Ilustrasi merawat warna rambut (Sumber gambar: Element5 Digital/Unsplash)

Cara Merawat Warna Rambut Di Rumah agar Tetap Sehat

06 November 2023   |   18:31 WIB

Dalam dunia kecantikan yang terus berkembang, bereksperimen dengan warna rambut telah menjadi tren menarik dalam mengekspresikan kepribadian dan gaya. Namun, proses mewarnai rambut bisa berdampak negatif membuat helai rambut mudah rapuh dan rusak.

Sebab, ketika rambut diwarnai, bahan kimia akan meresap ke dalam rambut. Tetapi Genhype tidak perlu khawatir, ada beberapa tip untuk membantu Kalian merawat rambut yang diwarnai di rumah tanpa mengeluarkan banyak uang agar rambut tetap sehat.

Berikut sejumlah tip perawatan rambut yang dilakukan di rumah, dikutip dari Stylecraze

1. Menunggu Tiga Hari Sebelum Mencuci Rambut yang Baru Diwarnai
Hindari mencuci rambut setidaknya selama 72 jam setelah pengaplikasian pewarna rambut, karena jika tidak, warnanya akan mudah luntur. Saat melakukan proses kimiawi kala pewarnaan rambut, membuat kutikula rambut terbuka dan menjadi rentan terhadap kerusakan. Pewarna rambut kimia mengubah struktur rambut, dan menyebabkan rambut lebih rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

 

Ilustrasi rambut sehat (Sumber foto: Freepik)

Ilustrasi rambut sehat (Sumber foto: Freepik)


2. Menggunakan Sampo Melindungi Rambut Bewarna
Pilihan sampo yang digunakan memiliki peran penting dalam menjaga warna rambut kalian agar tidak kehilangan kecerahannya. Saat mencuci rambut, gunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai. Hal ini akan melindungi rambut serta menyeimbangkan PH alaminya.

Sampo yang aman terhadap warna membantu mempertahankan warna rambut dan mencegahnya tidak cepat memudar. Selain itu, sampo juga mengandung bahan-bahan yang menghidrasi dan menutrisi yang memulihkan dan memperbaiki rambut. Penting juga menghindari sampo yang mengandung bahan keras seperti sulfat dan alkohol, karena bahan-bahan tersebut dapat merusak warna dan kesehatan rambut.

3. Jangan Terlalu Sering Keramas
Sering mencuci rambut yang diwarnai akan menyebabkan pewarna luntur dan memudar. Proses sering mencuci rambut juga menghilangkan minyak alami pada rambut, yang membuatnya menjadi kering, kusam dan kehilangan vitalitas. Untuk mencegahnya, disarankan untuk mengurangi keramas. Dengan melakukan hal tersebut, dapat mempertahankan warna rambut yang tetap cerah dan berkilau.

4. Gunakan Kondisioner Setelah Keramas
Setiap kali mencuci rambut yang telah diwarnai, kalian wajib menggunakan kondisioner. Pastikan kondisioner juga aman untuk warna. Kondisioner membentuk lapisan pelindung pada setiap helai rambut. Hal ini membantu mengunci kutikula, menjaga kelembapan, rambut kian berkilau, bervolume, serta makin sehat. Dengan demikian, rambut akan terasa lembut, sehat, dan berkilau.

Baca juga: Tips Memiliki Rambut Indah Dengan Perawatan yang Mudah

5. Hindari Suhu Tinggi
Sebaiknya pilih air dingin atau hangat daripada air panas saat mandi, karena air panas bisa merusak dan memudarkan warna rambut yang diwarnai. Hal ini juga berlaku untuk alat penata rambut yang menggunakan panas seperti catokan pengeriting atau pelorus rambut dan pengering rambut.

Paparan panas dapat membuka kutikula dan merusak lapisan pelindung luar rambut sehingga pewarna akan mudah luntur. Disarankan untuk menggunakan serum atau semprotan pelindung panas setiap kali kalian harus menata rambut.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

BTOB Tak Perbarui Kontrak dengan Cube Entertainment Setelah 11 Tahun Bersama

BERIKUTNYA

Mengenal Silent Treatment dan Langkah Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: