Pantai Turun Aban (Source: Dokumentasi Pribadi)

3 Rekomendasi Pantai Buat Healing Asik di Pulau Bangka, Serasa Surga Dunia

08 November 2023   |   21:30 WIB

Selain Pulau Belitung yang terkenal akan keindahan pantainya lewat film Laskar Pelangi, Pulau Bangka juga memiliki banyak pantai yang enggak kalah keren loh. Pasir putih, laut berwarna hijau dan biru. Sungguh calming abis. Bu ibu yang hobi mantai dan mau nyari suasana baru, cuss deh ketiga rekomendasi pantai di Bangka ini.


Beda Bangka dan Belitung 

Selama ini, mungkin kebanyakan orang memiliki persepsi jika Bangka dan Belitung itu satu pulau. Padahal kenyataannya, enggak, loh. Walaupun menjadi satu provinsi, Bangka dan Belitung adalah dua pulau yang terpisah. Kedua pulau itu bisa ditempuh lewat jalur udara maupun laut.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Belitung, Pulau di Lepas Pantai Timur Sumatra yang Memesona

Sama dengan Pulau Belitung, Pulau Bangka memiliki banyak sekali pantai yang sangat indah dan layak dijadikan destinasi wisata bagi para pecinta pantai. Funfact lagi, pantai-pantai indah di Pulau Bangka ini letaknya berjejer dan berdekatan satu sama lain.


Pantai Tong Aci

Tong Aci Beach (Source: Dokumentasi Pribadi)

Tong Aci Beach (Source: Dokumentasi Pribadi)

Rekomendasi pantai di Pulau Bangka yang pertama adalah Pantai Tong Aci. Letaknya sekitar 39 kilometer dari Kota Pangkal Pinang dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar kurang lebih satu jam, menggunakan kendaraan bermotor. Bisa juga pakai sepeda bagi yang hobi sepedaan jarak jauh karena medan perjalanannya juga enggak susah, kok.

Begitu masuk, banyak spot yang instagramable bagi para pengunjung yang hobi berfoto ria. Selain itu, di pantai ini juga ada penangkaran penyu, loh. Pengunjung bisa melihat dari jarak dekat penyu-penyu unyu baik yang masih kecil maupun besar.

Ada juga berbagai fasilitas lain yang bisa dinikmati seperti wahana flying fox, watersport, ATV, dan juga restoran. Oh iya, biaya masuk ke pantai ini adalah sekitar Rp10.000,- . Nggak mahal. ‘kan?


Pantai Batu Bedaun

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: https://direktoripariwisata.id/)

Pantai kedua ini letaknya agak lebih jauh dari Pantai Tong Aci jika start pergi dari Pangkal Pinang, yaitu sejauh 40 kilometer. Enggak perlu takut kesasar karena jalannya lurus aja sambil ngikutin papan penunjuk arah yang udah sangat jelas.

Sama seperti pantai lainnya, Batu Bedaun juga memiliki pasir putih, laut berwarna biru kehijau-hijauan yang menentramkan hati. Yang menarik di pantai ini adalah adanya batu besar yang berada agak jauh dari pinggir pantai dengan pohon yang tumbuh di sekitarnya.  

Bagi para pencari spot foto yang menarik, tentu saja keberadaan batu ini sangat bisa jadi tempat berfoto. Walaupun jaraknya agak jauh dari bibir pantai, namun pengunjung bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki di atas pasir pantai yang dangkal. Namun, tentu saja. Tetap perhatikan keselamatan, ya.

Selain keberadaan batu besar, hal menarik yang ada di pantai ini adalah ramai dengan restoran dengan beragam menu. Ibu bapak bisa santai menikmati menu di pinggir pantai sambil melihat anak-anak bermain.
Di pantai ini juga disediakan penginapan dengan desain kayu yang unik dan menarik. Terdapat juga kolam renang, dan beragam wahana air seperti banana boat, jetsky, dan donut boat. Gimana, seru, ‘kan?


Pantai Turun Aban

Turun Aban (Source: Dokumentasi Pribadi)

Turun Aban (Source: Dokumentasi Pribadi)


Rekomendasi pantai di Pulau Bangka yang ketiga dan terakhir ini adalah Pantai Turun Aban. Di antara ketiga pantai yang sudah disebutkan, Turun Aban memiliki jarak yang paling jauh dari Pangkal Pinang, yaitu sekitar 43 kilometer. Harga tiket masuknya juga nggak mahal, yaitu sekitar Rp5.000,-.

Bisa dibilang, pantai ini cukup ramah bagi pengunjung yang ingin berenang karena tidak memiliki arus yang deras dan ombak yang tinggi. Kenapa? Menurut info dari laman Pantainesia, karena pantai ini diapit oleh batuan granit raksasa. Walaupun begitu jangan lengah dan tetap kudu waspada saat berenang, ya.

Di pantai ini juga terdapat banyak sekali batu-batu besar yang cocok dijadikan spot foto yang tentu saja instagramable. Dan tentu saja, seperti pantai-pantai di Pulau Bangka lainnya, daya tarik terbesar dari pantai ini adalah keindahan lautnya.

Pantai yang bersih memang pemandangan alami yang sungguh bisa menyejukkan mata. Pulau Bangka memang terkenal akan pantai-pantainya yang bersih dan asri sehingga dijamin nggak akan nyesel nyoba healing ke rekomendasi pantai di Pulau Bangka ini. Yuk, cuss langsung gass!

Editor: Dika Irawan

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan hasil karya artikel yang bersangkutan sebagai penulis independen. Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.
SEBELUMNYA

Daftar 8 Film Hollywood yang Tayang 2024, Ada Deadpool 3 & Kung Fu Panda 4

BERIKUTNYA

Ragam Atraksi & Daya Tarik Wisata Nirvana Valley di Puncak Bogor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: