Patung karya seniman Adi Gunawan berjudul Love Puppy dalam pameran Art Jakarta 2023 di Jakarta, Jumat (17/11/2023). Sumber gambar (Bisnis/Himawan L Nugraha ART JAKARTA 2023)

Lucu, Ada Patung Mona Lisa Gemoy di Art Jakarta 2023

18 November 2023   |   08:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Figur perempuan dan binatang berbadan gempal dalam pameran tunggal perupa Adi Gunawan memikat perhatian para pengunjung Art Jakarta 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Terdiri dari 22 karya, ekshibisi tersebut bertajuk Enjoy the Moment.

Sesuai tajuknya, pameran ini secara umum memang mengajak publik untuk menikmati momen dengan mengapresiasi berbagai karya tiga dimensi di dalamnya. Khususnya saat melihat berbagi figur patung dengan beragam gestur dan gimmick yang jenaka.

Baca juga: Play by UOB Indonesia di Art Jakarta 2023, Ajang Kenalkan Seni ke Anak dengan Cara Menyenangkan

Salah satu karya yang unik dari pameran ini adalah hadirnya patung Monalisa yang dibuat oleh sang perupa dengan postur gemuk. Tak hanya itu, karya bertajuk Love Puppy berdimensi 74x55x34 cm itu juga ditampilkan dengan warna Mondrian yang khas.

Pieter Cornelis Mondriaan atau yang lebih populer dengan nama Piet Mondrian merupakan seniman asal Belanda awal abad ke-19. Dia dikenal karena lukisan geometrisnya yang khas yang menampilkan garis-garis hitam dengan blok merah, putih, biru, dan putih yang dieksekusi dalam pengaturan asimetris.

Menurut sang seniman, karyanya memang merepresentasikan sosok Mona Lisa yang dibuat dalam bentuk gempal. Dia bercerita, sosok patung tersebut nantinya dikisahkan bakal dicuri oleh karakter lain dalam karyanya yang bertajuk Pura-pura Bajingan, yakni figur lelaki gemuk yang sedang mengendarai vespa.

"Kendati baru ide, ini sedang coba saya wujudkan. Figur atau sosok Mona Lisa yang di Museum Louvre itu hilang, dan yang mencuri itu karakter yang naik vespa ini," papar Adi sembari menuding karyanya.
 

Patung karya seniman Adi Gunawan dalam pameran Art Jakarta 2023 di Jakarta, Jumat (17/11/2023). (Sumber gambar Bisnis/Himawan L Nugraha)

Patung karya seniman Adi Gunawan dalam pameran Art Jakarta 2023 di Jakarta, Jumat (17/11/2023). (Sumber gambar Bisnis/Himawan L Nugraha)

Seniman yang saat ini berbasis di Yogyakarta itu mengungkap bahwa saat ini dia juga sedang melakukan studi mengenai sosok Mona Lisa. Oleh karena itu menurutnya karakter patung Love Puppy berbeda dari figur patung perempuan lain yang dibentuk dengan rambut kribo.

Adapun, karya tersebut menurutnya dibuat baru satu kali percobaan. Saat ini dia pun sedang mencari berbagai bentuk proporsi yang pas mengenai bagaimana figur dan karakter dari hasil lukisan maestro Italia, Leonardo Da Vinci itu.

"Saat ini saya sedang coba-coba mencari proporsi yang tepat,  terutama dalam mengejawantahkan sosoknya agar sesuai dengan karakternya yang unik," terangnya.

Sementara itu, kurator AA Nurjaman mengatakan, karya-karya Adi Gunawan dalam pameran ini mencoba merepresentasikan suatu penemuan definisi cantik dan bahagia sebagai bentuk tubuh yang gemuk dan lucu, yang didasarkan dari hasrat personal sang seniman.

Menyitir teori psikologi analitik Carl Gustav Jung, gairah jiwa tersebut menurutnya dinamakan dengan libido. Adapun, dalam libido juga terdapat hasrat anima dan animus, yakni karakteristik seksual yang berbeda dalam diri seorang pria ataupun wanita.

"Anima adalah hasrat feminin dalam diri pria, sedangkan animus merupakan hasrat maskulin dalam diri seorang perempuan," katanya.
 

Patung karya seniman Adi Gunawan dalam pameran Art Jakarta 2023 di Jakarta, Jumat (17/11/2023). (Sumber gambar Bisnis/Himawan L Nugraha)

Patung karya seniman Adi Gunawan dalam pameran Art Jakarta 2023 di Jakarta, Jumat (17/11/2023). (Sumber gambar Bisnis/Himawan L Nugraha)

Adi Gunawan merupakan seniman Indonesia yang terkenal dengan pahatannya yang sangat khas. Melalui karya-karyanya, Adi sering mengekspresikan seninya dengan simbol-simbol seperti perempuan dan binatang. 

Tak hanya itu dia juga kerap mendorong idenya untuk melawan persepsi media tentang wanita kurus, langsing, berambut halus sebagai definisi cantik. Bahkan sang seniman kerap mencampuradukkan simbol wanita dengan simbol binatang, yang berasal dari ingatan masa kecilnya. 

Sementara itu Art Jakarta 2023 bakal berlangsung selama tiga hari, mulai 17 November sampai 19 November 2023 di venue baru, yakni JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Pekan seni internasional tersebut digelar di Hall B3 dan C3 dengan total area seluas 10.000 meter persegi dan menampilkan 68 galeri seni terkurasi baik dari dalam dan luar negeri.

Baca juga: Art Jakarta 2023 Resmi Dibuka, Ekosistem Seni Makin Bergairah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Produk Kerajinan Lidi Sawit KWT Seroja Indah Siap Naik Kelas

BERIKUTNYA

Jadwal & Lokasi Car Free Day di Jakarta Minggu19 November 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: