Celana Jeans (Sumber Gambar: Unsplash/Jasonleung)

Begini Cara Merawat Jeans agar Tetap Awet

27 October 2023   |   00:06 WIB

Genhype, celana jeans kian wajib dimiliki oleh semua orang, karena cocok dipadukan dengan beragam fashion item lainnya seperti kaos, kemeja hingga tanktop untuk wanita. Modelnya yang sederhana sehingga dapat digunakan dalam berbagai kesempatan.

Celana jeans ini juga termasuk celana yang paling sering digunakan untuk sehari-hari, sehingga menjadi cepat kotor. Padahal, celana ini terbuat dari bahan denim yang memiliki kualitas baik, dan justru makin lama penggunaannya akan makin terasa nyaman.

Merawat dan mencuci jeans memiliki cara tersendiri lho, Genhype, agar lebih awet dan warnanya tidak cepat pudar. Namun, banyak orang yang masih belum benar-benar paham bagaimana cara merawat celana ini dengan tepat. Setiap jeans memiliki karakteristik berbeda, sehingga penting untuk memahami bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Dilansir dari USA Today, berikut adalah cara untuk merawat celana jeans agar tidak cepat pudar dan tetap awet.


Jangan mencuci terlalu sering

Mencuci jeans terlalu sering dapat mempercepat kerusakan pada kain, maka lebih baik mencucinya ketika sudah benar-benar kotor atau setelah beberapa kali pemakaian. Kalian dapat menggunakan spray pembunuh kuman dan bakteri sebagai gantinya, sebelum waktunya kalian mencuci dengan air. Untuk mencuci celana kalian, gunakanlah air dingin lalu jemur dengan posisi terbalik, bagian dalam berada diluar dan gantung di ruang terbuka hingga kering.


Cuci menggunakan tangan

Banyak orang beranggapan bahwa mencuci jeans dengan kopi dapat membuat warnanya menjadi tahan lama, hal ini adalah mitos. Nyatanya, denim akan luntur ketika dicuci menggunakan mesin cuci. Sehingga, cukup mencucinya menggunakan tangan lalu rendam menggunakan deterjen yang ringan dan tanpa pemutih selama 30 menit. Pakailah deterjen yang lembut, tidak mengandung bahan kimia keras yang akan membuat lapisan celana menjadi tipis. atau, kalian juga dapat menggunakan cairan cuka sebagai pengganti deterjen.
 

Hindari menggunakan sikat

Saat mencuci celana jeans, hindari menggunakan sikat, karena akan membuat celana menjadi melar dan rusak. Cukup dibilas saja, namun, ketika ada noda membandel cukup menyikat di bagian yang terkena noda tersebut sampai menghilang.
 

Setrika dengan cara yang benar

Jika celana sudah kering, perhatikan cara menyetrika agar tetap awet. Mulai dari setrika dengan keadaan celana yang terbalik, lalu setrika dari bagian kantong, pinggang hingga bagian kaki. Jangan gunakan setrika yang terlalu panas, karena akan membuat celana menyusut sehingga tidak nyaman jika dipakai.
 

Usahakan selalu digantung

Kalian cukup menggantungnya di lemari, usahakan untuk tidak melipat celana jeans agar tidak ada bekas lipatan dibagian luar celana. Jadi, cukup gantung saja di lemari pakaian, empat yang kering dan sejuk. Hindari untuk terkena matahari secara langsung.

Itu dia kelima langkah dalam mencuci jeans agar bisa tetap awet dan tidak mudah pudar. Selamat mencoba, ya, Genhype!

Baca juga: Cara Merawat Sepatu Boots Agar Tetap Awet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Kakak Rich Brian Roy CDC Resmi Gabung Weird Genius Setelah Gerald Liu Hengkang

BERIKUTNYA

Cek Harga & Cara Pembelian Tiket Film Taylor Swift: The Eras Tour

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: