Penggunaan earphone saat tidur kerap dilakukan oleh banyak orang saat ini (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Nina Hill/ diolah)

Hati-hati, Ini Bahaya Menggunakan Earphone saat Tidur

09 October 2023   |   11:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Aktivitas banyak orang saat ini tidak dapat lepas dari gawai pintar, mulai bangun sampai akan tidur kembali. Beberapa kerap mendengarkan musik atau menonton film sebelumnya, sehingga tidak jarang mereka menggunakan headphone atau earphone sambil terlelap. Padahal, hal itu tidak baik bagi kesehatan pendengaran.

Telinga merupakan salah satu bagian penting bagi individu. Perkembangan teknologi audio-visual dan komunikasi membuat banyak orang tidak dapat lepas dari earphone atau headphone untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Mereka menggunakan alat tersebut untuk menonton film, mendengar musik, atau berkomunikasi dengan orang lain. Dengan memakai earphone atau headphone, individu dapat menikmati musik, film, atau berkomunikasi tanpa terdengar oleh orang lain. 

Penggunaan alat itu menjadi seperti sebuah kebiasaan atau kewajiban dalam berbagai kesempatan. Beberapa di antaranya bahkan kerap menggunakan ketika tidur. Mereka berharap dapat tidur sambil mendengarkan musik atau tidak sengaja menggunakannya karena ketiduran.

Kondisi ini dapat memicu bahaya bagi kesehatan pendengaran seseorang. Salah satunya adalah daya dengar yang mengalami penurunan.

Baca juga: Awas, Ini Efek Buruk Terlalu Sering Memakai Earphone

Dikutip dari laman NCBI, laporan berjudul Headphone Listening Habits and Hearing Thresholds in Swedish Adolescents menunjukkan kondisi tersebut. Penelitian yang melibatkan 280 responden itu memiliki hasil bahwa peningkatan frekuensi mendengarkan dengan headphone dikaitkan dengan ambang pendengaran yang lebih buruk. 

Penelitian itu juga menunjukkan bahwa lebih banyak masalah pendengaran terhadap responden yang menggunakan headphone lebih lama. Responden wanita tercatat memiliki masalah pendengaran yang lebih subyektif jika dibandingkan dengan pria. Kelompok pria dalam penelitian itu tercatat menggunakan lebih banyak perangkat musik pribadi dan dengan volume yang lebih tinggi.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa remaja yang mendengarkan selama lebih dari 3 jam pada setiap kesempatan memiliki lebih besar kemungkinan menderita tinitus. Mereka umumnya bisa mendengarkan dengan headphone mencapai lebih dari 85 dB dengan intensitas setiap hari. 

Penggunaan Earphone saat Tidur

Sementara itu, para remaja juga memiliki lebih banyak masalah pendengaran subyektif karena sering mendengarkan dengan menggunakan earphone di sekolah dan saat tidur. 

Dikutip dari laman Halodoc, penggunaan earphone saat tidur juga dapat meningkatkan potensi cedera telinga. Orang biasanya tertidur dengan posisi yang berubah-ubah sehingga dapat menjadi pemicu alat tersebut tertarik atau bengkok, yang pada akhirnya bisa menyebabkan rasa nyeri, iritasi, atau cedera.

Selain itu, infeksi telinga juga mungkin terjadi lantaran kelembapan karena earphone membuat bakteri atau jamur tumbuh. Individu pun akan mengalami peningkatan risiko seperti radang telinga luar atau infeksi telinga tengah. Kondisi tersebut membuat telinga memiliki gejala seperti nyeri, bengkak, dan keluar cairan dari dalamnya.

Penyebab buruk lainnya adalah kualitas tidur yang mengalami penurunan. Alih-alih ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, penggunaan earphone justru membuat kualitas tidur menjadi tidak baik. Kondisi ini dapat terjadi karena suara terus-menerus yang berada di dalam kuping dapat mengganggu saat kalian sedang terlelap. 

Baca juga: Enggak Harus Sering Dikorek, Ternyata Begini Cara Merawat Kesehatan Telinga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Fakta Drakor A Good Day to Be a Dog yang Diperankan Cha Eun-woo & Park Gyu-young

BERIKUTNYA

5 Tempat Makan yang Tebar Promo 10.10 2023, Jangan Sampai Kelewatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: