Ilustrasi beberapa orang sedang emnjalin kerja sama dan membangun bisnis. (Sumber gambar: Tim Douglas/Pexels)

5 Manfaat Kolaborasi dalam Berbisnis Buat Entrepreneur Muda

21 November 2023   |   10:15 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Genhype, dalam membangun sebuah bisnis tentu kalian akan membutuhkan mitra atau partner bisnis. Memiliki jalinan kerja sama dengan berbagai pihak tentu akan meningkatkan potensi bisnis sehingga menghasilkan pendapatan yang berlimpah.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin membuka sebuah bisnis wajib mengetahui manfaat dan cara memilih kemitraan yang dapat menghasilkan keuntungan. Lantas apa saja manfaat dan bagaimana cara memiliki partner bisnis yang baik?.

Baca juga: Kenali 4 Kesalahan yang Menghambat Perkembangan Bisnis

Maria Silvana Mariabel Carcia atau Ivana, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, menjelaskan beberapa tip dalam memilih mitra bisnis dan manfaatnya bagi kelangsungan usaha yang dijalani.

“Tentu saja partner bisnis itu sangat penting. Dengan adanya kerja sama dengan orang lain akan menghadirkan berbagai inovasi serta meningkatkan pendapatan,” jelas Ivana dalam wawancara Senin, (20/11/2023).

Berikut beberapa manfaat yang dapat Genhype peroleh saat menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan pelaku usaha lainnya.


1. Meningkatkan Pengetahuan

Salah satu keuntungan menjalin kerja sama ialah kalian memiliki potensi untuk belajar dan mendapatkan ilmu berbisnis dari berbagai arah. Dengan membangun kemitraan, kalian tentu akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk belajar terkait berbagai strategi bisnis yang diterapkan dalam usaha yang dibangun oleh rekan bisnis tersebut.

Tidak hanya itu,  dalam membangun kerja sama juga kalian dapat bertukar skill yang dimiliki. Misalnya ketika kalian memiliki strategi bisnis yang baik, namun terkendala dalam bidang teknologi, dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi sehingga memudahkan pekerjaan kalian.


2. Memiliki Tambahan Modal

Membangun kerja sama dengan pengusaha lain memungkinkan kalian dalam mendapatkan tambahan modal. Hal ini dikarenakan saat membangun kerja sama, rekan bisnis akan memberikan sejumlah benefit ke dalam bisnis, termasuk modal tambahan. Selain itu, kalian juga berpotensi mendapatkan investor lainnya melalui jalinan kerja sama yang dilakukan bersama mitra.
 

3. Meminimalisir Pengeluaran

Dalam menjalin kerja sama dengan pengusaha lain juga memiliki keuntungan dalam meminimalisir pengeluaran. Hal ini dikarenakan beban pengeluaran dapat dibagi bersama mitra. Selain itu, menjalin kerja sama dengan pebisnis lainnya dapat membantu bisnis kalian tumbuh lebih cepat tanpa menggunakan modal yang besar.


4. Memiliki Peluang Bisnis Lain

Kemitraan yang dibangun juga dapat menghadirkan berbagai keuntungan lainnya. Salah satu kemudahan yang dihadirkan adalah menjadikan kalian sebagai pebisnis yang lebih produktif dan fleksibel dalam menggaet investor lainnya. Selain itu, kalian juga dapat memanfaatkan kemitraan sebagai salah satu jalan keluar dalam permasalahan pemasaran, sehingga mampu menghadirkan rebranding yang terbaru.


5. Dukungan Emosional

Selain membicarakan persoalan pekerjaan, kalian juga dapat menjalin komunikasi yang baik bersama mitra. Hal ini  berfungsi agar saat terjadi permasalahan kalian dapat memiliki partner kerja yang dapat memahami permasalahan dan mencari jalan keluar bersama. Tidak hanya itu, dalam menjalankan bisnis tentu akan menimbulkan stres, dengan keberadaan mitra atau partner kerja yang selalu ada, dapat mengurangi beban pekerjaan tersebut.
 
Baca juga: Mengintip Rahasia di Balik Bisnis Kuliner Legendaris yang Masih Eksis di Jakarta

Lebih lanjut Ivana juga menjelaskan beberapa tip dalam memilih mitra bisnis yang baik, di antaranya  memiliki kesamaan dalam tujuan serta visi dan misinya. Selain itu, kerja sama yang dibangung harus berdasarkan kebutuhan perusahaan, memiliki sikap terbuka, serta memiliki kemampuan kerjasama yang baik.
 
 
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Lolos Knockout, 3 Tim Free Fire Indonesia Berebut Tiket Final FFWS 2023

BERIKUTNYA

Krafton Kembangkan InZOI, Game Simulasi Kehidupan Calon Pesaing The Sims

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: