencernaan, otot melemah dan tegang, diabetes, serta stres dan gangguan kecemasan. 
 

Membenahi Kebiasaan Duduk 

Sementara itu, Syafrudin menyebut ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk membenahi kebiasaan duduk. Simak ulasannya berikut ini yuk, Genhype.


1. Atur pandangan

Arah pandangan pada saat duduk dapat mempengaruhi postur tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh akan mengikuti arah pandangan pada saat bekerja. Syafrudin menyebut jika terbiasa untuk bekerja dengan posisi menghadap miring, ini akan membuat postur tubuh juga ikut miring dan dapat merusak postur tubuh. 

Posisikan media kerja lurus berhadapan dengan tubuh. Atur jarak layar jika menggunakan komputer sebanyak 45-70 cm untuk mengurangi risiko untuk tubuh menjadi bungkuk. Pastikan posisi tubuh tegak 90 derajat pada saat duduk.
 

2. Pakai kursi ergonomis

Penggunaan kursi juga dapat menentukan postur tubuh. Syafrudin menyarankan untuk menghindari penggunaan kursi plastik tanpa sandaran atau kursi kayu saat bekerja karena desainnya yang tidak cocok untuk digunakan.

Sebaiknya gunakan kursi ergonomis yang memang dirancang untuk melakukan pekerjaan saat duduk. Selain didesain untuk menentukan postur tubuh tetap baik, kursi tersebut juga dilengkapi dengan penyandang punggung serta leher yang dapat meningkatkan kenyamanan. 
 

3. Jangan duduk terlalu lama

Hindari duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk lama terjadi ketika kamu sudah terlalu sering melakukan pekerjaan selama berjam-jam, padahal kebiasaan tersebut merupakan hal yang tidak baik untuk dianggap normal.

Cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan setiap 2 jam sekali. Kamu bisa menyelingkan waktu untuk berjalan beberapa menit atau melakukan stretching di kursi, saat otot terasa pegal selama duduk. 

Baca juga: Hati-hati! Banyak Duduk & Jarang Gerak Bisa Alami Gangguan Tidur

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Simak Kiat Hindari Jeratan Pinjol dengan Gaya Hidup Frugal Living

BERIKUTNYA

Beatlemania Merapat, Lagu AI Suara John Lennon Siap Dirilis The Beatles November 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: