Reza Rahadian (Sumber Foto: Hypabis.id/Himawan L Nugraha)

Rekor, Reza Rahadian 5 Kali Raih Piala Citra Untuk Pemeran Utama Pria Terbaik FFI

15 November 2023   |   19:35 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Reza Rahadian kembali memenangkan Piala Citra untuk Kategori Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Aktingnya yang memukau sebagai Adam Gunawan dalam film Berbalas Kejam mengantarkannya ke panggung FFI 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Dian Sastrowardoyo, sebagai peraih Piala Citra untuk Pemenang Utama Perempuan Terbaik tahun lalu, kali ini membacakan kategori penghargaan ini dan menyerahkan Piala Citra kepada Reza Rahadian.

"Terima kasih kepada director saya, Teddy Soeriaatmadja yang sudah memeberikan saya kesempatan untuk berkolaborasi dan memberikan ruang seluas-luasnya, dan kepada dewan juri Festival Film Indonesia," ujarnya di Ciputra Artpreneur, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Reza Rahadian dan Garin Nugroho Oper Baton Festival Film Indonesia 2023 ke Generasi Selanjutnya

Tak lupa Reza Rahadian juga mengucapkan terimakasih kepada orang tuanya, terutama sang ibunda, adik, dan tantenya yang turut hadir di perhelatan tersebut. Selain itu, sahabat sekaligus manajernya, Arya Ibrahim yang selama 14 tahun telah menemani sepanjang kariernya. 

"Terima kasih untuk lawan main saya, Laura Basuki dan Yoga Pratama, tentunya untuk seluruh nominasi Pemeran Utama Pria yang memberikan performa terbaiknya tahun ini," lanjutnya.

Tak lupa dia juga mendedikasikan piala tersebut untuk Komite Kerja Festival Film Indonesia. Seperti diketahui, Reza Rahadian sendiri merupakan Ketua Komite FFI periode 2021-2023. Jabatan ini sebelumnya dipegang oleh Lukman Sardi sejak 2018.

Aktor kelahiran 1987 tersebut dipilih oleh Chand Parwez Servia, selaku Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan anggotanya. Selama mengemban tugasnya, Reza Rahadian selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk ekosistem film Indonesia.

Sebagai pemenang penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik, Reza Rahadian telah mengalahkan aktor peraih nominasi lainnya, yakni Abimana Aryasatya dalam film The Big 4, Angga Yunanda dalam film Budi Pekerti, Jose Rizal Manua dalam film Onde Mande!, dan Vino G Bastian dalam Buya Hamka Vol. 1.

Sejauh ini, Reza Rahadian telah memenangkan lima Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dan 1 Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia.

Berbalas Kejam sendiri tayang perdana pada 16 Februari 2023. Film garapan sutradara Teddy Soeriaatmadja tersebut mengisahkan tentang Adam, seorang arsitek yang menjalani kehidupan traumatis selama 2 tahun setelah melihat istri dan anaknya dibunuh di depan matanya. Atas saran temannya, Adam berkonsultasi dengan seorang psikiater bernama Amanda. 

Selama proses penyembuhannya, dia berhasil membalas dendam pada salah satu pembunuh keluarganya. Adam pun berambisi untuk mencari pembunuh berikutnya. Dia juga terlibat asmara dengan psikiaternya, yang ternyata adalah saudara perempuan dari pembunuh ketiga yang diincarnya.

Baca juga: Aktor Reza Rahadian Optimistis dengan Industri Film Tanah Air

Pada ajang Festival Film Indonesia 2023, film Berbalas Kejam menerima nominasi dalam kategori Pemeran Utama Pria Terbaik oleh Reza Rahadian dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik oleh Yoga Pratama. Sayangnya Berbalas Kejam belum berhasil membawa pulang piala Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Adapun katogori tersebut diraih adalah Marthino Lio dalam film The Big 4 sebagai Suranto atau Antonio Sandoval.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Women from Rote Island & Perlawanan Terhadap Kekerasan Seksual

BERIKUTNYA

Reviw Film Mohon Doa Restu: Saat Menikah Tak Hanya Menyatukan Hati Dua Sejoli

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: