Ilustrasi laptop untuk mahasiswa.

Rekomendasi Laptop Buat Mahasiswa, Boleh Murah Tapi Performanya Wah

15 November 2023   |   22:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat, kebutuhan akan laptop atau komputer jinjing semakin meningkat, terutama di kalangan mahasiswa. Mereka membutuhkan perangkat portabel yang bisa kapan saja digunakan untuk mencari sumber informasi, menyelesaikan tugas di tengah waktu yang padat, atau menggarap kerja sampingan yang membutuhkan hasil cepat. 

Perangkat multifungsi, dengan spesifikasi tinggi, bobot ringan, dan memiliki ketahanan mumpuni menjadi acuan. Namun kerap kali, para mahasiswa ini terbentur bujet, terutama bagi perantau atau kos-kosan yang duitnya masih seret.

Baca juga: 4 Alasan Laptop Gaming Lebih Optimal Pakai AI

Tampil ramping dan ringan dengan ketebalan hanya 17,9 mm dan  bobot 1,3 kilogram, Vivobook Go 14 (E1404F) bisa menjadi pilihan laptop untuk mahasiswa yang aktif. Laptop entry-level yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp6,2 jutaan ini diklaim tahan banting. 

Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director mengatakan laptop terbaru mereka telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi ini dikenal karena ketatnya kriteria dan prosedur pengujian yang harus dilalui sebuah perangkat. 

Vivobook Go 14, katanya, telah melewati 26 prosedur pengujian mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan resistensi terhadap benturan. Jadi, mahasiswa tidak perlu khawatir jika laptop terjatuh saat membawanya. “Vivobook Go 14 membuktikan bahwa laptop terjangkau pun dapat tampil dengan desain premium serta memiliki durabilitas terbaik,” ujar Jimmy Lin. 

Dengan harga Rp6 jutaan, laptop ini menawarkan layar Full HD yang membuat visual lebih detil dan imersif. Layar di Vivobook Go 14 juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. 

Desain layar laptop juga dibuat dengan NanoEdge Bezel. Selain itu, Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan berbagai port untuk mempermudah mahasiswa mengkoneksikannya dengan perangkat lain. Port yang tersedia mencakup USB Type-C yang mendukung transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, dan juga 3,5 mm combo audio jack untuk kebutuhan audio. 

Ada pula fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard ini dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, laptop terbaru Asus ini membawa tiga warna yakni Green Grey, Cool Silver, dan Mixed Black.  

Untuk dapur pacunya, ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru yang menawarkan kecepatan dan efisiensi energi. Selain itu, Vivobook Go 14 juga menawarkan memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan lebih hemat energi, yang akan berkontribusi pada durasi baterai yang lebih tahan lama. Kapasitas memori yang besar juga memungkinkan multitasking,  menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja.
 
Soal penyimpanan, Vivobook Go 14 dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB. Penggunaan NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan responsif.

Selain ASUS, AXIO baru-baru ini juga meluncurkan laptop yang cocok dipakai mahasiswa, Axioo Hype series. Timotius Theopelus, VP Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mengatakan pemilihan nama ‘Hype’ merujuk pada visi merek untuk menjadi inovator dalam menciptakan produk yang sesuai tren dan menjawab kebutuhan pasar untuk laptop harian dengan harga terjangkau.

“Axioo Hype Series memenuhi kebutuhan teknologi masyarakat modern yang menginginkan laptop bagus dengan harga yang bersahabat untuk kantongnya,” sebutnya. 

Axioo Hype seri pertama ini tersedia dalam dua varian yaitu Hype 5 dan Hype 3. Masing-masing ditenagai oleh prosesor Intel Core-i5-1035G4 dan Intel Core-i3-1005G1 buat pengguna produktif. Axioo Hype series memiliki bentang layar berukuran 14 inch dengan resolusi Full HD IPS, membuat mata pengguna terasa nyaman dan tidak membuat mata mudah lelah jika harus berlama-lama di depan layar. Ada pula teknologi Intel Iris Plus Graphics yang memberikan pengalaman visual.

Performanya stabil berkat dukungan RAM DDR4 sebesar 8GB yang dapat ditingkatkan hingga 32GB, serta dual slot SSD (NVME + SATA M.2) untuk media penyimpanan yang dapat ditingkatkan hingga 2TB. Desainnya tipis dan ringan dengan body yang kokoh, dirancang khusus untuk mendukung aktivitas pengguna dengan mobilitas tinggi. 

Keyboard pada laptop ini cukup ergonomis. Dilengkapi sematan USB-C pada laptop Axioo Hype Series memungkinkan pengguna bisa mentransfer file besar dalam waktu singkat. 

Dari sisi keamanan para pengguna, Axioo Hype dilengkapi fitur privacy camera shutter alias pembuka dan penutup web kamera. Dengan harga mulai dari Rp3 jutaan, laptop ini berteknologi Intel Core-i ini tersedia dengan dua pilihan warna yaitu Titanium Grey dan Royal Blue. 

Baca juga: Laptop Gaming HP vs ASUS, Mana yang Paling Gahar?

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Duh, Smartphone 5G Sudah Banyak Tapi Jaringannya Masih Terbatas

BERIKUTNYA

Resep Simpel Chocolate Avocado Mousse, Tanpa Mixer dan Oven

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: