Pegolf asal India, Gaganjeet Bhullar, keluar sebagai juara Indonesian Masters 2023. (Sumber gambar: Asian Tour)

Pegolf asal India Gaganjeet Bhullar Jadi Juara Indonesian Masters 2023

19 November 2023   |   21:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Turnamen golf profesional berskala internasional BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi rampung digelar pada hari ini, Minggu (19/11/2023) di Royale Jakarta Golf Club. Pegolf asal India, Gaganjeet Bhullar, keluar sebagai juara Indonesian Masters 2023. 
 
Setelah 6 kali berpartisipasi dalam Indonesian Masters, Bhullar akhirnya berhasil meraih gelar juara di laganya yang ke-7 dengan kemenangan wire-to-wire atau memimpin leaderboard dalam 4 putaran. 
 
Berlangsung di Royale Jakarta Golf Club, Bhullar yang memulai putaran ketiga dengan keunggulan 8 pukulan telah memiliki peluang untuk memenangi pertandingan Indonesian Masters untuk pertama kalinya.
 
Hingga hole ke-6 pada putaran keempat, Bhullar sudah mengoleksi 2 birdie sehingga total skor sementara 22-di bawah-par. Sayangnya, di hole 9 dan 15, dia harus puas dengan bogey. Namun, Bhullar berhasil kembali mengunci kemenangan kesebelasnya di Asian Tour dengan melakukan eagle di hole penutup. 

Baca juga: Cerita Persiapan Atlet Golf Naraajie Emerald Hadapi Turnamen Indonesian Masters 2023
 

Bhullar mengatakan sejak awal pertandingan, dirinya telah berusaha memberikan penampilan yang baik dari hari pertama hingga keempat. Namun, diakui olehnya, meski sudah enam kali bertanding di Indonesian Masters, dia tetap menghadapi sejumlah tantangan.
 
"Percayalah itu tidak mudah, saya mengalami sleepless nights minggu ini. Tetapi pada akhirnya saya sangat bangga dengan diri saya sendiri karena memiliki keunggulan seven shot dan menang dengan selisih enam pukulan. Saya juga berterima kasih kepada tim saya, psikolog pribadi, pelatih, dan caddy saya," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (19/11).
 
Kemenangan Bhullar di Indonesian Masters ini menandai gelar ke-11 yang diperolehnya dalam pertandingan Asian Tour. Bhullar menjadi pegolf internasional pertama yang berhasil menjadi juara dalam 3 turnamen berbeda di Indonesia yakni Indonesia President Invitational tahun 2009, Indonesia Open (2013, 2016, dan 2022), serta BNI Indonesian Masters 2023. 

Pegolf Indonesia 
 
Sementara itu, pada putaran akhir ketiga Indonesian Masters 2023, Jonathan Wijono, sebagai salah satu pegolf Indonesia berhasil menutup dengan hasil yang baik.

Mengukir skor 67 atau 4-di bawah-par tanpa membuat satu bogey pun, pegolf berusia 22 tahun ini berhasil mengukir prestasi terbaik di turnamen profesional terbesar di Indonesia tersebut. Atas hasil itu, Jowi, demikian Jonathan akrab disapa, menyelesaikan 71 hole dengan skor total 275 (9-di bawah-par). 
 
“Hari terakhir ini saya paling enjoy dan menikmati pertandingan, pastinya tetap perfect dan solid juga dalam bermain. Jadi bisa commit ke shots dan bisa score bogey free,” kata Jowi, yang menyandang status pro sejak 2021.  
 
Dalam turnamen kali ini, Jowi mengaku lebih fokus kepada shot-nya. "Belajar dari kemarin ada beberapa pukulan yang kurang sehingga ada miss-nya,” tambah pegolf terbaik Indonesia musim ini tersebut.
 
Keberhasilan ini merupakan pencapaian tertinggi Jowi dalam 4 kali keikutsertaannya di Indonesian Masters yakni pada 2017 dan 2019 sebagai amatir, 2022, serta 2023. Hasil ini pun menjadi prestasi pertama yang diraih oleh Jowi sebagai profesional di Indonesian Masters.
 
"Saya enggak expect dengan hasil hari ini. Saya hanya coba fokus pada pukulan saya setiap harinya. Namun, memang sebelum main saya lebih percaya diri bisa main bagus di turnamen kali ini,” ujar Jowi. 
 

CEO of PT Tunas Niaga Energi Jubilant Harmidy mengaku gembira atas keberhasilan dua pegolf nasional yang bisa lolos cut dalam turnamen yang diikuti oleh banyak pegolf elite internasional tersebut. Menurutnya, kehadiran para pegolf internasional telah mendorong para atlet golf Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya di lapangan secara maksimal.
 
"Saya cukup senang dengan lolosnya dua pegolf nasional yang saat ini merupakan yang terbaik di musim ini. Ke depannya, saya harapkan kami dapat terus berpartisipasi dalam mendukung perkembangan olahraga golf maupun para pegolf Indonesia ke depannya," katanya.
 
Sebagai informasi, Indonesian Masters, yang tahun ini digelar untuk kesebelas kalinya, merupakan bagian dari International Series yang akan menyajikan pekan menghibur dari kompetisi golf kelas dunia. Sejak dimulai pada 2022, International Series telah menjadi salah satu acara unggulan Asian Tour yang bekerja sama dengan LIV Golf Investment.
 
Dengan variasi hadiah antara US$1,5 juta hingga US$2 juta, International Series telah menjadi marquee event di Asian Tour, diikuti oleh para pegolf terbaik dan elite dari Asia serta dunia. Tahun ini, Indonesian Masters diikuti oleh 144 pegolf dengan format stroke play individu yang dimainkan sebanyak 72 hole. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Loy Krathong Digelar 27 November, Ini 3 Tempat yang Cocok Nikmati Lautan Cahaya di Thailand

BERIKUTNYA

Eksklusif Profil David Karto: Bahaya Kalau Orang Indonesia Tidak Mengerti Musiknya Sendiri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: