Maudy Ayunda (sumber gambar Vivo)

Pengen Jadi Vlogger? Yuk Cek Tip & Trik Vlogging Expert Ala Maudy Ayunda

15 November 2023   |   22:35 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Konten video blog atau vlogging saat ini banyak dibuat para konten kreator di Indonesia. Sebab, selain menjadi ajang berekspresi dari para vlogger, hasil vlogging juga dapat dijadikan ladang mencari cuan dari hasil monetisasi.

Kiwari, juga semakin banyak teknologi kamera yang bisa dipilih untuk memaksimalkan visual dalam membuat konten. Termasuk kegiatan vloggersperti  jalan-jalan, kulineran, mengulas produk dari berbagai jenama tertentu, atau sekadar menyalurkan hobi.

Baca juga: Desain Unik Asus Vivobook S 15 OLED BAPE Edition Jadi Incaran Kolektor

Belum lama ini, Vivo V29, salah satu kamera vlog dengan fitur kamera depan wide-angle beresolusi 50MP AF juga telah  diluncurkan.  Memiliki fitur Group Photo dan Aura Light Portrait with Smart Lighting Control, kamera ini digadang dapat member visual yang baik.

Maudy Ayunda, yang juga menjadi Product Ambassador vivo V Series mengatakan, vivo V29e tidak hanya dilengkapi konfigurasi kamera semata. Namun juga performa, dan daya simpan yang mumpuni, serta berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk merangkai foto dan video menjadi vlog. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda)


Dia berharap, dengan hadirnya series tersebut, para vlogger dapat menangkap berbagai momen berharga bersama penggemar dan orang terdekat. Tak hanya itu, aktris yang dikenal sebagai kreator konten itu pun memberikan beberapa tip untuk membuat portrait hingga vlog terbaik.  Berikut tip dan triknya.


1. Rencanakan Momen Serta Angle Vlog yang Ingin Kamu Abadikan

Sebelum memulai memproduksi sebuah konten, seorang vlogger harus menentukan konsep dari vlog yang ingin dibuat dan dipastikan memiliki keunikan tersendiri. Artinya, pengguna harus terlebih dulu membuat storyboard sederhana sebagai acuan untuk menyesuaikan momen yang ingin diabadikan.

Selain itu, setelah melakukan perencanaan yang baik, seorang vlogger juga harus menyiapkan perlengkapan yang tepat. Mulai dari kamera dan software yang mumpuni untuk mendukung produksi dan pengeditan video, sehingga dapat memudahkan melakukan proses pengumpulan gambar dan editing. 


2. Optimalkan Berbagai Fitur Kamera Untuk Memastikan Pengambilan Gambar Berkualitas

Menurut Maudy, untuk memaksimalkan pengambilan gambar yang lebih hidup dan menarik, pengguna dapat menggunakan vivo V29e yang telah dilengkapi oleh 50MP AF Group Photo. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan menu 0.8x wide-angle, untuk menangkap lebih banyak objek.

Tidak hanya itu, pastikan juga pengambilan gambar memiliki fokus sesuai yang diinginkan dengan memanfaatkan fitur Autofocus. Pasalnya, dengan fitur tersebut momen berharga dapat diabadikan tanpa meninggalkan keindahan pemandangan yang menjadi latar foto maupun video.

"Ketika melakukan wefie atau selfie menggunakan kamera depan maksimalkan juga fitur ini sehingga pengguna dapat membuat vlog dengan lebih banyak orang di dalamnya," katanya.


3. Jangan Lewatkan Momen Terbaik, bahkan Saat Pencahayaan Ekstrem

Momen spesial bersama orang tersayang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, jangan melewatkan momen terbaik di berbagai kesempatan dengan tetap memperhatikan pencahayaan pada stok foto dan video vlog. 

Menurut Maudy, jika sedang dalam situasi pencahayaan yang ekstrem, seperti saat jalan-jalan malam hari, atau saat konser musik, dia menyarankan untuk memanfaatkan fitur Aura Light Portrait with Smart Lighting Control dan Night Mode pada vivo V29e.


4. Gunakan Kemampuan Fitur Kamera Belakang untuk Berkreasi

Bebaskan kreasimu dalam membuat vlog dengan kreasi konten yang beragam. Pasalnya, Vivo V29e juga mendukung untuk membuat ragam kreasi hasil foto dan video berkat kamera belakang yang mumpuni. 

Dilengkapi dengan 64MP OIS Night Camera dan 8MP Super Wide-Angle Camera, menurut Maudy, fitur tersebut juga dapat menjadi pendamping kalian saat hendak mengambil foto dan video di kondisi penuh guncangan seperti ketika sedang berolahraga.

"Tidak hanya pencahayaan, stabilitas pengambilan gambar juga menjadi salah satu kunci dalam membuat vlog yang sempurna," terangnya.


5. Maksimalkan Story Telling Vlog dengan Vlog Movie Creator

Setelah mengumpulkan berbagai konten video dengan angle yang sesuai dengan storyboard, mulailah proses editing setiap videonya dan jahitlah dengan konsisten sehingga menjadi sebuah video story telling yang menarik. 

Untuk membantumu melakukan hal ini, vivo V29e juga memiliki berbagai fitur Vlog Movie Creator. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan berbagai menu, efek, dan template pengeditan video sehingga bisa menghasilkan vlog dengan ambience yang diinginkan dan lebih menarik bagi penonton. 

Selain itu, tidak perlu khawatir ketika pengguna stuck dalam proses pengeditan, karena pengguna dapat meninggalkan proses editing di lain waktu dengan mengakses materi vlog sebelumnya sehingga hasil vlog bisa lebih maksimal. 

"Jangan lupa tambahkan sound effect atau music background favoritmu untuk mengemas momen terbaik dengan lebih apik lagi. Menambahkan backsound yang sedang viral juga bisa membantu memperluas audiens vlog," jelasnya.

Baca juga: Performa Tinggi & Desain Stylish, Cek Harga dan Spesifikasi Asus Vivobook S 15 OLED BAPE Edition

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Viral Disebut Iluminasi, Cek Profil dan Karya Musik Hindia Baskara Putra

BERIKUTNYA

Kemeriahan Konser Coldplay di Jakarta, Rasa Bangga Rahmania Astrini dan Gaya Casual Chris Martin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: