Reza Rahadian dan Garin Nugroho. (Sumber Foto: YouTube/Festival Film Indonesia)

Reza Rahadian dan Garin Nugroho Oper Baton Festival Film Indonesia 2023 ke Generasi Selanjutnya

14 November 2023   |   20:03 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 berlangsung di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada Selasa (14/11/2023). Komite Festival Film Indonesia akan memberikan Piala Citra untuk pemenang dari sejumlah nominasi yang akan dibacakan malam nanti.

Kali ini FFI mengusung tema Citra yang terinspirasi dari sajak berjudul sama karya Usmar Ismail yang bermakna bayangan atau imaji. Kata citra juga telah menjadi nama anugerah perfilman Indonesia sejak 1967 dan menjadi lambang apresiasi tertinggi dalam industri perfilman di Tanah Air.

Baca juga: Link Live Streaming Resmi Festival Film Indonesia (FFI) 2023

Ajang penghargaan bergengsi ini dihadiri oleh jajaran aktris dan aktor ternama Indonesia. Sejak pukul 17.30 WIB, sejumlah tamu undangan sudah melenggang di red karpet menyapa media dan penonton yang menyaksikan live streaming di rumah. Mulai dari Reza Rahadian yang hadir bersama sutradara Garin Nugroho.

Reza Rahadian selaku ketua Komite FFI 2022-2023 memberikan ucapan singkat mengenai meriahnya acara malam ini, serta kesan-kesan selama menjabat sebagai ketua FFI mengingat ini adalah tahun terakhirnya. Aktor kelahiran 1987 tersebut tampil memukau mengenakan beskap merah dengan kain biru navy.

"Perasaannya haru dan semangat, semoga ke depannya FFI bisa menjaga marwah dan martabatnya sebagai salah satu penghargaan tertinggi insan perfilman Indonesia," ujarnya di red carpet Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023.

Lebih lanjut Reza Rahadian berujar bahwa dia sangat bersyukur dengan tim komite kerja yang luar biasa. Apresiasi paling tertinggi dia berikan untuk tim kerja dari seluruh bidang yang telah bekerja keras membawa FFI sampai ke titik ini.

Adapun Garin Nugroho, yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Bidang Penjurian FFI memaparkan bahwa sesuai dengan tema Citra, diharapkan Festival Film Indonesia bisa terus membawa citra tentang ekosistem film Indonesia. Sang sutradara mengenakan setelan jas hitam dengan dasi kupu-kupu merah yang simpel namun berkelas.

"Selama tiga tahun kita menemani film Indonesia untuk terus hidup dan menghidupkan dirinya, ini adalah malam di mana kita pamit tapi sekaligus memberikan tangga kedepan bagi yang ingin memimpin FFI," ujarnya.

Adapun nominasi yang dilombakan tahun ini mencakup 22 macam kategori. Mulai dari Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, hingga Karya Kritik Film Terbaik dan Karya Pilihan Penonton Terbaik.

FFI 2023 menghadirkan sejumlah aktris dan aktor ternama yang akan menjadi pembaca nominasi. Di antaranya adalah Adipati Dolken, Chicco Jerikho, Chitra Subyakto, Cut Mini, Dian Sastrowardoyo, Emir Mahira, Gita Fara, Ifa Isfansyah, Joko Anwar, Marissa Anita, Melly Goeslaw, Reza Rahadian, Tissa Biani, dan Titi Radjo Padmaja.

Malam Anugerah FFI juga akan dimeriahkan oleh penampilan spesial dari Iwan Fals, Rossa, Rio Sidik, Andi Rianto, Magenta Orchestra, dan Icyc Cordana. Lalu, tak ketinggalan tentu saja akan dipandu oleh Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, dan Chicco Kurniawan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Instalasi Bilik Unik di Bintaro Design District 2023, Punya Pesan tentang Merawat Lingkungan

BERIKUTNYA

Ada Konser Coldplay, MRT Jakarta Beroperasi Hingga Dini Hari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: