Ilustrasi wiper mobil (dok: Unsplash/Thibault Valjevac)

5 Hal yang Perlu Dicek agar Wiper Bekerja Baik saat Hujan

10 December 2021   |   10:47 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Musim hujan harus dihadapi pengemudi dengan sejumlah persiapan matang. Salah satunya adalah persiapan wiper blade, karena komponen ini cukup vital di musim hujan. Kondisi wiper yang buruk tak hanya membuat perjalanan tak nyaman, tetapi juga membahayakan keselamatan mengemudi.

Edwin Dwi Novianto selaku Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Barat membagikan tips merawat dan periksa wiper blade Toyota secara mudah. Setidaknya ada lima hal yang perlu dicek pada komponen penyapu kaca tersebut. Yuk simak sampai habis!


1. Kelenturan wiper blade


Sesuai namanya, karet wiper harus memiliki sifat lentur agar kerjanya maksimal dalam menyapu kaca mobil. Jika tidak lentur maka jangan harap kaca dapat tersapu bersih dari derasnya guyuran hujan maupun cipratan kotoran.

Kelenturan karet wiper diperlukan untuk mengikuti kontur cembung kaca mobil. Tak perlu kompromi, segera ganti karet wiper jika saat kalian cek sudah mulai hilang kelenturannya. 


2. Usia pemakaian


"Karet wiper mempunyai masa pakai tertentu. Hal tersebut dapat diketahui saat ia bekerja menyapu kaca depan atau belakang namun hasilnya tidak bersih atau masih menyisakan sisa air," ungkap Edwin.

Selain wiper blade dapat diperiksa secara rutin dengan melihatnya langsung atau visual, jika kondisi sudah sobek atau karet sudah keras maka diperlukan penggantian.


(Baca juga: Jangan Isi Tabung Air Wiper Sembarangan, Ini Akibatnya)

 

3. Karet yang getas


Karet wiper yang sudah getas atau kaku wajib diganti. Apalagi jika usia karet wiper tersebut sudah melebih dua tahun dan mobil sering parkir di bawah terik matahari. 

"Selain fungsi penghapusan kaca menjadi kurang baik dan dapat mengganggu pandangan pengemudi, juga wiper blade yang getas juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kaca berupa scratch (goresan)," tutur Edwin.


4. Wiper fluid khusus


Kerja wiper akan maksimal dengan dibantu semprotan wiper fluid. Namun jika cairan tersebut bukan merupakan yang dianjurkan oleh pabrikan Toyota maka besar kemungkinan tak dapat membantu pembersihan secara sempurna.

Karena yang dibutuhkan adalah cairan yang memiliki kemampuan merontokkan di permukaan kaca, tentu jika diisi air keran hal itu tak dapat dihasilkan.


5. Kondisi kaca


Periksa pula kondisi kaca depan mobil kalian. Jika banyak goresan dan semacamnya maka bisa jadi wiper blade sudah perlu diganti. Pastikan juga saat wiper bekerja tak menimbulkan suara apapun.

Itulah lima hal yang perlu dicek pada karet wiper di musim hujan. Semuanya bisa kalian lakukan sendiri secara mudah dan praktis. Namun, jika dalam pemeriksaan ada hal yang tak semestinya atau tanda kerusakan, segera bawa mobil kalian ke bengkel  terdekat.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Intip 5 Hal yang Paling Populer di Twitter Sepanjang 2021

BERIKUTNYA

Mau Touring? Pahami Dulu 10 Kode Tangan Berikut Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: