Ilustrasi grafik bisnis. (Sumber foto: Pexels/fauxels)

Kenali 4 Kesalahan yang Menghambat Perkembangan Bisnis

10 November 2023   |   15:23 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Bisnis adalah suatu entitas yang senantiasa berusaha untuk tumbuh dan berkembang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa bisnis mengalami kesulitan mencapai titik yang lebih tinggi. Bisnis adalah cerminan dari keputusan yang dibuat berdasarkan hal yang kita ketahui. Jadi, agar bisnis berkembang, kita juga perlu berkembang.

Permasalahan dalam sebuah bisnis adanya berbagai gangguan seperti bisnis yang dijalankan tidak berkembang dengan baik. Hal ini tentu akan berisiko pada penurunan omzet, hingga bisnis mengalami gulung tikar.

Baca juga: Cek 4 Rekomendasi Bisnis Minim Modal Bagi Mahasiswa, Bisa Diandalkan Buat Biaya Kuliah

Perkembangan bisnis yang kurang baik pun dapat terjadi karena beberapa faktor. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Nipa Indonesia Maumere, Dimas Realino, menjelaskan ada beberapa faktor yang menghambat bisnis untuk berkembang.

“Perkembangan bisnis yang kurang baik itu terjadi karena beberapa faktor misalnya kurangnya inovasi serta tidak melakukan riset. Hal inilah yang kemudian menjadi permasalahan yang bisa saja membuat bisnis kalian menjadi bangkrut,” ujarnya kepada Hypeabis.id.

Dia juga menuturkan bahwa proses pengambilan keputusan yang tidak didasari dengan informasi yang sesuai juga menjadi penghambat bisnis untuk berkembang. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:


1. Tidak melakukan riset

Salah satu penyebab yang menjadi faktor utama yakni tidak melakukan riset terhadap pasar. Dengan melakukan pengamatan terhadap minat konsumen, dapat membantu kalian menghadirkan berbagai produk yang dapat menjawab permasalahan masyarakat. Tentu dengan begini barang atau jasa yang kalian siapkan dapat digunakan oleh masyarakat dan bisnis dapat berkembang dengan semestinya.

Dimas menekankan, bagi pebisnis perlu melakukan melakukan riset pasar, lakukan uji coba produk untuk mendapatkan tanggapan atau umpan balik dari konsumen, sehingga kalian dapat mengenali  kelebihan dan kekurangan produk yang berguna untuk perbaikan kedepan.
 

2. Tidak melakukan inovasi

Secara teori produk memiliki siklus hidup mulai dari tahap perkenalan sampai dengan decline. Perusahaan dituntut untuk melakukan inovasi baik terhadap variasi produk maupun pelayanan. Kegagalan dalam  pengembangan bisnis,  disebabkan ketika owner merasa bahwa produk sudah di posisi aman sehingga lupa untuk melakukan inovasi yang membuat pasar jenuh atau mencari pilihan yang lain.

Hal yang dapat kalian lakukan dalam mengatasi permasalahan ini ialah berinovasi. Pembaharuan yang dihadirkan dalam produk selain menggaet minat pembeli, juga dapat menjadi  alternatif dalam persaingan dengan pebisnis lainnya. Dalam inovasi ini, Dimas menjelaskan dapat dilakukan dengan menambahkan variasi produk dan pelayanan yang lebih unik.
 

3. Pemasaran yang kurang optimal

Penyebab berikutnya ialah pemasaran yang dilakukan kurang optimal. Hal ini dapat kita lihat pada permasalahan yang dialami oleh para pelaku usaha saat ini. Pada beberapa kasus, para pebisnis belum mengembangkan pemasaran melalui platform digital. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat dalam skala besar, tidak dapat mengenal produk yang dihasilkan. Tentu saja permasalahan ini akan berisiko pada perkembangan bisnis yang tidak stabil hingga mengalami penurunan pendapatan.
 

4. Tidak membangun kerjasama

Dalam dunia bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan bentuk kerjasama yang dijalani. Interaksi yang baik bersama pebisnis lainnya dapat meningkatkan brand awareness yang terdapat dalam bisnis yang kalian jalani. Oleh karena itu, kurangnya kerja sama yang dilakukan dapat menyebabkan bisnis yang dijalankan tidak dapat berkembang dengan baik.
 
Demikianlah beberapa permasalahan dan jalan keluar dalam menangani permasalahan dalam mengembangkan bisnis. Lebih lanjut dimas juga menjelaskan beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam meningkatkan perkembangan bisnis, diantaranya mengurus segala perizinan terkait usaha misalnya pengurusan merek, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan PIRT atau bukti legal bagi sebuah perusahaan.  

Selain itu, kalian juga perlu melakukan pencatatan keuangan yang baik. Hal ini agar kalian dapat melihat kesehatan keuangan usaha. Tidak hanya itu, dengan melakukan pencatatan keuangan yang baik, dapat membantu mengamati perkembangan bisnis.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 Siap Digelar, Cek Link Streaming & Jadwal Pertandingannya

BERIKUTNYA

Film The Marvels, Angkat Cerita 3 Superhero yang Menyatukan Kekuatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: