Island hopping adalah salah satu cara wisata di Indonesia (Sumber gambar: Kemenparekraf)

4 Destinasi Wisata Island Hopping di Indonesia Paling Eksotis

21 November 2023   |   08:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu cara menikmati keindahan Indonesia adalah berwisata island hopping atau menjelajahi keindahan satu pulau ke pulau lainnya. Indonesia sebagai negara dengan sekitar 17.000 pulau memiliki spot atau titik menarik yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan saat 'loncat' antarpulau.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan banyak wisatawan yang datang ke Indonesia berminat dengan kegiatan wisata island hopping lantaran dapat menikmati berbagai atraksi masyarakat yang ada di pulau yang dikunjungi.

Baca juga: 3 Rekomendasi Pantai Buat Healing Asik di Pulau Bangka, Serasa Surga Dunia

Tidak hanya itu, mereka juga kerap menerapkan konsep live on board atau menginap di atas kapal ketika melakukan island hopping. Dengan begitu, para traveller dapat memperoleh pengalaman menginap di tengah laut lepas sambil menikmati bawah laut di sekitar pulau selain menikmati atraksi di atas darat.
 

Destinasi wisata island hopping di Indonesia (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Destinasi wisata island hopping di Indonesia (Sumber gambar: Kemenparekraf)



Nah, bagi Genhype yang ingin menikmati island hopping dengan konsep live on board, berikut titik-titik di Indonesia yang dapat dikunjungi dikutip dari Kemenparekraf.


1. Likupang

Likupang yang terletak di Sulawesi Utara merupakan salah satu dari banyak spot bagi Genhype untuk menjalani wisata island hopping di Indonesia dengan konsep live on board. Sebagai salah satu destinasi super prioritas (DSP), destinasi ini menawarkan keindahan pantai bawah laut yang luar biasa indah.

Pada saat ini, banyak wisatawan yang menjadikan Likupang sebagai spot island hopping karena kecantikan bawah lautnya yang jarang tersentuh. Selain itu, kalian juga dapat menikmati matahari terbenam. Di antara pulau-pulau yang ada di tempat itu, Pulau Lihaga adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype.


2. Labuan Bajo

Siapa tidak kenal Labuan Bajo yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT)? Rasanya hampir semua orang tahu dan bermimpi untuk pergi ke sana jika belum pernah atau ingin terus kembali saat pernah mengunjunginya.

Labuan Bajo adalah daerah lainnya yang bisa menjadi tujuan untuk menjalani wisata island hopping sambil menginap di atas kapal. Selain menikmati keindahan alam dari dalam kapal, Genhype juga bisa singgah ke pantai yang indah di Labuan Bajo.
 

Berenang dan snorkeling adalah salah satu kegiatan saat island hopping (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Berenang dan snorkeling adalah salah satu kegiatan saat island hopping (Sumber gambar: Kemenparekraf)


Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Pink (Pink Beach). Berbeda dengan pantai pada umumnya, di tempat ini pasir yang ada berwarna merah muda, sehingga memberikan keunikan dan sensasi yang berbeda.

Perpaduan pasir berwarna pink berpadu dengan pemandangan biru kehijauan air laut akan memanjakan mata. Tidak hanya itu, keindahan alam bawah laut di Labuan Bajo juga membuat aktivitas diving dan snorkeling menjadi keharusan. Selain dengan ikan pari manta, kalian juga dapat berinteraksi dengan hiu.


3. Bali-Lombok

Destinasi wisata lainnya untuk menjalani liburan island hopping sambil tinggal di atas kapal adalah Bali – Lombok. Kedua tujuan wisata ini menjadi salah satu dari banyak tempat di Indonesia yang tidak pernah luput dari para wisatawan dalam dan luar negeri.

Rute untuk wisata dari satu pulau ke pulau lain yang dapat dijalani oleh traveller adalah Pelabuhan Sanur – Nusa Lembongan di Pulau Nusa Penida – Gili Trawangan – Gili Meno – Gili Air. Perairan laut yang sangat jernih akan menjadi pemandangan yang memanjakan mata selama perjalanan.

Tidak hanya itu, diving, snorkeling, dan berkano adalah berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan ketika menjalani liburan island hopping.


4. Raja Ampat

Raja Ampat yang terletak di Kepulauan Papua Barat merupakan destinasi lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika hendak menjalani wisata island hopping sambil menginap di atas kapal. Di tempat ini, berbagai titik diving dan snorkeling kelas dunia tersedia.

Baca juga: Danau Toba, Destinasi Wisata Luar Pulau Jawa Yang Wajib Dicoba

Pulau Misol adalah salah satu dari banyak pulau yang dapat disinggahi. Saat berada di sekitar pulau, Genhype akan menemukan ratusan jenis ikan hias dan terumbu karang yang memesona dan jarang ditemui.

Genhype juga dapat berkunjung ke Kampung Warkesi untuk menyaksikan burung-burung atau bird watching endemik Papua secara langsung, yakni cendrawasih.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

6 Bahaya Merokok Setelah Makan, Salah Satunya Kanker Usus

BERIKUTNYA

Hari Televisi Internasional 21 November, Simak Sejarah dan Perkembangan Teknologinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: