Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Festival Cahaya di Thailand. (Sumber gambar: Airbnb)

Loy Krathong Digelar 27 November, Ini 3 Tempat yang Cocok Nikmati Lautan Cahaya di Thailand

20 November 2023   |   05:50 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Thailand siap menggelar Loy Krathong pada akhir bulan ini. Dikenal juga sebagai Festival Cahaya, salah satu perayaan nasional terbesar untuk menghormati Dewi Air, Phrae Mae Khongkha ini akan membuat sejumlah kota terang benderang dan berwarna. 

Jutaan warga Thailand akan mengapungkan (loy) rakit kecil (krathong) yang biasanya terbuat dari batang pisang dan dihiasi dengan bunga serta lilin. Krathong membawa harapan, keinginan, dan rasa syukur setiap orang serta merepresentasikan tindakan untuk melepaskan yang lalu dan menyambut yang baru.

Loy Krathong dirayakan secara nasional di Thailand setiap tahunnya saat malam bulan purnama pada bulan kedua belas kalender lunar Thailand. Pada tahun ini, festival ini akan berlangsung pada 27 November dan menjadi salah satu acara tradisi yang diburu wisatawan. 

Baca juga: 7 Lokasi Wisata Alam Thailand, Bisa Santai sampai Menantang

Airbnb mencatat pencarian penginapan oleh wisatawan mancanegara di Thailand meningkat sebesar 17% jelang perayaan Loy Krathong. Lonjakan khususnya terjadi di Kota Bangkok, Chiang Mai, Pattaya, Phuket, Koh Samui, Hua Hin, Koh Pha Ngan, dan Krabi

Mereka juga melihat lonjakan sekitar 88% pencarian oleh wisatawan Tiongkok untuk perjalanan ke Thailand pada November-Desember. Nah, buat kamu yang ingin menyaksikan Festival Cahaya ini, berikut beberapa kota yang tepat untuk dikunjungi.
 

1. Chiang Mai

Terkenal dengan pegunungan dan hutannya yang rimbun, Chiang Mai terletak di bagian utara Thailand dan merupakan pusat budaya tradisional Lanna. Perayaan Loy Krathong ditandai dengan upacara besar dan kuil-kuil yang diterangi lampu, diadakan bersamaan dengan festival Yee Peng. 

Saat itu, warga Thailand melepaskan ribuan lentera kertas (khom loi) ke langit malam dan menjadikannya pemandangan yang sangat menakjubkan. Sungai Ping yang mengalir melalui jantung provinsi Chiang Mai merupakan tempat populer di kalangan penduduk setempat dan bagi para pengunjung untuk mengapungkan krathong

Selain itu, ada juga Gerbang Tha Phae yang terletak di sisi timur tembok kota tua. Parit di sekitarnya merupakan tempat favorit dan populer di kalangan penduduk setempat untuk berkumpul, sementara Monumen Tiga Raja di depan balai kota tua memiliki suasana yang ramai dan menarik banyak orang untuk ikut serta dalam kegiatan.

Sebelum beranjak dari Chiang Mai, pastikan kamu mencoba berbagai pilihan makanan lokal yang lezat. Beberapa yang wajib dicoba adalah sai oua (sosis khas Thailand utara), nam ngiao (mie asam dan pedas dengan sup tomat), dan khao soi yang populer (kari kelapa kental dengan mie renyah).

Baca juga: Tom Yum, Makanan Khas Thailand yang Paling Banyak Dicoba Warga Indonesia
1
2


SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Parfum Lokal Murah, Wanginya Segar dan Elegan

BERIKUTNYA

Pegolf asal India Gaganjeet Bhullar Jadi Juara Indonesian Masters 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: