Dok. Berkah Saluyu

Mantan Petani Ini Sukses Berbisnis Karpet Bulu Hingga Mancanegara

11 November 2021   |   11:48 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Kalian suka mendekorasi rumah? Salah satu barang yang dapat mempercantik desain rumah adalah karpet bulu. Nah, saat ini karpet bulu rasfur termasuk produk yang sedang naik daun.
Selain dapat mendukung tampilan interior rumah menjadi lebih indah, bulunya yang lembut dan empuk juga membuat rumah terasa lebih nyaman.

Salah satu brand karpet bulu rasfur yang meraih berkah dari tren ini ialah Berkah Saluyu yang dikembangkan oleh Atep Taryadi. Brand tersebut menawarkan karpet bulu rasfur dengan berbagai jenis ukuran dan ketebalan serta warna-warni yang menarik.

Adapun untuk range harga produknya dimulai dari Rp24.500 untuk bantal bulu rasfur hingga Rp200ribu untuk karpet bulu rasfur ukuran panjang 200 cm dengan lebar 150 cm dan ketebalan 4,5 cm.

Atep sendiri mulanya seorang petani sayur yang memang bermimpi menjadi pebisnis dan memiliki produk sendiri.  Pada 2017, dia beralih profesi dari petani menjadi reseller yang menjual berbagai macam produk mulai dari baju, mainan anak, hingga karpet.

“Waktu itu saya modal nekat saja. Ternyata dari berbagai produk yang dijual, karpet yang paling diminati konsumen maka saya fokus jual produk itu. Hingga kemudian saya memberanikan diri untuk memproduksi sendiri karpet bulu rasfur,” ujar pria yang tinggal di Kampung Sindangsari, Bandung Barat ini.

Saat awal memulai banyak pihak yang meragukan usaha dan karpet yang dia produksi, bahkan dirinya perhah sampai ditipu. Namun kondisi tersebut tak lantas membuatnya pantang menyerah justru hal tersebut yang menjadi pemantik semangatnya untuk membuktikan bahwa bisnis Berkah Saluyu yang dia rintis akan terus berkembang.

Apalagi dalam memproduksi karpet bulu rasfur ini, dia benar-benar menjamin bahwa kualitas produk yang digunakan ialah bahan dengan kualitas A bahkan dia memberi garansi dan jaminan tak heran bila produknya makin disukai konsumen.

“Saat memulai bisnis ini banyak tantangan yang saya hadapi tapi saya ingin membuktikan bahwa meskipun saya berasal dari desa kecil dengan segala keterbatasan tetapi produk saya bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan hingga ke luar negeri. Saya percaya asal ada keinginan, semangat, dan niat yang kuat, pasti akan ada jalan,” ujarnya.

Betul saja, dengan semangat pantang menyerah tersebut bisnis Berkah Saluyu makin berkembang, permintaannya pun terus meningkat.

Saat ini, Berkah Saluyu mampu memproduksi sekitar 700 hingga 1000 karpet per hari dengan rata-rata penjualan mencapai 600 hingga 600 karpet dalam sehari. Bahkan pada saat kampanye akhir tahun, dia bisa menerima pesanan hingga 1.500 produk karpet sehari.

Penjualannya pun kini tak hanya sebatas di dalam negeri saja, melalui program Ekspor Shopee yang diikutinya pada 2019 lalu, kini produk-produk Berkah Saluyu telah tersebar dan dapat dibeli oleh konsumen yang berada di Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga Brasil.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mau Terlihat Tinggi? Gunakan 3 Model Celana Ini

BERIKUTNYA

Gitaris Ini Tawarkan Gitar Handmade Kualitas Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: