Ilustrasi. (Photo by RODNAE Production on Pexels)

Seberapa Sering Kita Harus Keramas?

12 February 2022   |   17:53 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Banyak orang mencuci rambut sebagai bagian dari rutinitas kebersihan harian mereka. Namun, seberapa sering seseorang perlu keramas bisa berbeda-beda. Sebagian orang mungkin perlu keramas setiap hari, sementara yang lain mungkin bisa menunggu 2-3 hari atau berminggu-minggu.

Ketika rambut berminyak, kotor atau ada banyak residu produk penata rambut ini adalah tanda kamu harus segera keramas. Namun, seiring bertambahnya usia, kulit kepala menghasilkan lebih sedikit minyak sehingga mereka mungkin tidak perlu keramas sesering mungkin.

Erin Courtney, seorang penata dan spesialis rambut di Los Angeles, mengatakan mencuci rambut penting untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

Keramas mengurangi penumpukan residu produk penata rambut hingga risiko dermatitis yang dapat berdampak negatif pada kulit kepala dan jika tidak dicuci secara teratur dapat menyebabkan masalah seperti rambut kering, kusut hingga rontok.

(Baca juga: 5 Cara Ampuh Atasi Rambut Kusut dan Kering)

Tidak perlu stres karena keramas, berikut adalah panduan para ahli untuk rutinitas mencuci rambut terbaik untuk jenis rambut kalian:
  • Rambut berminyak: Kamu mungkin perlu keramas setiap hari untuk mencegah penumpukan minyak dan kotoran, kecuali jika kamu memiliki rambut yang sangat panjang atau sangat kasar atau keriting.
  • Rambut kering atau rusak: Meskipun kondisinya tergantung pada tingkat kerusakan dan kekeringan, para ahli biasanya merekomendasikan keramas setiap lima hingga tujuh hari, karena kamu mungkin perlu membiarkan beberapa minyak alami rambut dan kulit kepala masuk ke dalam campuran sampai itu waktu. Jika rambut kering dan rusak, bisa jadi kamu terlalu sering keramas. Pastikan untuk tidak menggunakan sampo secara berlebihan, karena dapat menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan rambut agar sehat dan membuatnya menjadi kering dan rusak.
  • Rambut bergelombang atau keriting: Kamu disarankan keramas setiap empat hingga lima hari, tergantung pada ketebalan rambut. Jika jaraknya dirasa terlalu lama, kalian bisa keramas setiap 2-3 hari dan lihat bagaimana reaksi rambut serta kulit kepala.
  • Rambut keriting: Jika kalian punya rambut keriting, disarankan untuk keramas seminggu sekali untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Jangan lupa ikuti dengan kondisioner, karena ini sama pentingnya dengan sampo.
  • Rambut halus atau tipis: Rambut halus perlu keramas setiap hari untuk memberikan kelembapan yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Keramas juga membantu menghilangkan penumpukan dan minyak yang dapat memberatkan rambut halus atau tipis.
  • Rambut tebal: Tekstur yang lebih tebal cenderung menahan kelembapan, jadi keramas seminggu sekali sudah cukup.

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Smoothie Caisim-Banana, Lezat dan Mudah Dibuat

BERIKUTNYA

Sambut Hari Valentine, Olivia Burton Rilis Koleksi Arloji Terbaru Meant to Bee

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: