Ilustrasi kitchen set. (Sumber gambar: Roam in color/Unsplash)

Mau Bikin Kitchen Set di Rumah? Yuk Ketahui Dulu 3 Manfaatnya

19 November 2023   |   19:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dapur merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah hunian. Selain digunakan untuk keperluan memasak dan menyimpan bahan-bahan makanan, dapur kerap menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga. Saking penting keberadaannya, dapur bahkan disebut sebagai jantung dari sebuah hunian.

Lantaran banyaknya kegiatan sehari-hari yang dilakukan di dapur, tak ayal jika banyak perabotan dan beragam bahan makanan yang tersimpan. Kondisi ini rentan membuat dapur menjadi tampak berantakan, dan justru mengganggu pemandangan dalam rumah jika tidak diatur dan ditata dengan baik. 

Baca juga: Inspirasi Desain Kitchen Set Mewah Elegan, Gampang Ditiru

Untuk mengantisipasi hal itu, umumnya orang akan memilih menggunakan kitchen set. Mengutip workshopfurniture, kitchen set adalah istilah untuk perangkat penyimpanan perkakas dapur yang berfungsi mendukung kegiatan memasak secara menyeluruh. Kitchen set umumnya terdiri dari kabinet dapur dan perlengkapan memasak seperti kompor dan kitchen hood.

Berbeda dengan rak dapur, kitchen set memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan alat-alat masak dan bahan makanan yang lebih tertutup sehingga tampilannya tampak rapi.

Selain itu, kitchen set juga dipilih lantaran hadir dengan berbagai ukuran dan bentuk, bahkan bisa dikustomisasi mengikuti layout dapur. Penampilan dapur tentunya akan terasa lebih sempurna ketika menggunakan kitchen set yang selaras dengan kesan yang diinginkan.
 

Ilustrasi kitchen set. (Sumber gambar: R Architecture/Unsplash)

Ilustrasi kitchen set. (Sumber gambar: R Architecture/Unsplash)

Kitchen set memegang peranan fungsional sekaligus estetis dalam desain ruangan dapur. Kitchen set yang tepat tidak hanya akan meningkatkan keindahan ruangan, tapi juga membuat desain berfungsi dengan baik dalam mendukung kegiatan sehari-hari di dapur.

Desain kitchen set memang memberi dampak bagi keseluruhan pengaturan dapur. Namun, kalian tidak akan bisa membuat desain yang baik tanpa memahami manfaat atau tujuan pengaturan ruangan dapur. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah 3 manfaat kitchen set yang perlu kalian ketahui. 
 

1. Mengorganisasi dapur

Manfaat utama kehadiran kitchen set adalah untuk mengorganisasi dan merapikan dapur. Beberapa ruang laci dan kabinet yang menjadi bagian kitchen set dapat memaksimalkan ruang penyimpanan berbagai perabotan dan bahan-bahan makanan. Lantaran tampilannya yang tertutup dan menonjolkan desain tertentu, kitchen set secara otomatis bisa membuat dapur menjadi lebih rapi.

Jika kalian memiliki kabinet yang tergolong lebar dan tinggi, maksimalkan penyimpanan dengan menempatkan rak gantung kecil. Hal ini sangat berguna untuk menciptakan ruang ekstra yang tertata cantik dan efisien, di saat desain kitchen set dapur tidak mempunyai penyimpanan yang cukup.

Sementara pada bagian pintu kitchen set, kalian juga bisa memanfaatkannya sebagai organizer ekstra. Dengan menambahkan rak pasang di bagian pintu, kalian bisa punya ruang ekstra untuk menyimpan bumbu dapur, botol-botol tinggi, perangkat dapur lain yang tahan suhu ruangan.

Trik ini bisa kalian aplikasikan pada kabinet bawah di kitchen set dapur, untuk menyimpan produk pembersih seperti lap dan spons agar bisa dijangkau dengan mudah saat diperlukan.
 

Ilustrasi kitchen set. (Sumber gambar: Sidekix Media/Unsplash)

Ilustrasi kitchen set. (Sumber gambar: Sidekix Media/Unsplash)


2. Buat dapur jadi multifungsi

Kitchen set punya konsep multifungsi. Dalam artian, kalian bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan dapur. Kitchen set minimalis pun biasanya sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti memasak, mencuci piring, bahkan makan di satu tempat yang sama.

Bahkan, pada beberapa kitchen set, ada juga spot untuk menempatkan mesin cuci. Oleh karena itu, pastikan saat kalian membuat desain kitchen set, bisa memenuhi semua hal yang kalian butuhkan. 
 

3. Mempercantik dapur

Kitchen set adalah set perlengkapan dapur yang fleksibel dan mudah dikustomisasi. Kalian dapat memesan kitchen set sesuai dengan selera, mengikuti desain keseluruhan ruangan hunian sehingga tampilannya menjadi harmonis. Kustomisasi itu biasanya meliputi warna, motif, bentuk, dan material yang digunakan dalam kitchen set.

Oleh karena itu, perangkat ini juga bisa berfungsi untuk mempercantik dapur. Hunian dengan kitchen set biasanya akan  jauh dari kemungkinan dapur yang berantakan dan mengganggu pemandangan, selama diatur dan rutin dibersihkan setelah dipakai. Dengan begitu, kalian tentunya akan nyaman untuk lama-lama beraktivitas di dapur.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

D Gallerie Luncurkan Biografi Seniman Nunung WS di Art Jakarta 2023

BERIKUTNYA

Begini Saran Pengamat soal Wacana Regulasi 'Menertibkan' Promotor Musik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: