Sejumlah pemerhati lingkungan dari berbagai asosiasi dan komunitas mengarak instalasi dari sampah plastik saat pawai bebas plastik pada hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (30/7/2023). (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan)

Jadwal & Lokasi Car Free Day di Jakarta Minggu19 November 2023

18 November 2023   |   08:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Lari atau joging merupakan salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh banyak orang pada akhir pekan. Salah satu tempat untuk melaksanakan olahraga itu biasanya di jalan-jalan yang memberlakukan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor. 

Car free day (CFD) merupakan hari bebas kendaraan bermotor. Saat diadakan, kendaraan mobil dan motor biasanya tidak boleh melewati jalan-jalan tertentu. Di jalan itu, banyak masyarakat melakukan aktivitas, salah satu di antaranya adalah lari atau joging.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Car Free Day di Sejumlah Wilayah Indonesia, Batam sampai Surabaya

Salah satu kota di Indonesia yang kerap menerapkan car free day adalah Jakarta. Ibu kota Negara ini menerapkan hari bebas kendaraan di banyak titik dan kerap dimanfaatkan oleh banyak orang yang tinggal.

Selain itu, penerapan car free day juga biasanya dibatasi pada waktu tertentu saja. Salah satu jalan yang sering memberlakukan car free day adalah Jl. Sudirman – Thamrin. Nah, berikut sejumlah titik jalan yang menerapkan hari bebas kendaraan pada Minggu, 19 November 2023.


1. Jl. Jenderal Sudirman – Jl. M.H. Thamrin

Pada Minggu, 19 November 2023, masyarakat bisa menikmati CFD lantaran jadwal pelaksanaan hari tersebut adalah setiap Minggu dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pelaksanaan CFD di tempat ini adalah dari Bunderan Hotel Indonesia sampai Bunderan Senayan.

CFD di Jl. Jenderal Sudirman – Jl. M.H. Thamrin kerap menjadi pilihan banyak orang. Selain untuk berolahraga, tempat ini juga menyajikan pemandangan gedung-gedung tinggi karena salah satu jalan utama di Jakarta.


2. Jl. Suryopranoto, Jakarta

Minggu, 19 November 2023 merupakan minggu ketiga pada November 2023. Jadi, tempat hari bebas kendaraan lainnya yang ada di Jakarta adalah di Jl. Suryopranoto. Jadwal CFD di ruas jalan ini adalah pada Minggu ketiga setiap bulan.

Penyelenggaraan CFD di Jl. Suryopranoto berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Saat CFD diterapkan, tidak satu kendaraan pun yang dapat melintas, sehingga mayarakat bisa melakukan berbagai kegiatan.


3. Jalan layang non-tol Pangeran Antasari

Tempat lainnya yang akan melaksanakan hari bebas kendaraan pada Minggu, 19 November 2023 adalah jalan layang non-tol Pangeran Antasari lantaran CFD diberlakukan setiap minggu dalam satu tahun di ruas jalan ini.

Jadwal CFD di jalan layang non-tol Pangeran Antasari akan berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Sama dengan tempat lain, kalian juga bisa melakukan berbagai aktivitas di ruas jalan ini tanpa perlu khawatir dengan kendaraan yang melintas.


4. Jl. Karet Pedurenan

Hari bebas kendaraan di Jakarta juga akan ada di Kecamatan Setiabudi, yakni sepanjang Jalan Karet Pedurenan lantaran di ruas jalan ini pemerintah menerapkan CFD pada minggu ketiga setiap bulannya.

Waktu CFD di jalanan ini satu jam lebih cepat jika dibandingkan dengan banyak tempat. Kalian dapat menikmati jalan tanpa kendaraan dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB.


5. Jl. Danau Sunter Selatan

Hari bebas kendaraan bermotor juga akan ada di Jl. Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara pada 19 November 2023 lantaran di ruas ini CFD diadakan setiap Minggu ketiga setiap bulan.

Tempat persis pelaksanaan CFD di Jl. Danau Sunter Selatan adalah dari persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Permai Timur sampai dengan persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Sunter Utara.

Baca juga: Jadwal Car Free Day di Berbagai Tempat di Jakarta

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Lucu, Ada Patung Mona Lisa Gemoy di Art Jakarta 2023

BERIKUTNYA

Jadwal & Link Live Streaming Kumamoto Masters Japan 2023 Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: