Tom yum, makanan khas Thailand yang digemari. (Sumber gambar: Pexels/FOX)

Tom Yum, Makanan Khas Thailand yang Paling Banyak Dicoba Warga Indonesia

05 January 2023   |   21:16 WIB

Tom Yum, pizza, croissant, dan nasi lemak merupakan makanan yang paling banyak dicoba oleh orang Indonesia sebelum melancong ke Negara-negara tersebut. Berdasarkan survei Cookpad, Negara tujuan wisata utama orang Indonesia Thailand (13 persen), Italia (12 persen), Prancis (11%) dan Malaysia (9%).

Saat ini, mengunjungi tempat wisata, baik di dalam ataupun di luar negeri, kurang lengkap jika tidak menjelajah kuliner setempat. Selain nanti mengeksplorasi dari asalnya langsung, ternyata banyak orang Indonesia yang mencoba memasak sendiri makanan khas Negara tujuan di rumah sebelum berwisata.

Cookpad melakukan survei kebiasaan calon wisatawan. Dan tahukah Anda ketika merencanakan liburan, orang Indonesia memilih memasak kuliner asal tujuan liburan internasional sebelum mereka mengunjunginya.

Hasil survei Cookpad menunjukkan 59 persen orang Indonesia telah memasak resep internasional dari destinasi yang ingin mereka kunjungi. Adapun 77 persen orang Indonesia akan memasak resep internasional untuk tujuan liburan impian mereka jika bahannya tersedia.

 

Tom Yum (sumber gambar Hot Thai Kitchen)

Tom Yum (sumber gambar Hot Thai Kitchen)


“Fakta menarik adalah ternyata orang Indonesia lebih tertarik mengunjungi negara-negara Asia sebagai tujuan liburan. Kami menemukan bahwa masakan Thailand adalah resep yang paling banyak diminta untuk dicoba, seperti sup tom yum," kata Soegianto, CEO Cookpad Indonesia di Jakarta dalam siaran persnya.

Di Indonesia, tom yum (makanan khas Thailand), pizza (Italia), croissant (Prancis), dan nasi lemak (Malaysia) bukanlah makanan yang sulit dicari. Banyak restoran di Indonesia yang menyediakan menu-menu tersebut, atau kita dapat membuatnya sendiri.

Survei dilakukan pada 638 responden Indonesia melalui seluruh saluran media sosial Cookpad pada Desember 2022. Jelajah kuliner jadi langkah awal memahami suatu budaya. Memahami suatu budaya bisa dilakukan dengan memasak.
Menurut dia, cara tersebut memungkinkan seseorang mendapatkan pengalaman berbudaya lebih dalam.

“Lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan, apa yang kita makan dan dengan siapa kita makan dapat menginspirasi dan memperkuat ikatan antar individu, komunitas, bahkan negara,” kata Soegianto.

Terkait dengan temuan hasil survei tersebut, Cookpad merilis  fitur baru gratis yang menghubungkan pengguna global dan menawarkan inspirasi memasak dengan resep autentik harian dari komunitas internasional Cookpad.

Baca juga: Resep Kai Yang, Ayam Panggang khas Thailand untuk Sajian Spesial

Resep diterjemahkan secara otomatis ke Bahasa Indonesia dan resep yang sedang tren pun ditampilkan setiap hari. Anda dapat menemukan resep internasional di lebih dari 40 negara. Guna mengakses ini, pengguna dapat mengunduh aplikasi cookpad dan atau berselancar melalui link ini https://cookpad.com/id/trending_recipes/.

"Bahkan jika Anda belum memiliki rencana liburan, Anda masih bisa terbang jauh dari dapur bersama Cookpad," lanjutnya.

Cookpad saat ini memiliki pengguna lebih dari 10 juta pengguna di seluruh Indonesia. Cookpad menyediakan beragam resep untuk menu masakan sehari-hari.  Sebanyak 2,5 juta resep masakan dapat ditemukan melalui aplikasi Cookpad yang tersedia di Playstore dan Appstore ataupun website www.cookpad.com/id.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Peluang Kemitraan D'Mie Sambal Bakar, Investasi Mulai Rp3 jutaan

BERIKUTNYA

Istri Seniman Wiji Thukul, Sipon Meninggal Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: