Ilustrasi Pantai Klayar (Sumber gambar: Unsplash/Irham Setyaki)

5 Rekomendasi Wisata Alam di Pacitan Jawa Timur, Ada Goa Gong & Sungai Maron

24 August 2023   |   14:49 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pacitan merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Kabupaten yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur ini memang sudah terkenal akan panorama alamnya yang terekam dalam Babad Pacitan.

Populer dikenal sebagai kota seribu gua, Pacitan juga memiliki sederet destinasi pantai yang menawan. Tak heran jika saat liburan daerah ini selalu dipenuhi pelancong yang pelesiran menikmati alam dan kulinernya yang khas.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Pemandangan Pantai Soge Pacitan Kece Badai

Nah, tanpa berpanjang kata, yuk cek lima wisata unik di Pacitan yang bisa menjadi ide liburan kalian di akhir pekan. Mulai dari pantai berpasir putih gua berusia ribuan tahun, simak semuanya dalam ulasan berikut.
 

1. Pantai Klayar

 

Bagi penikmat keindahan pasir putih dan debur ombak, pantai klayar tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Provinsi Jawa Timur ini memang tak pernah sepi pengunjung saat liburan tiba.

Keunikan dari pantai ini adalah adanya batu karang di sekitar pantai dengan bentuk yang unik. Bahkan pengunjung yang datang ke tempat ini juga akan disuguhi bunyi serupa seruling imbas deburan ombak yang masuk ke celah batu karang.

Ombak yang kemudian pecah menjadi air mancur serta menimbulkan bunyi itu juga kerap memberi nuansa unik bagi pengunjung. Sedangkan, di deretan tebing karang di sisi timur juga terdapat tebing-tebing karang yang menyerupai karakter sphinx di Mesir.
 

2. Gua Gong

 

Tak hanya pantai, Pacitan juga memiliki destinasi wisata gua yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Gua Gong yang dikenal sebagai salah satu gua tercantik se-Asia tenggara dengan penerangan lampunya yang berwarna-warni.

Gua sepanjang 300 meter ini juga memiliki ribuan stalaktit dan stalagmit yang sudah terbentuk sejak ratusan tahun lamanya. Tak hanya itu, di dalam gua ini kalian juga dapat menemukan lima sendang yang dianggap sakral oleh penduduk setempat.

Dinamakan Gua Gong karena menurut cerita yang beredar, dari dalam gua ini sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai suara gong. Adapun objek wisata ini terletak di Desa Bomo, kecamatan Punung, Pacitan, atau sekitar 30 km dari Kota Pacitan.


3. Pantai Watukarung

 

Pantai yang terletak di Kecamatan Bandarjo ini merupakan salah satu pantai yang populer di Pacitan meski letaknya cukup tersembunyi. Sebab pantai ini memang menawarkan keindahan panorama alam yang khas, dengan pasir putih dan warna lautnya yang biru kehijauan.

Oleh karena itu saat menuju lokasi yang cukup tersembunyi, rasa lelah tersebut dipastikan bakal terbayar dengan pemandangannya yang eksotis. Bebatuan karang di sepanjang pantai, nyiur pohon kelapa, dan spot-spot lainnya akan membuat pengunjung melepas kepenatan.

Keberadaan sebuah karang unik yang jika dilihat dari arah tertentu sehingga menampilkan siluet wajah seorang perempuan juga menjadi incaran para pengunjung. Warga sekitar pun kerap menyebut fenomena itu sebagai raut dari Putri Samudera.


4. Gua Tabuhan

Wisata unik lain yang patut dijelajahi saat berkunjung ke Pacitan adalah Gua Tabuhan. Sesuai namanya objek wisata ini terletak di Dusun Tabuhan, Desa wareng, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. 

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh goa ini yaitu terdapat batu unik yang akan menimbulkan bunyi seperti gamelan saat dipukul. Konon tempat ini merupakan bekas petilasan dari Pangeran Diponegoro untuk bertapa. 

Fasilitas yang dimiliki oleh Goa Tabuhan ini juga terbilang cukup lengkap. Para pengunjung nantinya dapat menikmati  berbagai fasilitas seperti gazebo parkir kendaraan, kamar mandi, warung makan, penginapan, hingga toko cinderamata khas Pacitan.


5. Sungai Maron

 

Mau merasakan sensasi liburan seperti menyusuri Sungai Amazon? Sungai Maron adalah jawabannya. Terletak di Desa Darsono, kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, di tempat ini kalian bakal disuguhi pemandangan yang unik.

Di sini kalian bisa menyusuri riak sungai dengan perahu yang bisa disewa dari penduduk setempat. Sembari duduk di atas perahu kalian juga bisa menikmati rindangnya pepohonan yang membuat suasananya terasa asri dan membuat liburan jadi berkesan.

Baca juga: Fakta Unik tentang Gunung Bawah Laut di Perairan Pacitan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Ini Jadwal & Link Streaming Semifinal AFF U-23 Hari Ini

BERIKUTNYA

IdeaFest 2023 Siap Hadirkan 200 Sosok Inspiratif di Industri Kreatif, Cek Harga & Cara Beli Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: