Ilustrasi berkomunikasi dan menentukan strategi dalam bisnis bersama mitra atau partner kerja. (Sumber gambar: RF Studio/Pexels)

4 Skill Dasar yang Harus Diasah Seorang Entrepreneur

20 November 2023   |   15:40 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Saat ini, banyak anak muda yang terjun membuka berbagai jenis usaha dengan mengandalkan kreativitasnya sendiri. Mereka menggeluti berbagai jenis bisnis yang memiliki banyak peminat seperti kuliner, fesyen, penyedia jasa, peternakan, pertanian, hingga bidang industri.

Tingginya minat generasi muda itu tidak lepas dari meningkatnya edukasi tentang entrepreneurship, baik  secara formal maupun informal, didukung dengan ekosistem digital yang membuka peluang dan akses pasar tanpa batas.

Namun, dalam membangun sebuah bisnis yang sukses tentu saja wajib memiliki berbagai skill yang membantu dalam perkembangan bisnis tersebut.

Baca juga: Cek 4 Rekomendasi Bisnis Minim Modal Bagi Mahasiswa, Bisa Diandalkan Buat Biaya Kuliah

Maria Silvana Mariabel Carcia alias Ivana, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Nipa Indonesia Maumere mengatakan bahwa menjadi seorang entrepreneur tentu saja harus memiliki banyak kemampuan.

“Setidaknya ada empat kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang pebisnis pada era digital ini yakni, berpikir kreatif, kemampuan mengelola waktu, memiliki strategi bisnis, dan kemampuan komunikasi yang baik,” jelasnya dalam wawancara Senin (20/11/2023).

Lantas bagaimana mengaplikasikan kemampuan yang diperlukan bagi seorang pebisnis tersebut? yuk simak penjelasannya.


1. Berpikir Kreatif

Dalam meningkatkan bisnis tentu kalian wajib memiliki pemikiran kreatif. Berpikir secara kreatif dapat membantu kalian melihat suatu peluang dari arah berbeda sehingga dapat menghadirkan inovasi dalam produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, pemikiran kreatif juga membantu kalian mengembangkan bisnis sehingga dapar memasuki pasar yang lebih luas dan meraup keuntungan yang terus membesar.


2. Kemampuan Mengatur Waktu

Pepatah mengatakan bahwa 'waktu adalah uang'. Tentu hal ini dapat menjadi pedoman kalian dalam berbisnis bahwa waktu menjadi modal penting yang harus dikelola secara efektif dan efisien.

Memiliki pengolahan waktu yang baik dapat memberikan berbagai manfaat dalam bisnis, di antaranya membentuk diri sendiri dan juga karyawan menjadi disiplin, dan bisnis yang dijalankan lebih terstruktur.

Selain itu, dengan mengatur waktu secara baik, kalian juga akan memiliki sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan sehingga setiap pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat dan terukur.


3. Memiliki Strategi Bisnis

Strategi bisnis merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan oleh seorang pebisnis. Memiliki trik usaha yang baik tentu akan menghadirkan berbagai manfaat dalam meningkatkan bisnis.

Seseorang yang memiliki skema bisnis yang jelas dan terstruktur berpotensi dapat mengidentifikasi berbagai peluang bisnis, memecahkan setiap tantangan dan membuat jalan keluar yang efektif saat terjadi permasalahan.  

Tidak hanya itu, strategi bisnis juga digunakan sebagai taktik dalam menghadapi persaingan dengan berbagai perusahaan lainnya, sehingga kalian dapat menggarap pasar lebih optimal daripada kompetitor.


4. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Komunikasi merupakan salah satu skill yang perlu diperhatikan oleh semua orang, termasuk pebisnis. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dapat menghadirkan berbagai dampak positif, di antaranya mampu menggaet mitra dalam bekerja sama.

Tidak sampai di situ, penerapan komunikasi yang baik dapat diterapkan dalam menjalin hubungan dan umpan balik dari konsumen. Hal ini bermanfaat dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi para pelanggan.
 
Baca juga: Kenali 4 Kesalahan yang Menghambat Perkembangan Bisnis

Demikian beberapa kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang entrepreneur. Lebih lanjut Ivana juga menjelaskan bahwa dengan memiliki empat kemampuan dasar tersebut kalian dapat mencapai tujuan bisnis secara efektif, yakni meraup pendapatan yang berlimpah.
 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Drama Korea Tentang Musik, dari Twinkling Watermelon Sampai You're Beautiful

BERIKUTNYA

Berkunjung ke Resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Menikmati Ragam Seafood di Balikpapan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: