Ilustrasi (Photo by Tore F on Unsplash)

5 Tips agar Tetap Sehat selama Musim Hujan

20 June 2021   |   08:40 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Saat cuaca dingin pada musim hujan menjadi waktu yang pas untuk menikmati hangatnya secangkir kopi atau teh dan semangkuk sup panas sambil menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Meskipun cuaca dingin menyenangkan bagi sebagian orang, kita juga tidak dapat memungkiri bahwa flu dan penyakit lain sering terjadi pada musim ini.

Perubahan cuaca yang tidak menentu kadang membuat kita jadi lebih rentan terkena penyakit apalagi saat ini kondisi penularan virus Covid-19 mengalami peningkatan. 

Penting bagi kita untuk sama-sama menjaga kesehatan kala intensitas hujan menjadi lebih sering seperti sekarang.

Untuk itu, penerapan kebiasaan sehat dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan menjadi kunci utama.

Berikut beberapa tips yang dapat GenHype lakukan selama musim hujan yang masih berlangsung hingga saat ini.

1. Selalu bawa atau pakai perlengkapan hujan (payung atau jas hujan)
Memiliki payung dan perlengkapan hujan lainnya dapat melindungi kita dari basah kuyup oleh hujan. Mengenakan sepatu bot juga disarankan selama musim hujan untuk melindungi diri Anda dari kemungkinan virus dan kuman yang dapat ditemukan di daerah banjir dan genangan.

2. Lindungi rumah dari nyamuk
Periksa rumah dari air yang tergenang. GenHype bisa memulainya dengan memeriksa tempat-tempat yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk seperti selokan, pot tanaman, dan area lainnya. Demam Berdarah dan Malaria biasa terjadi pada musim hujan jadi jangan lupa untuk menggunakan obat nyamuk jika perlu.

 3. Minum vitamin ekstra
Perbanyak vitamin C, makan makanan bergizi, dan minum banyak air. Ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita terhadap kemungkinan flu dan virus yang disebabkan oleh musim hujan.

4. Terapkan cara hidup bersih
Bakteri lebih aktif selama musim ini karena lingkungan yang lembab, oleh karena itu penting untuk mencuci tangan sebelum makan, menyentuh wajah, dan menggendong anak. Kiat tambahan: Siapkan pembersih atau alkohol di tas.

5. Bangun kekebalan tubuh yang kuat
Musim hujan seringkali menjadi waktu yang tepat bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak. Bersamaan dengan peningkatan kelembaban, demam, reaksi alergi, dan infeksi virus lainnya sering terjadi. Agar tetap sehat, kita perlu meningkatkan kekebalan tubuh untuk menjaga diri dari penyakit potensial. Pastikan untuk mengonsumsi makanan penambah kekebalan dalam diet harian, seperti bawang putih dan jahe.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Simak 4 Tips untuk Jalankan Pola Makan Vegetarian bagi Pemula

BERIKUTNYA

Sudah Nonton Luca? Ada Banyak Easter Egg Tersembunyi Loh!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: