Ragam makanan laut di resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Berkunjung ke Resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Menikmati Ragam Seafood di Balikpapan

20 November 2023   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Balikpapan tersohor sebagai salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur karena menjadi pusat bisnis dan industri. Di samping kotanya yang maju, wilayah ini menyimpan ragam kuliner khas yang menggoda selera. Begitu sampai di Balikpapan, akan banyak kita jumpai restoran seafood atau makanan laut yang menarik untuk disambangi.
 
Ya, makanan laut seolah lekat dengan Kota Balikpapan. Hal tersebut tak terlepas dari letak geografisnya yang berada di pesisir timur Kalimantan, berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Balikpapan memiliki teluk yang dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial sekaligus pelabuhan minyak. Hal inilah yang membuat Balikpapan dijuluki sebagai Kota Minyak.
Di antara sederet rumah makan seafood yang populer di kalangan wisatawan, satu tempat yang menarik untuk kalian kunjungi ialah resto Cahaya Laut TPI Klandasan. Lokasinya berada persis di pesisir Pantai Klandasan Balikpapan. Tepatnya, di belakang area Pasar Klandasan, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
 
Warung makan sederhana ini menjadi buruan baik masyarakat lokal maupun wisatawan, lantaran menawarkan ragam menu masakan bahari dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, lokasinya yang berada di pesisir pantai juga menjadi daya tarik sendiri bagi pelanggan untuk menyantap makanan sambil menikmati sepoi-sepoi angin laut.
 
Saking terkenalnya, resto Cahaya Laut TPI Klandasan kerap diulas oleh para influencer dan vlogger di media sosial sebagai salah satu rekomendasi tempat makan jika bertandang ke Balikpapan. Bahkan, beberapa media dan televisi nasional juga telah meliput tempat makan satu itu.
 

Ragam makanan laut di resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Suasana di resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Belum lama ini, Hypeabis.id berkesempatan untuk mencicipi langsung makanan sekaligus menikmati suasana di resto Cahaya Laut TPI Klandasan. Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat resto satu ini mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.
 
Saat memasuki restonya, kalian akan disambut dengan pemandangan alat panggang yang besar dengan deretan makanan laut yang sedang dimasak. Berbagai jenis ikan, udang, cumi, hingga daging ayam dengan berbagai ukuran tampak menggoda selera, dan membuat perut langsung keroncongan.
 
Ragam makanan seafood itu dijamin segar lantaran langsung didapatkan dari TPI atau tempat pelelangan ikan di sekitaran Pasar Klandasan. Untuk menikmati makanannya, kalian bisa memesan lauk yang diinginkan terlebih dahulu.

Ada berbagai jenis makanan laut yang bisa kalian pilih, seperti ikan nila, layang, tongkol, trakulu, kakap, bawal, pallu mara, baronang, kerapu, kepiting, cumi, hingga udang. Selain itu, ada pula ayam, pete, dan terong bakar.
 

Ragam makanan laut di resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Ragam makanan pendamping di resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Semua lauk akan diolah dengan cara dibakar. Sementara beberapa menu seperti udang, cumi, kerang, dan kepiting, ada juga yang dimasak menggunakan beragam saus yakni saus padang, lada hitam, dan tiram.
 
Adapun untuk nasi, lalapan, sayur matang, beragam sambal, dan minuman disediakan secara gratis. Kalian hanya perlu membayar sesuai dengan lauk yang dipesan.

Harga lauk yang dijajakan juga relatif murah hanya berkisar dari harga Rp10.000 hingga Rp80.000. Harga tersebut tentu tak akan dijumpai di banyak resto seafood yang biasanya mematok harga yang cukup mahal.
 
Siang itu, Hypeabis.id memesan setengah bagian ikan kerapu bakar. Sembari menunggu matang, kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu nasi, lalapan, dan sambal. Ada beragam sambal yang disajikan di resto satu ini. Sambal rawit, sambal tomat, sambal mangga, sambal dabu-dabu, hingga sambal belimbing wuluh yang asam tapi segar.
 
Dari segi rasa, ikan kerapu bakar tampak dimasak dengan tidak terlalu banyak bumbu olesan seperti kecap dan campuran bumbu kuning. Sepertinya hanya dibakar menggunakan campuran kecap dengan margarin, sehingga dagingnya tidak begitu berbumbu. Namun, lantaran ikannya segar, hal itu tidak menjadi persoalan. Justru dijumpai daging ikan kerapu yang lembut dan nikmat.
 
Daging ikan itu makin nikmat setelah disantap dengan campuran kecap dan sambal dabu-dabu yang pedas dan menggugah selera. Untuk cita rasa yang lebih bervariatif, kalian juga bisa mencicipi sambal mangga yang asam namun memberikan rasa segar saat menyantapnya. 
 

Ragam makanan laut di resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Menu ikan kerapu bakar di resto Cahaya Laut TPI Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Selain ikan kerapu bakar, Hypeabis.id juga mencicipi menu lain bernama mix seafood. Seperti namanya, menu satu ini terdiri dari beragam makanan laut seperti udang, cumi, kepiting, dan kerang yang dimasak dengan saus padang gurih. Hanya dengan harga Rp85.000, kalian sudah bisa mencicipi beragam makanan laut yang segar dan nikmat.
 
Meski siang itu terik, menyantap makanan di resto Cahaya Laut TPI Klandasan tetap terasa nyaman lantaran bisa memandangi laut dan menikmati angin sepoi pantai. Namun, untuk berkunjung ke tempat makan tersebut dengan lebih khidmat, hindari jam-jam tertentu seperti makan siang atau saat akhir pekan karena bisanya akan padat pengunjung.
 
Jadi, gimana Genhype? Kalian tertarik untuk mencicipinya juga kan?

Baca juga: 8 Spot Wisata Ramah Kantong di Kota Minyak Balikpapan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Skill Dasar yang Harus Diasah Seorang Entrepreneur

BERIKUTNYA

Kenalan dengan Miss Universe 2023 Sheynnis Palacios, Gaunnya Terinspirasi dari Bendera Nikaragua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: